Sukses

5 Superfood untuk Penangkal Stres

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak superfood atau makanan yang kaya manfaat sehat. Lalu apa hubungan superfood dengan masalah stres? Ada banyak hormon dalam tubuh kita yang bisa jadi penyebab ketegangan dan stres.

Hormon-hormon ini termasuk kortisol, endorfin, dan oksitosin. Stres bisa menimbulkan banyak masalah seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, osteoporosis, dan masih banyak lagi.

Cara terbaik untuk melawan stres adalah dengan mengenali penyebabnya dan mencoba menyelesaikannya. Masalah stres juga dapat dikurangi dengan mempertahankan sikap positif dan memperbaiki pola makan dan gaya hidup.

Ada beberapa makanan super atau superfood yang dapat membantu mengurangi stres. Dilansir dari Reader’s Digest, lima makanan super ini mampu membuat kita lebih rileks dan melawan dampak negatif dari stres pada kesehatan.

Teh Hijau

Teh Hijau mengandung sifat antioksidan, seperti polifenol, flavonoid dan katekin. Semua antioksidan ini punya efek positif pada pikiran dan tubuh, yang dapat sangat membantu dalam meningkatkan suasana hati yang baik. Selain itu, ada asam amino yang disebut thionine yang meningkatkan relaksasi dan meningkatkan konsentrasi.

Susu

Susu mengandung sifat antioksidan, juga vitamin A, vitamin D, kalsium dan protein yang berlimpah, yang membantu menjaga Anda bebas stres. Semua nutrisi ini membuat pikiran Anda tenang dan membantu melawan radikal bebas tubuh ketika merasa stres.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Kacang Almond

Kacang almond kaya akan vitamin B dan E, magnesium, zincdan selenium yang membantu mengurangi stres. Konsumsi almond setiap hari bisa mengurangi stres dan meningkatkan kehidupan yang sehat.

Jeruk

Vitamin C banyak ditemukan di jeruk. Buah favorit banyak orang ini bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dalam masalah stres, jumlah radikal bebas berbahaya di dalam tubuh meningkat secara signifikan. Elemen jeruk menghancurkan radikal bebas ini. Jadi, usahakan minum segelas jus jeruk setiap hari.

Blueberry

Blueberry mengandung antioksidan berlimpah yang membantu mengurangi stres. Buah ini mengandung mineral seperti magnesium dan mangan ditemukan serta vitamin C, vitamin E, yang mengurangi tingkat stres.

Dengan makan blueberry setiap hari, kemungkinan mengalami depresi, insomnia dan banyak jenis gangguan mood lainnya sangat berkurang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.