Sukses

5 Aktivitas yang Bisa Membakar Kalori Saat Isolasi Mandiri

Sejumlah aktivitas dapat dilakukan untuk membakar kalori saat menjalani isolasi mandiri. Berikut lima di antaranya.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk membakar kalori saat isolasi mandiri masa pandemi corona COVID-19. Karantina wilayah tidak hanya membuat orang cemas, tapi juga bisa membuat orang tidak sehat.

Dengan gerakan terbatas, banyak yang bisa dilakukan, karena sangat penting untuk kesehatan mental dan fisik. Ada kemungkinan bahwa banyak dari kita merasa sulit untuk berolahraga di rumah, berikut ini beberapa aktivitas yang bisa dilakukan.

Melakukan pekerjaan rumah tangga sehari-hari juga dapat membantu Anda membakar jumlah kalori yang cukup. Dilansir dari Time of India, Senin (30/3/2020), berikut beberapa kegiatan yang bisa membakar kalori Anda. Mulai dari menyapu lantai, membersihkan debu, perabotan, dan lainnya.

Perhitungan ini dibuat dengan menggunakan bobot rata-rata--75 kilogram (perempuan) dan 88 kilogram (pria)-- di atas usiaa 20 tahun berdasarkan data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention). Jumlah kalori yang diberikan di bawah ini adalah 30 menit untuk setiap aktivitas.

Menyapu Lantai

Menyapu lantai bisa memberikan latihan yang baik pada lengan dan kaki Anda. Jika Anda menyapu sekitar satu jam, Anda dapat membakar sekitar 174 kalori (wanita) dan 204 kalori (pria).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Merapikan Kamar Tidur

Merapikan kamar tidur Anda dapat membakar sejumlah kalori. Misalnya mengganti sprei, membersihkan debu, dan bahkan mengubah pengaturan ruangan. Cara ini bisa membakar 189 kalori wanita, sedangkan 223 kalori pria.

Membersihkan Debu

Membersihkan furnitur bisa dianggap sebagai sedikit latihan. Meskipun jika Anda memiliki alergi debu, pastikan untuk memakai masker Anda atau tutup mulut Anda dengan kain katun sebelum Anda mulai membersihkan debu. Jika dilakukan oleh perempuan akan membakar 57 kalori, sedangkan pria 66 kalori.

Mencuci Perabotan

Mencuci piring dapat membantu Anda membakar sejumlah kalori. Jika Anda ingin membakar lebih banyak kalori, cobalah mencuci piring sambil berdiri. Jika kegiatan itu dilakukan oleh wanita akan membakar 49 kalori, sedangkan pria membakar 58 kalori.

Menyiram Tanaman

Menyirami tanaman tidak hanya bersifat terapi, tetapi juga membantu Anda membakar kalori. Jika itu dilakukan oleh wanita akan membakar 57 kalori, dan pria membakar 66 kalori.

Mencuci Mobil

Meski tidak pergi ke mana-mana, tapi ini saat tepat untuk membersihkan mobil Anda agar bersih dan kinclong. Jika kegiatan itu dilakukan oleh pria akan membakar 89 kalori, sedangkan wanita membakar 76 kalori.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini