Sukses

Gelar Tedak Siten, Istri Panji Trihatmodjo Jahit Sendiri Kebaya buat Sang Putri

Meski berkebangsaan Austria, istri Panji Trihatmodjo sangat antusias mempersiapkan upacara tedak siten sendiri, termasuk menjahit kebaya untuk sang putri.

Liputan6.com, Jakarta - Cucu mantan Presiden Soeharto, Panji Trihatmodjo dan istrinya Varsha Strauss, akan menggelar tedak siten untuk putri pertama mereka. Tedak siten merupakan upacara dalam adat Jawa yang digelar saat bayi berusia 7 bulan.

Tedak siten yang berarti upacara turun tanah dilakukan dengan harapan agar sang anak tumbuh mandiri dan sukses menjalani kehidupannya.

Saat prosesi, biasanya anak akan memakai baju adat Jawa. Untuk anak laki-laki mengenakan beskap, kain dan blangkon, sementara anak perempuan mengenakan kebaya.

Untuk upacara tedak siten, Varsha Strauss pun menyiapkan berbagai keperluan sendiri, termasuk menjahitkan baju yang akan dikenakan buah hatinya.

Wanita asal Austria ini membagikan momen saat dia menjahit baju dalam video yang diunggah di akun Instagramnya pada 10 Juni 2020.

"Saya selalu suka dengan menjahit dan membuat batik tulis. Proyek kali ini sangat spesial karena saya membuat sendiri Kebaya pertama putri saya, untuk upacara tedak siten semua bajunya akan dibuat oleh mama," tulisnya di keterangan video.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pekerjaan Tangan

Darah seni memang mengalir dalam diri Varsha Strauss. Jadi tak heran kalau wanita berambut pirang ini pun kreatif melakukan pekerjaan tangan untuk membuat kebaya anaknya sendiri.

Varsha Strauss adalah anak dari musisi klasik Austria, Johann Strauss II. Sementara kakaknya, Nita Strauss, berprofesi sebagai gitaris rock.

Panji Trihatmodjo dan Varsha menikah dua tahun lalu, tepatnya pada 4 Agustus 2018 di Jakarta. Pernikahan mereka digelar dengan konsep adat Jawa. Sebelum menikah, Varsha juga melewati malam midodareni.

Di prosesi akad, Varsha tampak cantik mengenakan kebaya putih. Rambutnya disanggul dan memakai paes di bagian dahi sesuai dandanan pengantin Jawa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.