Sukses

11 Negara yang Siap Terima Pekerja Jarak Jauh

Liputan6.com, Jakarta - Orang-orang di seluruh dunia bermimpi untuk kerja sambil liburan dan wisata dengan tinggal di apartemen kecil di kota atau di pinggiran kota. Keinginan tersebut saat ini bukan khayalan, tapi sebuah kenyataan.

Barbados dan Bermuda baru-baru ini meluncurkan program visa jarak jauh untuk pengunjung yang masuk. Sementara negara lain, seperti Portugal dan Jerman, telah memiliki aturan serupa cukup lama. Saat ini, program tersebut bahkan lebih menarik bagi negara dan calon pengunjung. Para pekerja belajar bahwa mereka dapat kerja jarak jauh dari mana saja.

Negara-negara itu berharap dapat mendukung ekonomi lokal yang telah hancur akibat penutupan perbatasan dan lockdown. Harapannya, pengunjung jangka panjang ini akan mendukung perekonomian lokal tanpa menggusur pekerjaan penduduk setempat. Berikut 11 negara dengan program yang dirancang untuk menyambut pekerja jarak jauh, seperti dari laman Insider, Sabtu, 3 Oktober 2020.

1. Antigua dan Barbuda

Antigua dan Barbuda meluncurkan program residensi baru yang memungkinkan orang untuk bekerja dari sana hingga dua tahun. Untuk mendapatkan status penduduk khusus ini, pekerja harus membuktikan bahwa mereka berpenghasilan setidaknya 50.000 dolar AS atau Rp742 juta setahun.

Selain itu, mereka dapat menghidupi diri mereka sendiri serta anggota keluarga yang bergabung dengan bersama mereka. Mereka juga harus membuktikan bahwa pekerja berbasis di luar negara Karibia, dan harus memiliki asuransi kesehatan selama mereka tinggal.

2. Aruba

Aruba mengumumkan program yang memungkinkan pekerja jarak jauh yang memungkinkan orang untuk tinggal dan bekerja di pulau Karibia hingga 90 hari, dan menawarkan mereka penawaran paket dan tarif diskon di hotel-hotel lokal, resor berantai, dan rumah sewa. Program ini terbuka untuk siapa saja yang memiliki paspor AS yang valid, tidak diperlukan visa atau dokumen khusus.

3. Barbados

Barbados secara resmi telah meluncurkan Perangko Selamat Datang Barbados 12 Bulan. Pengunjung dapat tinggal dan bekerja di pulau itu hingga satu tahun dengan program visa baru Barbados.

Program visa juga terbuka untuk keluarga yang ingin pindah. Pelamar yang disetujui harus membayar 2.000 dolar AS atau Rp29 juta untuk visa individu, atau 3.000 dolar AS atau Rp44 juta untuk "paket keluarga".

2 dari 5 halaman

4. Estonia

Estonia juga telah mengumumkan program visa nomad digital. Visa memungkinkan pekerja jarak jauh untuk tinggal dan bekerja secara legal di negara Eropa utara hingga satu tahun.

Pelamar harus membuktikan bahwa mereka dapat bekerja dari jarak jauh, dan dipekerjakan oleh perusahaan yang terdaftar di luar Estonia, wiraswasta dengan bisnis yang terdaftar di luar negara, atau bahwa mereka adalah pekerja lepas yang sebagian besar bekerja dengan klien yang berbasis di luar negara.

5. Bermuda

Bermuda mengumumkan pada Juli bahwa mereka akan meluncurkan kebijakan sertifikat residensi baru. Ini adalah salah satu dari sedikit program yang juga ditujukan untuk siswa.

Kebijakan tersebut akan memungkinkan pekerja dan pelajar jarak jauh untuk tinggal di pulau Karibia hingga satu tahun. Untuk memenuhi syarat, pelamar harus berusia lebih dari 18 tahun, memiliki asuransi kesehatan, memberikan bukti pekerjaan dan atau pendaftaran dalam program pendidikan, dan menunjukkan sarana yang memadai dan atau sumber pendapatan berkelanjutan, menurut Pemerintah Bermuda.

6. Georgia

Program visa baru negara Georgia ditujukan untuk wiraswasta, pekerja jarak jauh. Menurut Kementerian Ekonomi, visa dirancang untuk digital nomads yang ingin tinggal di negara tersebut selama enam bulan atau lebih.

Pemerintah mengatakan bahwa untuk mendaftar, pengunjung harus membuktikan bahwa mereka berpenghasilan minimal 2.000 dolar AS atau Rp29 juta sebulan sehingga mereka dapat membayar pajak selama di Georgia, dan harus memiliki asuransi kesehatan selama mereka tinggal.

3 dari 5 halaman

7. Republik Ceko

Republik Ceko telah menawarkan visa zivno, atau visa bisnis jangka panjang. Visa tersebut ditargetkan untuk pekerja lepas dan jarak jauh yang ingin tinggal di negara itu untuk jangka waktu yang lebih lama.

Pelamar yang berminat harus menghubungi kantor konsuler yang berbasis di AS. Mereka juga perlu mengisi aplikasi, yang mencakup bukti penghasilan, asuransi kesehatan perjalanan, dan akomodasi.

8. Portugal

Tinggal di Portugal selama satu tahun dengan visa wirausaha. Program visa ini menawarkan tempat tinggal sementara bagi pekerja independen. Pelamar harus menunjukkan keterampilan mereka dibutuhkan di negara ini.

Pelamar harus mendaftar sebagai freelancer di negara ini, dan akan membantu jika mereka memiliki klien lokal Portugis. Untuk freelancer, Portugal memiliki salah satu aplikasi yang lebih panjang, dan mereka yang melamar harus memiliki hal-hal seperti rekening bank Portugis.

9. Spanyol

Jika Anda wiraswasta, pergilah ke Spanyol. Pekerja lepas dan wiraswasta dapat mengajukan visa kerja wirausaha di negara tersebut.

Visa ini memungkinkan individu untuk tinggal dan bekerja di Spanyol hingga satu tahun. Pelamar harus menetapkan dan mempertahankan pekerjaan dan lulus pemeriksaan latar belakang.

4 dari 5 halaman

10. Jerman

Jerman juga memiliki program perizinan yang ditargetkan untuk pekerja lepas dan pekerja jarak jauh. Visa "freiberufler" dirancang untuk para freelancer yang ingin menjadi bos bagi diri mereka sendiri.

Visa freelance hanya berlaku selama tiga bulan, tetapi berpotensi diubah menjadi izin tinggal. Aplikasinya mirip dengan program visa jarak jauh lainnya. Pelamar harus menunjukkan bukti pendapatan, asuransi perjalanan, dan surat rekomendasi dari pemberi kerja sebelumnya.

11. Meksiko

Tinggal dan bekerja di Meksiko hingga empat tahun dengan visa penduduk sementara negara itu. Visa penduduk sementara Meksiko mengizinkan pengunjung untuk tinggal di Meksiko selama satu tahun. Setelah itu, dapat diperpanjang untuk tiga tahun.

Agar memenuhi syarat untuk mendapatkan visa, pelamar harus menunjukkan pendapatan lebih dari 1.620 dolar AS atau Rp24 juta per bulan atau saldo rekening bank lebih dari 27.000 dolar AS atau Rp401 juta. Dengan visa itu, pengunjung tidak akan bisa bekerja untuk negara tersebut.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: