Sukses

Foto-foto Ritual Doa Jelang Pesta Cap Go Meh

Pesta Rakyat Bogor Cap Go Meh Street Festival IX 2016 berlangsung Senin (22/2) mulai pukul 14.30 WIB dan berlangsung hingga malam

Liputan6.com, Jakarta Pesta Rakyat Bogor Cap Go Meh Street Festival IX 2016 berlangsung Senin (22/2) mulai pukul 14.30 WIB dan rangkaian acara berlangsung hingga malam. Arak-arakan parade mobil hias, joli dewa-dewi dari Vihara Dhanagun baru akan dimulai pukul 17.00 WIB.

"Sesuai dengan Shio tahun ini Kera Emas yang mencirikan kegembiraan dan kemeriahan, Festival Cap Go Meh tahun ini lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya," kata Ketua Panitia Cap Go Meh (CGM) Street Festival, Arifin Himawan, di Bogor, Senin (22/2/2016).

Warga melakukan sembahyang jelang perayaan Cap Go Meh di Vihara Dhanagun, Bogor, Senin (22/2/2016). Cap Go Meh merupakan puncak perayaan Tahun baru Imlek 2567. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Rangkaian acara diawali dengan penampilan paduan saura Kapel Regina Pacis yang menyanyikan lagi-lagi persatuan NKRI. Penampilan spesial dari Perguruan Bangau Putih yakni Kilin, seperti barongsai yang memiliki bentuk serta gerakan khusus.

"Untuk pertama kalinya, rangkaian CGM akan diisi oleh heularan Drumband yang diikuti 1.000 peserta," katanya.

Umat Tionghoa berdoa jelang perayaan Cap Go Meh di Vihara Dhanagun, Bogor, Senin (22/2/2016). Cap Go Meh merupakan puncak perayaan Tahun baru Imlek 2567. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sesuatu hal yang baru dari CGM 2016 ini, lanjutnya, yakni parade kostum yang diinisiasi oleh perkumpulan masyarakat Bogor Sahabat, seperti menyerupai Jember Fashion Festival. Akan ditampilkan 20 kostum menarik, seperti Sun Go Kong dengan berbagai warna, dan gadis Extravagansa, yang mengenakan kostum modifikasi dengan konsep serta motif dari berbagai daerah.

"Kalau di Jember ada Fashion Festival, Kota Bogor juga memiliki kreasi yang diciptakan oleh kreativitas masyarakatnya," katanya.

Rangkaian kegiatan selanjutnya pesta seni dan budaya menampilkan kesenian tarian Tor-tor dari Sumatera Utara, yang didukung oleh pertunjukan dancer dari Taiwan secara khusus hadir untuk memeriahkan CGM Bogor Street Festival.

"Pesta Rakyat Bogor untuk kesatuan, Cap Go Meh bukan festival keagamaan, tetapi tradisi Bogor menampilkan kekayaan seni dan budaya yang dimiliki oleh bangsa ini," katanya.

Warga melakukan doa jelang perayaan Cap Go Meh di Vihara Dhanagun, Bogor, Senin (22/2/2016). Cap Go Meh merupakan puncak perayaan Tahun baru Imlek 2567. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto mengapresiasi penyelenggaran CGM Bogor Street Festival sebagai pesta rakyat Bogor yang akan mendatangkan tamu dari berbagai daerah dan negara untuk menyaksikan kegiatan tahunan yang sudah memasuki tahun ke 19.

"Tahun ini banyak yang baru, ada drumband, dan parada kostum. Acara ini ajang pemersatu bukan hanya budaya tapi juga keberagaman umat. Cap Go Meh sudah dilangsungkan sejak revolusi, hingga zaman orde baru, dan diresmikan pada zaman Gusdur," katanya.

Bima menyatakan untuk memastikan kelancaran kegiatan tersebut, ia menginstruksikan seluruh jajarannya yakni DLLAJ, Satpol PP dan aparat lainnya untuk menyiapkan segala keperluan mulai dari pengalihan arus, penyediaan parkir dan mengantisipasi kemacetan.

"DLLAJ diminta untuk menyiapkan jalur-jalur alternatif, dan pengalihan angkot agar kemacetan dapat teratasi," katanya.

Warga melakukan doa jelang perayaan Cap Go Meh di Vihara Dhanagun, Bogor, Senin (22/2/2016). Cap Go Meh merupakan puncak perayaan Tahun baru Imlek 2567. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sementara itu, Kapolres Bogor Kota, AKBP Andi Herindra menyatakan kesiapan untuk melakukan pengamanan selama perhelatan acara Cap Go Meh berlangsung dengan mengerahkan 1.000 lebih personel gabungan dari jajaran TNI/Polri, Satpol PP, DLLAJ, Denpom, Garuda 315, dan anggota lainnya.

Komanda Kodim 0606/Kota Bogor, Letkol M Albar menyatakan dukungan siap untuk membantu kepolisian dalam melakukan pengamanan ketertiban masyarakat, agar perhelatan dapat berlangsung, aman, dan terkendali.

Warga membakar dupa jelang melakukan sembahyang saat perayaan Cap Go Meh di Vihara Dhanagun, Bogor, Senin (22/2/2016). Cap Go Meh merupakan puncak perayaan Tahun baru Imlek 2567. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

"Memang yang perlu kita antisipasi adalah aktivitas Presiden, jalur keluar masuk presiden, jika hadir, seperti apa pengamanannya. Karena presiden ingin dekat dengan masyarakat, tetapi tetap pengamanan harus diutamakan," katanya.

Cap Go Meh adalah perayaan tahun baru China, yang jatuh pada hari ke 15 Imlek. Dalam kalender Lunar, hari ke 15 merupakan puncak bulan purnama yang diyakini membawa keberkahan bagi umat.

Warga membakar dupa jelang melakukan sembahyang saat perayaan Cap Go Meh di Vihara Dhanagun, Bogor, Senin (22/2/2016). Cap Go Meh merupakan puncak perayaan Tahun baru Imlek 2567. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Cap Go Meh adalah akhir dari rangkaian perayaan tahun baru Imlek yang dilakukan tiap tanggal 15 pada bulan pertama penanggalan Tionghoa.

    Cap Go Meh

Video Terkini