Sukses

Sederet Makanan Ratu Elizabeth II dalam Sehari Menurut Koki Istana

Ratu Elizabeth makan empat kali sehari, tapi masing-masing hanya makan porsi kecil.

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang dilakukan keluarga kerajaan Inggris selalu menarik perhatian, begitu juga dengan Ratu Elizabeth II. Darren McGrady, mantan koki istana mengungkapkan kebiasaan makan pribadi Ratu Inggris itu.

Pria berusia 58 tahun itu selama 15 tahun menjabat sebagai koki pribadi Sang Ratu di Istana Buckingham. Ia juga pernah memasak untuk lima Presiden Amerika Serikat yaitu Ford, Reagan, Bush Senior, Clinton, dan Bush Junior - selama kunjungan kenegaraan mereka.

Lewat bukunya Eating Royally: Recipes and Remembrances from a Palace Kitchen, McGrady telah mengungkapkan preferensi makan Ratu Elizabeth II, makanan favoritnya, dan hal-hal yang tak ia sukai di meja makan, dilansir dari Independent, Rabu, 26 Agustus 2020.

McGrady mengatakan Ratu makan empat kali sehari, tapi masing-masing hanya makan porsi kecil.  Ia mengatakan, selama menjadi koki pribadinya antara 1982--1993, Ratu akan makan sarapan, makan siang, teh sore, dan makan malam.

Untuk sarapan, ia membuat hal-hal sederhana. Penulis biografi kerajaan, Katie Nicholl, sebelumnya mengatakan, Ratu biasanya memulai dengan secangkir teh dan biskuit, diikuti dengan semangkuk sereal.

Itu sebelum beralih ke makan siang, dengan menu ikan bakar dengan bayam atau zukini. Ia juga menyukai ayam panggang sederhana dengan salad, pilihan rendah karbohidrat. Di sore hari, kata McGrady, Ratu akan minum teh sore. Ia selalu minum teh sore di mana pun berada. 

Ratu memiliki 20 koki di dapur kerajaan saat McGrady bekerja di sana. Sebelumnya dilaporkan bahwa kepala koki akan menyediakan menu kepada Ratu dua kali seminggu dan kemudian dia dapat memilih makanan yang disukainya.

McGrady mengatakan meski Ratu Elizabeth II tidak pernah secara langsung mengatakan ia tidak menikmati makanan, ia akan meninggalkan pesan di buku catatan untuk staf. "Ia memiliki sebuah buku kecil di mejanya dan ia hanya akan meletakkan catatan di sana yang mengatakan 'Saya tidak ingin ini lagi' atau sesuatu seperti itu," jelasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makanan Favorit

Sang Ratu rupanya sangat menyukai udang goreng dalam panci Teluk Morecambe. Makanan itu dimasak dan direndam dalam mentega pedas. Ratu kemudian akan menyantapnya dengan roti panggang hangat.

Sang Ratu mungkin hanya menikmati porsi kecil makanan gurih, tetapi sangat menyukai makanan manis. Charbonnel et Walker, Bendicks, dan Prestat semuanya terkenal di kerajaan, tetapi merek supermarket seperti Cadbury dan Nestlé juga dapat ditemukan di rumah tangga kerajaan.

"Dia benar-benar seorang chocoholic," kata McGrady. "Apa pun yang kita taruh di menu yang mengandung cokelat, ia akan memilih, terutama pai cokelat sempurna [pai cokelat berlapis dengan serutan cokelat putih dan cokelat hitam]."

Salah satu kesenangan favorit Ratu selama masa McGrady bekerja sebagai koki adalah sandwich croque monsieur, dengan Gruyère leleh, ham, dan telur kocok.

Salah satu hidangan favorit Pangeran Philip dilaporkan salmon coulibiac, McGrady mengatakan selalu ada banyak salmon untuk dimakan ketika para bangsawan tinggal di Balmoral karena mereka sering pergi memancing. "Ada makanan yang disukai Ratu dan keluarga kerajaan, dan itu semua adalah hasil bumi di perkebunan mereka, terutama di kastil Balmoral."

Selain menikmati empat makanan sang ratu juga  menyukai minuman. Menurut sepupu Ratu, Margaret Rhodes, minuman yang disukai Ratu adalah gin dan Dubonnet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.