Sukses

6 Manfaat Konsumsi Kangkung Secara Rutin, Bisa Turunkan Berat Badan

Kangkung sangat kaya akan zat besi dan juga vitamin yang bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit di dalam tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Kangkung menjadi salah satu sayuran populer yang sering dikonsumsi di Indonesia. Rasanya yang khas dan nikmat membuat sayuran ini biasanya diolah menjadi berbagai makanan pendamping nasi, seperti tumis kangkung, cah kangkung, pecel, dan sebagainya.

Namun, tahukah Anda bahwa kangkung memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh? mulai dari mengurangi kolesterol hingga mencegah penyakit kanker. Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber ke dalam enam manfaat kangkung untuk kesehatan tubuh, Senin, 29 Juli 2019.

1. Mengurangi Kolesterol

Dilansir dari Stylecrize, manfaat pertama dari sayuran yang berwarna hijau ini adalah mengurangi kesterol. Kangkung memiliki kandungan trigliserida yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh secara efektif. 

Kangkung dapat menjadi opsi untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan cara alami. Mengonsumsi kangkung juga membuat tubuh Anda kaya akan serat alami dari sayuran. Kangkung juga memiliki kadar air yang tinggi untuk memberikan tambahan cairan pada tubuh.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Mengatasi Insomnia

Dilansir dari thealthbenefits, kangkung diyakini dapat mencegah insomnia atau kesulitan untuk tidur. Kangkung bisa menjadi unsur penenang bagi seseorang sehingga Anda bisa tidur dengan nyenyak.

Kangkung mengandung selenium dan seng yang dapat membuat saraf kendur dan rileks. Tak hanya itu, kandungan karbohidrat dan lemak dalam kangkung juga bisa memicu otak untuk merasakan kantuk.

Anda dapat mengonsumsi kangkung yang disudah diolah menjadi berbagai lauk dan masakan, salah satunya yaitu tumis kangkung dan cah kangkung yang bisa disantap lengkap dengan nasi.

3 dari 6 halaman

3. Meredakan Penyakit Hati

 Dilansir dari phws, penyakit hati seperti penyakit kuning dan sejenisnya dapat diobati dengan mengonsumsi kangkung. Sayuran ini bisa memicu produksi enzim yang akan membersihkan (detoksifikasi) hati dari racun dan zat sisa yang dapat menyebabkan kerusakan fungsi hati.

Ekstrak dari sayuran berwarna hijau ini dapat digunakan sebagai pengobatan ayurvedic untuk berbagai masalah hati. Anda dapat mengonsumsi kangkung untuk menjadi lauk pelengkap makan seperti dijadikan tumis kangkung atau pecel kangkung.

4 dari 6 halaman

4. Mengobati Gangguan Pencernaan dan Sembelit

Dilansir dari stylecraze, kangkung sangat kaya akan serat sehingga membantu gangguan pencernaan. Sayuran hijau ini dapat membantu penderita sembelit untuk mengatasi masalah perutnya secara alami.

Selain membantu melancarkan pencernaan, kangkung juga berguna untuk menghilangkan rasa sakit bagi penderita maag. Anda dapat merebus kangkung lalu dimakan sebagai lalapan. Sayuran ini juga digunakan dalam pengobatan infestasi cacing usus.

5 dari 6 halaman

5. Mengatasi Anemia

Dilansir dari phws, seseorang yang mengalami anemia biasanya karena faktor kekurangan zat besi di dalam tubuh. Dalam hal ini, kangkung bisa sangat membantu karena dapat menyediakan cukup zat besi dari mineral yang terkandung di dalam kangkung sehingga mengatasi gejala anemia.

Zat besi juga mampu meningkatkan produksi sel darah merah (hemoglobin) di dalam tubuh seseorang. Sel darah merah sangat diperlukan untuk mengangkut oksigen ke seluruh sel dan organ tubuh Anda, salah satunya jantung dan otak.

Tak hanya itu, zat besi juga diperlukan oleh ibu hamil sehingga mengonsumsi kangkung bisa menjadi salah satu opsi. Kangkung juga bisa menambah darah seorang wanita yang mengalami pendarahan berlebihan selama periode-periode datang bulan.

6 dari 6 halaman

6. Mencegah Penyakit Kanker

Dilansir dari stylecraze, kangkung memiliki kandungan dari 13 jenis senyawa antioksidan. Hal ini yang membuat kangkung baik dikonsumsi untuk pencegahan kanker usus besar dan lambung serta kanker kulit dan payudara.

Antioksidan yang terdapat di dalam kangkung dipercaya mampu menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Zat ini juga bisa membantu mengurangi perkembangan sel kanker yang berlipat ganda dan memperkuat sel di dalam tubuh.(Devita Nur Azizah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.