Sukses

Tips Mengatasi Masalah Komunikasi untuk Para Pejuang LDR

Liputan6.com, Jakarta - Menjalani hubungan jarak jauh atau long distance relationship (LDR) tentu bukan perkara mudah. Ada begitu banyak masalah yang akan menghadang dua insan yang saling mencinta namun terpisah oleh jarak dan waktu.

Salah satu masalah yang kerap dirasakan para pejuang LDR adalah soal komunikasi. Hubungan dapat berada di ujung tanduk perihal komunikasi. Maka dari itu, pasangan harus dapat mengatasinya seperti yang dirangkum Fimela.com berikut.

Mengajukan Pertanyaan dengan Tenang

Jika Anda curiga akan sesuatu, ada baiknya bertanya dan tetap menjaga diri tetap tenang. Jangan menuduh atau berasumsi sendiri. Konfirmasi kebenaran agar segala sesuatunya jelas.

Beri Respons

Saling memahami adalah salah satu kunci penting dalam menjalin hubungan. Maka, pahamilah kepribadian pasangan Anda, bagaimana ia bersikap saat marah atau saat butuh perhatian.

Anda tak perlu langsung marah. Saat di telepon atau video call, tetap kendalikan diri, nada bicara, emosi agar tidak meledak-ledak.

Dinginkan Kepala Sebelum Bicarakan Masalah

Saat ada masalah dan keduanya emosi, ada baiknya untuk sama-sama menjernihkan dan mendinginkan kepala terlebih dahulu. Saling memberi ruang untuk dapat kembali berpikir dan masalah komunikasi akan dapat diselesaikan dengan lebih mudah.

Selain itu, lebih baik mengurangi banyaknya prasangka, mudah curiga, atau cemburu sebelum dipastikan secara langsung. Meski berjauhan, komitmen untuk saling percaya harus dibangun dan dipelihara para pejuang LDR. (Endah Wijayanti/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini: