Sukses

Destinasi Wisata Menarik di Brunei Darussalam, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Lama tak terdengar, nama Brunei Darussalam mendadak ramai jadi perbincangan. Hal tersebut terkait pemberlakuan undang-undang syariah baru yang salah satunya melarang aktivitas seks sesama jenis dengan ancaman hukuman rajam.

Terlepas dari ramainya perbincangan tersebut yang menyita dunia internasional, Brunei Darussalam memiliki beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Sebut saja seperti wisata religi, pantai, dan wisata alam lainnya.

Negara dengan ibu kota Bandar Seri Begawan ini terletak di barat laut pantai Utara Kalimantan. Wilayahnya berbatasan dengan Sarawak, Malaysia. Berikut sejumlah destinasi wisata menarik yang dimiliki Brunei Darussalam.

Masjid Hasanal Bolkiah

Masjid ini termasuk salah satu destinasi wisata religi yang sangat terkenal di Brunei Darussalam. Masjid ini didirikan pada pada 1988 dan dibuka untuk umum pada 1994.

Masjid ini memiliki 29 kubah emas yang menghiasi masjid. Dua kubah emas besar dan 27 buah kubah penutup menaranya yang mengelilingi bangunan utama. Angka 29 sebagai tanda Sultan Hassanal Bolkiah yang merupakan Sultan Brunei yang ke-29.

Istana Nurul Iman

Istana ini berada di tepian Sungai Brunei yang bermakna Istana Cahaya Iman, yang merupakan kediaman resmi Sultan Brunei. Istana ini selesai dibangun pada 1984.

Istana Nurul Iman di Brunei Darussalam ini juga dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas berkualitas terbaik. Di antaranya, 1.788 buah kamar, 257 kamar mandi, 18 lift, sebuah masjid yang mampu menampung 1.500 jemaah, dan sebuah aula besar, dan lima kolam renang.

2 dari 2 halaman

Kampong Ayer

Destinasi wisata lain yang menarik untuk dikunjungi saat melancong ke Brunei Darussalam adalah Kampong Ayer atau dalam bahasa Melayu berarti Kampung Air atau Kampung Terapung.

Kampung ini memiliki sejarah yang panjang dan sempat menjadi pusat administrasi dan sekaligus pelabuhan laut yang sangat penting. Banyak pedagang di negar-negara tetangga yang tinggal di kawasan ini.

Taman Nasional Ulu Temburong

Taman Nasional Ulu Temburong mencakup 550 kilometer persegi di Brunei Darussalam bagian timur. Lokasi ini dikenal sebagai surga keanekaragaman hayati di Brunei dan memiliki lebih dari 40 spesies kupu-kupu dan semut langka.

Daya tarik yang lain adalah terdapatnya Canopy Walkway yang digunakan untuk menikmati keindahan hutan tropis dari atas ketinggian 60 meter. Berkunjung ke tempat ini jadi salah satu momen indah yang sulit untuk dilupakan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Momen Kehangatan Yuni Shara Bersama Sang Putra Liburan ke Jepang
Artikel Selanjutnya
Protes Hukuman Rajam LGBT di Brunei, 4 Artis Hollywood Ini Boikot Hotel Ternama