Sukses

6 Olahan Daging Kambing yang Menggugah Selera Selain Satai

Liputan6.com, Jakarta - Satai jadi salah satu olahan daging kambing yang paling digemari. Disajikan bersama sambal kecap maupun kacang, olahan satu ini tak pernah gagal menggoyang lidah. Tapi, satai sesekali bisa jadi menu yang membosankan karena cukup sering ditemui.

Saat ini ada berbagai olahan daging kambing yang bisa dijadikan opsi untuk Anda. Berikut Liputan6.com rangkum berbagai sumber Rabu 7 Agustus 2019.

1. Sop Kambing

Sop kambing jadi salah satu menu masakan cukup populer karena rasanya yang nikmat dan gurih. Menu ini biasanya memiliki dua jenis kuah yang berbeda.

Ada yang membuatnya dengan kuah bening, tetapi ada juga yang ditambahkan santan. Sop daging kambing sangat cocok disantap dengan nasi hangat dan emping belinjo lengkap dengan bawang goreng di atasnya.

2 dari 7 halaman

2. Gulai Kambing

Ciri khas dari gulai kambing adalah kuah kental. Biasanya, setiap daerah di Indonesia memiliki resep berbeda untuk olahan satu ini, tergantung rempah-rempah yang digunakan.

Membuat gulai kambing yang nikmat tidaklah mudah karena jika salah mengolah, bau pregus dan tekstur daging akan keras. Untuk itu, gulai bisa ditambahkan perasan jeruk nipis dan sambal.

3 dari 7 halaman

3. Kambing Rica-rica

Bumbu rica-rica identik dengan rasanya yang pedas, asin, dan gurih. Perpaduannya dengan daging kambing sudah tidak diragukan lagi sanggup menggungah selera makan.

Daging kambing sangat cocok diolah menjadi resep rica-rica karena aroma bau pregus dari kambing tidak akan begitu terasa. Berbagai jenis bumbu yang digunakan untuk membuatnya pun cukup sederhana dan terjangkau, seperti bawang merah, cabai, lada, gula pasir, dan garam.

4 dari 7 halaman

4. Tongseng Kambing

Olahan tongseng kambing hampir mirip dengan olahan gulai. Keduanya berbeda di jenis penggunaan daging. Tongseng dibuat menggunakan daging yang masih melekat pada tulang, terutama tulang iga dan tulang belakang.

Menu ini juga memiliki ciri khas berupa kuah kental dengan tambahan, seperti kol, bawang putih, tomat, serta kecap yang membuat warnanya jadi cokelat. Tonseng sendiri memiliki cita rasa yang nikmat, manis, gurih dan khas sesuai dengan daerah asalnya Solo.

Biasanya tongseng kambing disajikan lengkap dengan nasi hangat dan ditaburi dengan bawang goreng di atasnya.

5 dari 7 halaman

5. Kari Kambing

Rasa kari kambing didominasi pedas. Ada satu bumbu yang membuatnya unik, yakni daun kari atau daun salam koja yang membuat aroma sajian ini jadi sangat khas. Selain itu, kari juga memakai bumbu, seperti ketumbar, merica, lada, cabai, jinten, kayu manis, kapulaga, dan cengkeh.

Jika tertarik membuat olahan ini, maka Anda tidak perlu resah dalam menyiapkan kebutuhan bahan untuk memasaknya. Bahan dan bumbu yang diperlukan bisa didapatkan dengan mudah di pasar-pasar tradisional.

6 dari 7 halaman

6. Kambing Bakar

Menu olahan terakhir yang bisa jadi pilihan Anda adalah kambing bakar. Olahan kambing bakar biasanya menggunakan potongan lebih tebal dibandingkan dengan satai. Biasanya, daging kambing yang nikmat untuk diolah adalah usia muda, yakni 3--5 bulan.

Dalam proses memasak, Anda harus menyiapkan bumbu, seperti lada hitam, ketumbar, bawang putih, dan bawang merah dengan merendamnya di dalam daging selama semalaman.

Saat dibakar, sebaiknya daging dimasak setengah matang. Pasal, setelah dipotong, daging bisa dipanaskan kembali dan dicampurkan dengan bumbu kecap, cabai rawit, dan irisan bawang merah. Kambing bakar sangat cocok dipadukan dengan nasi putih hangat dan campuran acar mentimun. (Devita Nur Azizah)

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading