Sukses

4 Tips Buat Sobat Muda Tetap Produktif Saat Puasa Ramadan

Puasa ramadan kali ini berbeda karena bersamaan dengan pandemi Covid-19. Ini ada 4 tips buat kamu selama menjalankan puasa ramadan di tengah pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Ibadah puasa ramadan tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya karena bersamaan dengan pandemi Covid-19. Oleh karena itu, menjaga kondisi fisik dan mental sudah menjadi keharusan agar di tengah keterbatasan energi karena berpuasa dan kondisi social distancing saat ini kita tetap bisa produktif dan berkarya. Berikut ini ada 4 tips buat kamu selama menjalankan puasa ramadan di tengah pandemi Covid-19.

1. Evaluasi Diri

Perlu banget untuk mengevaluasi diri kita dalam melaksanakan bulan ramadan tahun sebelumnya.  Disadari atau tidak banyak target yang belum tercapai misalkan target baca Al Quran, hafalan Al Quran, sedekah, shalat tarawih dan target amalan lainnya. Tentunya kita tahu apa penyebabnya, agar ramadan kali ini lebih baik dari Ramadhan sebelumnya.

Inventarisir hal-hal apa saja yang tidak tercapai target di bulan ramadan sebelumnya. Inventarisir juga penyebab yang membuat target ramadan sebelumnya tidak dicapai.

2. Perencanaan

Perencanaan sangat penting lho, itu merupakan salah satu proses tahapan peningkatan produktivitas dimana suatu proses menentukan hal-hal yang ingin dicapai  serta menentukan berbagai tahapan yang diperlukan untuk mencapai tujuan  pada bulan ramadan kali ini.

Buatlah daftar perencanaan untuk kegiatan amalan di bulan ramadan. Daftar kegiatan yang prioritas, daftar aktivitas harian sesuai  kesepakatan dengan diri kita sendiri. Bikin juga tulisan dan goal yang ingin dicapai di bulan ramadan kali ini.

3. Strategi Produktif

Perlu adanya strategi khusus dalam pelaksanaannya karena kita sudah mengevaluasi dan membuat perencanaan.

  1. Melaksanakan skala prioritas dari daftar yang sudah dibuat dalam perencanaan.
  2. Mencari Soulmate atau teman yang dapat mendukung Goal kita bisa suami/istri, anak, adik/kakak serta sahabat.
  3. Membuat target yang realistis disesuaikan dengan kemampuan dari list yang kita buat.
  4. Membuat aktivitas lebih fun dan bahagia.

4. Alat dan Metode Produktif

Alat produktif  yang digunakan untuk menyusun To do list dapat  menggunakan manual atau digital yang banyak ditemukan berbagai macam template di internet. To do list dapat dibuat harian atau langsung sebulan selama bulan ramadan.

  1. Membuat atau mendownload form manual to do list harian atau to do list 30 hari
  2. Membuat software aktivitas pekerjaan dan amalan ramadan yang simpel atau mendownload di aplikasi play store.

Metode Produktif 3M (Menyisihkan, Menciptakan dan Mengelola) yang digunakan dalam melaksanakan ramadan produktif;

1. Menyisihkan Kebiasaan yang tidak penting seperti menghadiri ifthor/ buka bersama, sesuai himbauan pemerintah pada masa pandemic Covid 19 untuk social distancing, atau terlalu asyik mengisi waktu menonton di youtube sehingga lupa atau mengurangi waktunya membaca dan menghafal Al Qur’an.

2. Menciptakan nilai tambah dengan melakukan kebiasaan yang baik dan positif menjadi kegiatan rutin dengan waktu yang sudah disepakati. Misalkan membaca dan menghafal Al Qur'an, apa yang akan dilakukannya setelah sholat subuh dan berbagai hal positif lainnya.

3. Mengelola kebiasaan dengan konsisten, yakin, fokus dan semangat.

Yuk sobat muda semua #DiRumahAjaTetapProduktif dan jangan sia-siakan ramadan kali ini. 

 

Materi : Direktorat Bina Produktivitas (Febie Dwikha)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini