Sukses

Dapat Kartu Transportasi Gratis untuk Jelajah Korea Selatan, Bagaimana Caranya?

Liputan6.com, Jakarta - Seperti ke destinasi lain, budget perjalanan ke Korea Selatan kurang lebih terbagi jadi tiga kategori besar. Mereka adalah tiket pesawat pulang-pergi, biaya hidup selama berada di tempat tujuan mencakup akomodasi dan transportasi, serta, kalau mau, budget belanja.

Sisihan dananya tentu sudah harus disiapkan sejak sebelum berangkat. Kali ini, pembahasannya akan fokus pada transportasi selama berada di destinasi, dalam hal ini Korea Selatan.

Public Relation and Media Manager Korea Tourism Organization Jakarta Office Irma Maulida mengatakan, pihak KTO menyediakan kartu transportasi yang bisa didapatkan secara cuma-cuma oleh turis asal Indonesia.

"Jadi, ini sistemnya one for all. Bisa dipakai di bus, subway, dan taksi," katanya pada Liputan6.com di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, kartu transportasi ini ternyata juga bisa dipakai untuk belanja di convenience store di seantro kota. "Sudah kami isi 10 ribu won. Itu berarti sekitar Rp 120 ribu," sambungnya.

Irma menambahkan, kartu tersebut nantinya bisa di top up di Korea Selatan. Penambahan saldo ini bisa dilakukan di beberapa tempat seperti seven eleven, juga memanfaatkan vending machine. Lalu, bagaimana mendapatkan kartu transportasi ini?

"Buat yang berencana ke Korea, sudah beli tiket, sudah semuanya, hubungi KTO buat dapat transportation card ini. Tinggal sertakan fotokopi paspor, visa, tiket, dan resevasi hotel. Submit ke KTO,  nanti bisa ditukar sama T-Money," papar Irma.

Ia juga ingin mengingatkan beberapa aturan tak tertulis yang harus diperhatikan turis Indonesia. Pertama, jangan buang sampah sembarangan dan perhatikan wadah tempat membung sampah, lantaran ada pengelompokkan wadah berdasarkan jenis sampah.

"Yang lagi dan lagi harus diingatin itu, tolong berdiri di sebelah kiri saat naik eskalator. Jangan pernah berdiri di kanan karena itu akan menghalangi mereka yang mau mendahului," Irma menegaskan soal aturan tak tertulis yang harus diperhatikan turis di Korea Selatan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: