Sukses

10 Kata-kata Persahabatan yang Menyentuh Hati dari Para Tokoh, Bikin Makin Solid

Liputan6.com, Jakarta Sahabat sejati adalah seorang teman yang tidak bisa dikatakan hanya sebagai sekadar teman saja. Ya, hal itu karena sahabat sejati akan selalu ada di setiap suka maupun duka. Meskipun kita tengah berpisah dengan jarak yang begitu jauh, namun sahabat akan selalu mengingat dan mendoakan kita.

Persahabatan bukan tentang harta dan kekuasaan, tetapi persahabatan adalah tentang kebersamaan dan kesetiaan. Persahabatan tidak pernah diajarkan di sekolah, tetapi apabila kamu belum memahami arti persahabatan, itu berarti kamu belum memahami arti kehidupan.

Semua orang di dunia ini butuh sahabat sejati. Tapi tak semua orang beruntung mendapatkan sahabat sejati. Untuk kamu yang sudah menemukan sahabat sejati, mungkin kata-kata persahabatan bisa mewakili perasaan kamu ke sahabat. Berikut kata-kata persahabatan menyentuh hati yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Rabu (16/1/2019).

2 dari 4 halaman

Teman yang baik memang sulit dicari

1. Robert Bloch, penulis asal Amerika

"Persahabatan ibarat ngompol di celana. Semua orang bisa melihatnya, tapi hanya kamu yang bisa merasakan kehangatan di dalamnya."

Kata-kata persahabatan di atas cocok untuk temanmu yang termasuk tipe yang susah serius, berikan kata-kata mutiara lucu di atas ini. Biarpun kesannya konyol, tapi maknanya cukup mendalam dan menyentuh hati.

2. Anonim

"Seorang teman akan menahan tawanya dan membantumu bangun saat kamu terjatuh. Tapi, teman sejati akan tertawa terbahak-bahak hingga mereka pun ikut terjatuh."

Kata-kata persahabatan di atas cocok buat kamu yang suka jaim. Teman sejati tak perlu lagi berpura-pura dan menahan diri di hadapanmu. Mereka bebas melakukan hampir semua hal tanpa membuatmu sakit hati. Salah satunya, menertawakan kebodohanmu seperti disebutkan di kata-kata mutiara untuk sahabat ini.

3. Anonim

"Sahabat ibarat bra yang bagus. Sulit dicari, mampu menopang dengan baik, nyaman, membuatmu terlihat lebih baik, dan selalu dekat di hati."

Teman yang baik memang sulit dicari. Tapi kalau kamu sudah menemukan yang cocok, ia akan membuatmu selalu nyaman dan terlihat lebih baik. Kata-kata persahabatan di atas cocok untuk kamu berikan ke sahabatmu untuk menggambarkan perasaan.

3 dari 4 halaman

Hadiah terbesar dalam hidup ini adalah persahabatan

4. Ralph Waldo Emerson, filsuf asal Amerika

"Salah satu manfaat memiliki teman lama adalah kau bisa bersikap bodoh dengannya."

Di depan teman lamamu, kamu tak perlu mati-matian jaga image lagi. Kamu bisa bebas menjadi diri sendiri, tak peduli seberapa bodoh atau anehnya itu. Paling-paling mereka hanya akan mengejekmu, atau malah ikut bersikap bodoh bersamamu.

5. Hubert H. Humphrey, politisi asal Amerika

"Hadiah terbesar dalam hidup ini adalah persahabatan. Dan aku telah mendapatkannya."

Bukan perkara mudah menemukan orang yang bisa menerima kita apa adanya. Terkadang, ada saja masalah atau perbedaan karakter yang membuat kita saling bergesekan dan memutuskan untuk menjauh. Kalau kamu sudah menemukan sosok itu, bersyukurlah. Karena, tak semua orang di dunia ini beruntung bisa menemukan kawan sejati semasa hidupnya.

6. Muhammad Ali, petinju

"Persahabatan bukanlah sesuatu yang bisa kau pelajari di sekolah. Tapi kalau kau belum belajar memahami maknanya, maka kau belum belajar apapun."

Hubungan antar manusia memang rumit dan tak bisa dipelajari lewat sekolah. Seperti cinta sejati, kamu harus melakukan praktik secara langsung untuk mengetahui makna persahabatan. Tapi begitu kamu menemukan dan memahaminya, kamu akan mendapatkan hadiah yang tak ternilai harganya.

4 dari 4 halaman

Sahabat adalah saudara kandung dari orangtua berbeda

7. Albert Camus, filsuf asal Prancis

"Jangan berjalan di belakangku, aku tak akan memimpin. Jangan berjalan di depanku, aku tak akan mengikutimu. Cukup berjalan di sampingku dan jadilah sahabatku."

Sahabat yang baik bersedia berjalan beriringan dan tak memaksakan kehendak satu sama lain. Memberikan saran boleh, tapi jangan sampai memaksanya berubah menjadi sosok yang kamu inginkan.

8. Mencius, filsuf asal China

"Teman adalah saudara kandung yang tak pernah diberikan Tuhan kepada kita."

Kawan memang ibarat saudara kandung yang dilahirkan dari orangtua berbeda. Meskipun tak ada hubungan darah, bukan tidak mungkin persahabatan kalian lebih kental dibandingkan dengan saudara yang sebenarnya.

9. Auliq Ice, penulis

"Persahabatan yang kuat tak butuh percakapan sehari-hari atau kebersamaan setiap waktu. Selama persahabatan itu ada di hati, sahabat sejati tak akan pernah terpisah."

10. Anonim

"Kita akan menjadi teman sampai kita menua dan pikun. Lalu kita akan menjadi teman baru lagi."

Tak masalah kalau kalian akan melupakan satu sama lain. Jika memang cocok, kalian bisa menjadi teman baru lagi seperti sekarang. Kata-kata ini cocok untuk kamu yang sudah berpisah lama dengan sahabatmu.

 

 

Reporter: Afifah Cinthia Pasha