Sukses

Keuntungan Memilih Lantai SPC, Salah Satunya Ramah Lingkungan

Liputan6.com, Jakarta - Stone Plastic Composite (SPC) adalah lantai terbuat dari batu, lebih tepatnya batu kapur yang merupakan senyawa anorganik. Karenanya, lantai jenis ini masuk ke kategori ramah lingkungan dan dapat didaur ulang.

Mengingat lantai seperti ini masih belum terlalu populer, ada banyak cara dan tips untuk memilih bahan SPC yang baik. Biasanya lantai SPC cocok digunakan untuk lantai kamar mandi atau dapur karena memiliki sifat 100 persen kedap air.

Melansir dari Asia One, Jumat, 25 Oktober 2019, jenis lantai ini memiliki daya tarik visual dan fungsionalitas tinggi. Terkadang, tampilan lantainya bisa dibuat agar terlihat seperti kayu keras atau batu alam. Bahannya sendiri terdiri dari campuran batu kapur dan resin.

Batu kapur adalah senyawa anorganik yang dapat ditemukan di batu alam, seperti marmer, kalsit, dan granit. Kelebihan bahan batu, yaitu tidak mengembang dan tahan air.

Tak heran kalau lantai ini dijuluki lantai kelas atas karena bahannya mendukung rumah Anda terlihat bagus dalam waktu lebih lama.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 3 halaman

Keuntungan

Keuntungan menggunakan lantai ini juga sangat banyak. Yang paling utama, yaitu ramah lingkungan. Penelitian menunjukkan bahwa lantai SPC tidak melepaskan formaldehida atau zat radioaktif. Jadi, lantai SPC memiliki sifat ramah lingkungan.

Kemudian, lantai SPC juga tahan panas. Level tahan api dari lantai SPC sudah memenuhi standar B1, yakni level tertinggi pada benda tahan api. Kemudian, setelah pembakaran sekalipun, bahannya sama sekali tidak melepaskan gas beracun.

Selanjutnya, bahan ini juga tahan air. Bahan utama dari lantai SPC adalah nonhidrofilik dan tahan terhadap hidrolisis. Kondisi ini membuat bakteri tidak mudah tumbuh.

Terakhir, konduktivitas termal yang sangat baik. Lantai SPC dapat menghantarkan panas dengan baik. Jadi, kalau alat pemanas diletakkan di lantai, tidak akan membuat lantai melengkung.

(Ossid Duha Jussas Salma)

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Merapi Erupsi Lagi, Warga Tetap Cuek Beraktivitas
Loading