Sukses

Spot Foto Unik di JPO Sepanjang Jalan Jenderal Sudirman

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencopot atap Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang berada di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat. Lokasinya tepat di sebelah Indofood Tower atau dekat Stasiun MRT Sudirman.

Konsep JPO terbuka tersebut untuk memberikan kesan baru kepada orang yang menyeberang. Pemandangan Jakarta dengan gedung tinggi dan trotoar lebar cukup menarik.

"Jadi orang menyeberang itu bisa punya pengalaman baru lagi pas menyeberang. Enggak hanya nyeberang tapi sambil melihat kiri kanan keindahan Jakarta," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho, seperti dikutip dari kanal news Liputan6.com, Rabu (6/11/2019).

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta berencana merevitalisasi 15 JPO di sejumlah wilayah Ibu Kota pada 2020. JPO yang direvitalisasi tersebut memiliki konsep modern dan menarik dan rencananya dilengkapi lampu warna-warni.

Berikut beberapa JPO yang telah direvitalisasi di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan. Lokasi ini banyak dimanfaatkan sebagai spot foto menarik dan unik. 

Mulai dari JPO Gelora Bung Karno, JPO Bundaran Senayan, JPO Polda Metro Jaya, dan JPO Dukuh Atas. JPO-JPO disebut lokasi yang Instagramable. Anda pernah merasakan potret di sana?

2 dari 5 halaman

JPO Gelora Bung Karno (GBK)

JPO GBK menggunakan ornamen-ornamen berbentuk segi empat berwarna putih yang dipasang secara spiral. Cincin segi empat yang spiral menjadi simbolisasi dari semangat bangsa Indonesia untuk mian maju dan berkembang. 

Bila malam tiba, JPO ini diterangi dengan lampu warna-warni yang menambah kesan artistik bagi mereka yang ingin mengabadikan gambar. JPO ini diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 28 Februari 2019.

3 dari 5 halaman

JPO Bundaran Senayan

Dirancang dengan landasan datar berbahan kayu komposit dan memiliki pegangan berbahan yang sama. Sisi kiri dan kanan jembatan berbatas besi warna hitam beratap transparan. Landasan datar ini merupakan fasilitas ramah disabilitas berupa lift.

Jembatan utama (main bridge) memiliki panjang 68 meter. Lorong jembatan utama menjadi spot foto yang banyak digemari pejalan kaki yang ingin mengabadikan momen menarik di sana.

4 dari 5 halaman

JPO Dukuh Atas

JPO ini berbentuk artistik berbentuk segi enam berwarna putih dan abu-abu. JPO ini dilengakapi pagar pembatas dari besi warna hitam serta dilengkapi atap sehingga melindungi pejalan kaki dari panasnya terik matahari dan hujan.

JPO Polda Metro Jaya

Desain JPO ini dibuat lebih artistik menggunakan konsep cincin besi. Selain itu, JPO ini dilengkapi fasilitas lampu RGB (red, green, blue) yang bisa memancarkan tiga warna, merah, hijau, dan biru secara bergantian. Ada 98 titik pemasangan lampu RGB di JPO ini.

 

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Hal Usai Dibongkarnya Atap JPO Sudirman yang Segera Direvitalisasi
Artikel Selanjutnya
Revitalisasi JPO Jalan Sudirman Akan Dimulai Akhir November