Sukses

7 Cara Mencerahkan Wajah Kusam Secara Alami, Aman Tanpa Efek Samping

Ini merupakan solusi alami untuk mencerahkan kulit dengan aman dan pastinya bebas bahan kimia.

Liputan6.com, Jakarta Kulit bebas kusam merupakan dambaan setiap wanita. Banyak orang yang memiliki kulit kusam. Hal ini dapat disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat atau sering tepapar sinar matahari langsung.

Pada umumnya, bersentuhan dengan sinar matahari untuk waktu yang lama dapat membuat kulit Anda kering, kusam, dan gelap. Terlebih lagi, jika Anda menggunakan beberapa produk kimia perawatan kulit tertentu dalam waktu yang lama juga dapat menyebabkan masalah yang sama.

Ada banyak produk pencerah kulit yang tersedia di pasaran, produk-produk tersebut banyak yang terbuat dari bahan kimia berbahaya. Bahan kimia ini dapat menyebabkan banyak efek samping pada kulit Anda, seperti kusam, warna kulit tidak merata atau jerawat.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena ada banyak solusi alami untuk mencerahkan kulit Anda dengan aman dan pastinya bebas bahan kimia. Berikut cara mencerahkan kulit kusam secara alami dilansir Liputan6.com dari Stylecrazer, Selasa(19/2/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara mencerahkan kulit kusam secara alami

Bersihkan Wajah dengan Lemon

Lemon secara alami kaya akan vitamin C, antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini. Lemon juga memiliki kandungan sifat pemutih kulit alami.

Mulailah hari Anda dengan segelas jus lemon untuk mengeluarkan racun-racun itu dari tubuh Anda. Cuci muka Anda dengan jus lemon untuk mendapatkan manfaat antiseptik dan anti-inflamasi. Kulit buah berkulit kuning ini juga dapat digosokkan ke leher dan wajah Anda untuk menghilangkan bintik-bintik hitam juga.

Eksfoliasi dengan Gula

Gula mungkin tidak baik untuk berat badan Anda, tetapi gula jelas bagus untuk kulit Anda yang kusam. Campur 1 sdm masing-masing gula merah dan gula putih dengan sedikit air untuk membuat pasta kasar. Oleskan pada wajah Anda dan pijat dengan gerakan memutar untuk mengelupaskan sel-sel mati. Cuci dengan air hangat untuk mendapatkan kulit yang sehat dan kenyal.

Cerahkan Kulit dengan Madu

Madu dikemas dengan sifat antioksidan, antiseptik, anti-inflamasi, dan pencerah kulit. Tidak heran industri kosmetik menggunakan bahan alami ini dalam begitu banyak produk mereka.

Campur 1 sdt masing-masing jus lemon dan madu lalu oleskan di wajah dengan lembut, sesuaikan dengan jalur pertumbuhan rambut Anda. Biarkan 10 menit sebelum dibilas dengan air.

Selain itu Anda dapat mencerahkan kulit kusam Anda dengan masker wajah yang terbuat dari madu dan oatmeal. Campurkan satu kuning telur dengan 2 sdm madu dan 3 sdm bubuk oat halus untuk mendapatkan pasta kental. Oleskan dengan lembut ke wajah, dan bersihkan setelah 20 menit. Anda dapat melakukan ritual ini dua kali seminggu untuk hasil yang lebih baik.

3 dari 3 halaman

Bahan alami untuk mencerahkan kulit kusam

Lembabkan Wajah dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa yang kaya nutrisi dapat menghasilkan selaput yang menjaga kulit Anda tetap terhidrasi. Kulit kering dapat terlihat kusam dan tidak bernyawa. Dosis kelembaban yang sehat di kulit meningkatkan penampilan dan kesehatannya. Anda dapat memijat wajah dengan minyak kelapa hangat setiap hari di wajah dan tubuh Anda agar kulit tetap lembab.

Selain itu Anda dapat menggunakannya sebagai masker. Campurkan 2 sdm. masing-masing minyak kelapa dan madu. Oleskan pada wajah dan cuci setelah 15 menit dengan air hangat.

Sifat antioksidan dan antibakteri dari minyak kelapa menyembuhkan kulit yang rusak sambil memerangi tanda-tanda penuaan dini.

Minum Lidah Buaya

Minumlah secangkir jus lidah buaya murni, bebas gula, setiap pagi dalam keadaan perut kosong untuk mendapatkan kulit yang segar. Lidah buaya kaya dengan sifat antioksidan, antiseptik, antibakteri, anti-inflamasi, dan anti-penuaan.

Jika kulit Anda kusam karena sifatnya yang berminyak, maka masker lidah buaya dapat membantu Anda. Rendam beberapa lidah buaya yang telah dihilangkan durinya dalam air selama 10 menit. Kemudian haluskan hingga menjadi pasta yang lembut.

Campur pasta ini dengan sekitar 2 sdt. madu, oleskan di wajah dan biarkan hingga mengering. Kemudian bilas wajah Anda. Lakukan ini seminggu sekali untuk menncerahkan kulit Anda yang berminyak dan kusam.

Gunakan Yogurt

Yogurt adalah komponen penting dari rejimen perawatan kulit di India. Yoghurt dapat dijadikan tabir surya dan pembersih alami. Selain itu yogurt juga dikenal membuat kulit halus dan lembut.

Konsumsilah yogurt setiap hari sebagai bagian dari makanan harian Anda. Atau Anda juga dapat menyiapkannya sebagai masker dengan menambahkan sekitar 1 sdt yogurt dan madu ke 1/2 pisang halus. Oleskan pada wajah Anda dan bilas setelah 15 menit untuk membersihkan kulit Anda dari paparan sinar matahari.

Kulit Berseri dengan Strawberi

Strawberi kaya serat dan rendah gula. Strawberi juga dikemas dengan vitamin C, antioksidan yang penting untuk menghindari keriput, garis-garis halus dan bintik-bintik gelap di wajah serta menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit.

Asam Alpha Hydroxyl yang terkandung dalam beri yang lezat ini dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan memberi jalan masuk bagi sel-sel baru.

Hancurkan strawberi segar dan campur beberapa tetes madu ke dalamnya. Oleskan pada wajah dan bilas dengan air dingin setelah 20 menit. Anda juga dapat menggunakan air mawar dengan strawberi yang dihaluskan untuk mendapatkan kulit bercahaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini