Sukses

Inspirasi Makanan Diet dari Thailand

Liputan6.com, Jakarta Jarang sekali orang yang traveling sengaja berdiet selama liburannya. Sebab, tujuan traveling adalah untuk mendapatkan pengalaman makan enak dan mencicipi kuliner khas daerah setempat.

Namun, bukan tidak mungkin kita tetap bisa mendapatkan semuanya: makan enak, diet tetap jalan, dan cita rasa lokal terpenuhi. Kalau kepincut, bukan tidak mungkin, saat pulang pun, kita bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah! Berikut adalah beberapa makanan Thailand rendah lemak yang dilansir dari Agoda pada Selasa (27/9/2016).

Som tum (baca: som tam)

Terbuat dari pepaya muda yang diiris, jeruk nipis, kacang-kacangan, dan cabai sebanyak yang bisa Anda tahan, Som Tum adalah suatu pengalaman berharga bahwa makanan salad itu tidak membosankan. Versi asli Som Tum dihidangkan dengan kepiting asinan di dalamnya, tetapi ingat bahwa garam dapat menyebabkan perut kembung dan sebenarnya telah terdapat lumayan banyak sodium di dalam kecap ikan Som Tum, sehingga tidak perlu untuk meminta kepiting lagi maupun gula.

Kui Chai

Ini adalah makanan ringan kukus Cina dengan beberapa jenis isi. Yang berwarna hijau adalah dengan bawang putih dan kucai di dalamnya. Para penjaja makanan jalanan sering membuat makanan ini menjadi dosa dengan menggorengnya dalam minyak panas, tapi Anda tetap dapat menemukan yang versi kukus. Tapi ingat hindari saus celup yang kaya dengan kandungan sodium di dalamnya, ya.

Yum woonsen

Salad so’un/bihun pedas dengan daging pilihan Anda, tapi biasanya seafood adalah pilihan yang paling tepat.

Tom Yum Goong (baca: tom yam kung) 

Sup udang pedas dan asam. Biasanya sup memang tidak cukup memuaskan bagi sebagian orang, tetapi jika Anda sedang merasa capek, maka sup lezat ini dapat memberikan Anda kesegaran kembali.

Nam Tok Moo (baca: nam tok mu) 

Secara harafiah berarti ‘air terjun daging babi’ – tetapi Anda juga dapat memesan dengan daging ayam ataupun sapi. Walaupun makanan ini dapat membuyarkan peraturan sodium, tetapi makanan ini tidak boleh diabaikan. Bahan-bahan utamanya adalah: daging panggang, bawang bombai diiris, daun mint dan cabai.

Kao mun gai (baca: khao mun kai) 

Ini merupakan makanan Cina yang juga disebut sebagai Nasi Ayam Hainan. Tetapi sayangnya nasi merah sedikit ‘didiskriminasikan’ di Thailand, sehingga Anda hanya dapat menemukan makanan ini dengan nasi putih. Saus celup pedas dan sup ayam bening biasanya menjadi teman dari makanan ini.

Mamuang nam pla waan 

Mangga dengan kecap ikan. Kedengarannya memang dapat membuat tenggorokan Anda merasa terlilit, tapi santapan ini benar-benar lezat. Irisan mangga hijau yang garing dicelupkan ke dalam kecap ikan yang manis menciptakan satu rasa kompleks yang dapat mengganggu konsentrasi Anda bahwa Anda sedang diet.

(Ficky Yusrini)