Sukses

Menu Legendaris Imlek Hadir Lagi, Kreasi Abalone Dibanderol Rp5 Juta

Ada alasan khusus mengapa abalone dihargai jutaan rupiah. Meski terbilang mahal, banyak yang berusaha menghidangkannya di momen Imlek.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun Baru China atau yang juga dikenal dengan Imlek segera tiba. Menyambut momen spesial itu, Hotel Millennium Sirih Jakarta menghadirkan menu spesial untuk para tamu, yakni kreasi abalone.

Abalone merupakan menu dari kerang yang terkenal itu dapat Anda nikmati untuk memeriahkan Imlek bersama keluarga. Umumnya seporsi abalone yang terdiri dari sepuluh buah dihargai sekitar Rp7 juta hingga Rp8 juta. Namun pada 24 Januari 2020, Anda bisa menikmati menu abalone dengan harga spesial Rp5 juta.

Executive Cheff Hotel Millennium Sirih Jakarta, Zaini mengatakan menu-menu hidangan Imlek kali ini merupakan menu legendaris yang telah rutin selalu ada memeriahkan Tahun Baru China. Meski beberapa menu mencapai harga jutaan, tak sedikit peminat dan langganan yang menjadikannya hidangan wajib saat Imlek.

Menurut Zaini, hal yang membuat makanan ini dibanderol dengan harga yang tinggi karena bahan bakunya yang terbatas. Abalone adalah spesies kerang yang jumlahnya terbatas dan mempunyai pembatasan hukum panen. Selain itu, kerang ini dipanen dengan menggunakan tangan, tidak seperti binatang lain yang menggunakan jaring. Nelayan yang hendak memanen abalone juga harus menyelam karena hewan ini beraada di dasar laut.

Selain Abalone, Anda juga bisa menikmati hidangan khas China lainnya seperti Angsio Haisom yang berbahan dasar teripang. Cheff Zaini juga mengungkapkan menu-menu ini beberapa tahun terakhir memang kurang eksis.

Hal itu salah satunya dipengaruhi selera anak muda yang sudah banyak berubah. Kehadiran menu legendaris pada 24 Januari 2020 di Hotel Millennium Sirih Jakarta diharapkan bisa mengembalikan cita rasa hidangan tersebut yang dulu banyak digemari.

Selain menggugah selera, hidangan-hidangan khas Imlek itu, memiliki filosofi tersendiri. "Ini punya makna, makanan ini ketika sudah jadi berarti kesetaraaan. "Baik dari profesi apapun, di bumi kita semua itu sama, kumpul bersama," jelas Chef Zaini di Hotel Millennium Jakarta, Senin, 13 Januari 2020.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses Pembuatan Makanan Perlu Keahlian

Kebanyakan makanan yang disajikan saaat Imlek berbahan dasar binatang laut atau seafood. Namun, untuk mengolahnya tak mudah. 

"Pertama harus bisa masaknya, apalagi Haisom, teripangnya itu ada bulu-bulu halus yang harus dibersihkan. Jika tidak mengerti cara mengolahnya bisa-bisa alergi," jelas Zaini, yang telah menjadi chef selama 25 tahun.

Haisom disajikan dengan campuran saus, jamur, dan sayur-sayuran untuk pemanis. Rasa Haisom kenyal dan gurih dipadu dengan jamur cocok sebagai hidangan keluarga saat berkumpul. Tak hanya hidangan dengan bahan dasar kerang dan teripang, Hotel Millennium Sirih Jakarta juga akan menyajikan hidangan salmon, bebek, dan ubur-ubur untuk Imlek. (Adhita Diansyavira)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.