Sukses

Zendaya Dukung Karya Desainer Kulit Hitam Lewat Wajah Sampul Majalah Gaya Hidup

Liputan6.com, Jakarta -  Gerakan Black Lives Matter belum pudar. Berbagai dukungan terhadap komunitas kulit hitam masih ramai digaungkan di Amerika Serikat (AS). Aktris Hollywood Zendaya termasuk yang mendukung gerakan tersebut.

Dalam rangka mendukung gerakan Black Lives Matter, Zendaya baru saja tampil sebagai sampul majalah InStyle dengan memakai fesyen buatan desainer kulit hitam. Dilansir dari laman People, 7 Agustus 2020, sampul majalah InStyle edisi September tersebut dimaksudkan untuk merayakan bakat orang-orang kulit hitam di industri fesyen.

Ini juga untuk kali pertama majalah InStyle bekerja sama dengan desainer dan kru kulit hitam. Jadi, tak heran kalau majalah yang dibintangi Zendaya itu menarik banyak perhatian.

Pemotretan tersebut melibatkan penata busana Law Roach, yang sudah lama bekerja dengan Zendaya. Lalu, ada fotografer kulit hitam Ahmad Barber dan Donte Maurice di proyek ini. Sedangkan para desainer kulit hitam yang berpartisipasi antara lain Anifa Mvuemba, Jason Rembert, Christopher John Roger, Kerby Jean-Raymond, dan Carly Cushnie.

Untuk foto sampul depan, aktris berusia 23 tahun tersebut terlihat mengenakan gaun satin warna merah yang didesain Jason Rembert untuk koleksi musim gugur 2020. Zendaya juga mengenakan gaun model lipatan warna-warni dan gaun kotak-kotak panjang merah muda yang memberikan efek dramatis.

Zendaya mengatakan kalau pemotretan tersebut jadi kesempatan baginya untuk memperkenalkan hasil karya desainer kulit hitam. Pemilik nama lengkap Zendaya Maree Stoermer Coleman ini lahir dari ibu kulit putih keturunan Jerman-Skotlandia, sementara ayah seorang pria kulit hitam Afro-Amerika.

2 dari 3 halaman

Angkat Pamor Desainer

Ia selalu bekerja dengan penata busana berkulit hitam dan makeup artist serta penata rambut kulit hitam. "Namun dalam pemotretan ini, kami juga bisa bekerja dengan dua fotografer kulit hitam yang masih muda," terang pemain film 'The Greatest Showman' ini.

"Usia kami juga tak beda jauh, jadi rasanya menyenangkan bisa bekerja dengan teman dan berkesempatan untuk menunjukkan apa yang bisa kami lakukan," sambungnya.

Ia menambahkan, ada banyak desainer kulit hitam yang belum terlalu dikenal padahal karya mereka sangat menarik. Zendaya pun berharap dengan ia tampil di InStyle bisa lebih mengangkat pamor para desainer kulit hitam.

Pemeran MJ di film Spider-Man: Far From Home ini juga mengungkapkan pendapatnya soal gerakan Black Lives Matter. Ia mengaku tidak memandang dirinya sebagai aktivis. Ia hanya berusaha sebisa mungkin menggunakan platform miliknya untuk mempromosikan bakat-bakat yang ada.

"Aku hanya seorang aktris, Aku tak mau berpura-pura jadi orang lain. Aku ada di bangku cadangan, bukan di dalam lapangan. Jadi aku selalu berpikir, bagaimana caranya aku mendukung dan jadi bagian dari sesuatu yang lebih besar dari diriku?" pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini :