Sukses

Biar Dompet Nggak Jebol, Ini Cara Menghemat Listrik Selama Pandemi

Liputan6.com, Jakarta Masa pandemi mampu membuat roda perekonomian tersendat. Agar bisa bertahan pada masa ini, banyak orang harus pintar-pintar mengatur keuangan mereka dan pastinya berhemat.

Tetapi, tak bisa dipungkiri selama #DiRumahDuluKak beberapa tagihan pasti melonjak, salah satunya seperti tagihan listrik. Untuk itu, ada beberapa tips menghemat listrik selama di rumah yang patut kamu coba.

Gunakan listrik seperlunya 

Selama bekerja di rumah, kamu harus bijak menggunakan listrik. Mulai dari penggunaan lampu sampai AC. Jika memang tidak diperlukan, lebih baik dimatikan dan tidak digunakan.

Ingat, saat kamu meninggalkan alat elektronik dalam keadaan menyala tanpa digunakan berarti penggunaan listrik akan sia-sia. Daya listrik yang tetap menyala dapat menambah 10% dari penggunaan listrik tahunan rata-rata rumah tangga.

Pilih barang hemat energi

Membeli barang yang hemat energi ternyata bisa menghemat penggunaan listrik selama di rumah saja. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan lampu LED, karena lampu tersebut lebih baik daripada lampu fluorescent kompak (CFL).

Mengganti hanya satu bola lampu pijar 60 watt dengan lampu LED yang digunakan 4 jam sehari dapat menghasilkan penghematan lebih besar per tahun. Lampu LED juga akan bertahan lebih lama dari lampu pijar.

Jangan biarkan listrik terbuang

Hal ini kerap terlupakan saat kita dirumah saja, memang mesin tidak menyala tetapi meski tidak digunakan, steker yang tetap menancap di colokan akan tetap menyalurkan energi listrik.

Jika dibiarkan dalam waktu lama dengan jumlah yang banyak, semuanya akan menyebabkan pemborosan energi. Pastikan untuk mencabut steker peralatan listrik apapun termasuk charger ponsel yang sudah tidak digunakan.

Mencabut satu steker mungkin hematnya tak seberapa. Tapi jika jumlah steker di rumah banyak, tentu cara ini sangat membantu. Selain menghemat listrik, mencabut steker juga bisa mencegah terjadinya korsleting listrik.

Cek promo bayar tagihan

Nah, biar tambah hemat, kamu bisa memanfaatkan promo dari aplikasi DANA. Saat ini, Jika kamu menyimpan kartu debit dan kartu kredit berlogo Mastercard pada fitur Simpan Kartu di DANA bakal mendapatkann bonus voucher tagihan sebesar Rp30 Ribu. 

Promo yang dimulai sejak 1 Mei - 31 Juli 2020 ini bisa dimanfaatkan untuk pembayaran tagihan listrik, air, telepon, BPJS, cicilan, internet, asuransi, TV kabel dan gas. Untuk syarat dan ketentuan lengkapnya bisa kamu klik di sini

Bagi kamu yang penasaran tentang fitur Simpan Kartu DANA, kamu bisa menggunakannya dengan mudah. Pertama, buka halaman Saya di Beranda DANA; lalu pilih kartu tersimpan lalu tap + KARTU BARU; kemudian masukan informasi detail kartu debit atau kartu kredit MasterCard milikmu.

Setelah itu, dilanjut dengan memasukkan nomor OTP yang telah dikirim bankmu via SMS, selesai deh! Kamu berhasil menyimpan kartu debit atau kredit.

Mudah kan? Yuk, manfaatkan fitur Simpan Kartu di DANA dan dapatkan promo voucher tagihan.

 

(*)