Sukses

Cincin Safir Biru, dari Putri Diana hingga Mantan Pacar Syahrini

Mantan pacar Syahrini menggadaikan safir biru miliknya demi mendapatkan sabu. Cincin safir biru memang sangat terkenal.

Liputan6.com, Jakarta – Mantan pacar Syahrini Hans terpaksa menggadaikan cincin safir biru miliknya demi sabu. Cincin tersebut memiliki ikatan berwarna silver.

"Yang menarik lagi kita mendapatkan cincin. Informasinya dari keterangan tersangka untuk pembayaran, karena kurang dananya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu, 16 Januari 2019.

Cincin safir biru memang sangat terkenal dan memiliki harga fantastis. Jauh sebelum mantan Syahrini memakainya, mendiang Putri Diana lebih dulu memakai perhiasan mewah tersebut.

Cincin safir 12 karat ini berbentuk oval dan dipotong dengan fasad yang cantik dan rapi. Batu mulia ini dikelilingi oleh 14 butir berlian yang disangga oleh emas putih 18 karat.

Saat melamar Kate Middleton pada 2010 lalu, Pangeran William pun menyematkan cincin safir biru ke jari manis Kate. Cincin bertatahkan batu mulia tersebut merupakan warisan dari mendiang Putri Diana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kriteria Menilai Safir

Safir umumnya disebut sebagai batu biru, batu mulia yang dihasilkan mineral korundum. Dilansir dari pusakapusaka.com, Kamis, 17 Januari 2019, safir dinilai menggunakan kriteria 4 C.

Color (Warna) : Warna safir sangat beragam, kecuali merah. Untuk menilai Safir yang bagus, perhatikan kekuatan saturasi warnanya.

Clarity (Kejelasan) : Safir memiliki kejelasan yang lebih tinggi dibandingkan dengan rubi, kecuali Safir biru yang memiliki sedikit inklusi.

Cut (Pemotongan) : Pemotongan Safir yang baik akan menghasilkan batu yang bercahaya. Makin bagus pemotongannya maka nilainya makin tinggi pula.

Carat Weight (Karat) : Batu Safir biru ukurannya sangat beragam sehingga lebih mudah menemukan Safir biru yang besar daripada batu Rubi besar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.