Sukses

Inspiratif, Sederet Pesohor Terjun Langsung Jadi Relawan

Liputan6.com, Jakarta – Gempa Lombok yang terjadi pada 5 Agustus 2018 menimbulkan keprihatinan banyak pihak, tak terkecuali para pesohor. Tak sekadar prihatin, mereka juga turun ke lokasi bencana dan bekerja sebagai relawan.

Dengan kemampuan yang mereka miliki, para pesohor berusaha untuk memberikan bantuan sekaligus menghibur para korban gempa Lombok. Mereka berusaha untuk membantu untuk menyembuhkan trauma yang para korban alami, terlebih bagi anak-anak.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga 2 Agustus 2018 korban meninggal dunia mencapi 515 orang dan korban luka-luka 7.145 orang.

Belum lagi kepedihan melanda Lombok berakhir, gempa dan tsunami terjadi di Palu, Donggala, dan Sigi di Sulawesi Tengah pada 28 September 2018.  Hingga 10 Oktober 2018 lalu, tercatat 2.045 korban yang berhasil ditemukan dan diidentifikasi.

"Sebanyak 2.045 korban meninggal dunia. Perinciannya 171 di Donggala, 1.636 di Palu, 222 di Sigi, 15 di Moutoung, dan 1 orang di Pasang Kayu," tutur Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Kantor BNPB, Jakarta Timur, 9 Oktober 2018. 

Berikut beberapa pesohor yang tergerak hatinya untuk menjadi relawan. Mereka adalah Irfan Hakim, Komeng, Andien, dan Awkarin.

 

2 dari 6 halaman

Irfan Hakim

Irfan Hakim menjadi salah satu artis yang menjadi relawan saat gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Irfan menjadi relawan tamu Rumah Zakat untuk menghibur anak-anak korban bencana gempa di Lombok.

Di sana Irfan menghibur anak-anak korban gempa. Ia juga mengajak anak-anak untuk belajar dan bermain di Sekolah Darurat Rumah Zakat serta membagikan sejumlah buku sebagai hadiah.

3 dari 6 halaman

Andien

Andien pun ikut tergerak hatinya untuk menjadi relawan gempa Lombok. Ia datang ke sana dengan menghibur anak-anak korban gempa dengan cara bernyanyi bersama, main tebak-tebakan, mendongeng, bahkan ada yang memintanya untuk mendongeng dalam bahasa Inggris.

Bagi Andien, bermain dan buku cerita anak sangat efektif untuk emotional healing mereka. Dalam unggahannya pada 23 Agustus 2018, Andien terlihat sedang bermain, bahkan memeluk anak-anak korban gempa. Ia berharap mereka akan menjadi manusia tangguh di masa depan.

4 dari 6 halaman

Komeng

Selain Andien, Komeng pun menyempatkan waktunya untuk menjadi relawan saat gempa Lombok. Ia bergabung bersama Palang Merah Indonesia (PMI). Dalam video yang beredar, Komeng dan tim relawan lainnya menyisir berbagai kawasan di Lombok. Aksi Komeng tersebut mendapat banyak pujian warganet. Meski sibuk, Komeng masih peduli dengan keadaan sesama.

5 dari 6 halaman

Dimas Seto

Sementara itu, Dimas Seto ikut memberikan bantuan kepada para korban gempa Lombok. Ia terketuk hatinya menyaksikan video-video yang beredar tentang dahsyatnya gempa Lombok yang terjadi pada 5 Agustus 2018.

Bantuan yang diberikan istri Dhini Aminarti itu merupakan bantuan dari umat Islam yang tergerak hatinya kepada para korban.

6 dari 6 halaman

Awkarin

Karin Novilda atau yang akrab disapa Awkarin juga menjadi relawan. Ia mengunjungi para korban gempa di Palu. Dalam video yang beredar di YouTube, ia tampak mengangkat barang-barang yang akan diberikan pada para pengungsi dan korba gempa.

Saksikan video pilihan berikut ini: