Sukses

Tips Berbelanja dan Memasak Makanan Sehat dengan Biaya Hemat

Ada beberapa tips berbelanja dan memasak yang sehat dengan biaya hemat. Apa saja tips-tips tersebut?

Liputan6.com, Jakarta – Anda ingin mencoba masak dan makan dengan lebih sehat awal 2019? Ada sejumlah tips dan trik untuk memasak hidangan sehat dengan biaya hemat. Seperti dilansir dari buzzfeed.com, Selasa (8/1/2019).

Membuat Daftar Belanjaan

Mencari resep dan membuat daftar belanjaan, sebelum ke pasar atau toko kelontong. Mencari resep yang hanya membutuhkan beberapa bahan. Selain itu, membeli bahan-bahan yang bisa digunakan lebih dari satu kali makan. Dengan begitu, berbelanja menjadi lebih fokus dan bersemangat untuk menyiapkan makan di rumah.

Pikirkan Sisa Makanan

Ketika memasak untuk makan malam, misalnya, pikirkan apa yang tetap enak untuk dimakan pada siang hari berikutnya. Buat resep yang akan tetap segar dan bertahan lama. Dengan begitu, tak tergoda untuk memesan makanan dari luar.

Potong Biaya Beli Daging

Untuk vegan makan di rumah adalah salah satu hal yang sangat baik. Selain untuk menghemat biaya juga demi kesehatan. Lebih baik mengandalkan sayuran dan buah-buahan. Dengan begitu, akan menghemat banyak pengeluaran, seperti memotong biaya beli daging, telur, dan susu.

Gunakan Freezer

Gunakan semua ruang freezer untuk sayuran dan daging. Jika Anda mencincang campuran sayuran dan bekukan bersama daging ayam. Itu untuk makanan siap saji yang bisa digunakan kapanpun Anda mau.

Beli Bahan yang Kecil

Beli dari bahan makanan yang berbekas atau sedikit kecil yang tak bisa dijual di toko. Ini jauh lebih murah daripada yang Anda temukan di sebagian besar toko.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.