Sukses

5 Tips Menata Finansial Keluarga

Berikut ini adalah tips menata keuangan keluarga dari Seekmi.com

Liputan6.com, Jakarta Menikah dan membangun keluarga merupakan kebahagiaan bagi banyak orang. Tapi itu semua bukan tanpa tanggung jawab yang mengiringinya.

Seiring dengan berjalannya waktu, semakin banyak kebutuhan keluarga yang harus Anda penuhi. Artinya, Anda harus pandai menata kondisi finansial keluarga.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menata keuangan keluarga Anda.

Pahami kondisi finansial keluarga
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami seluruh keadaan finansial Anda. Anda harus paham berapa pendapatan keluarga per bulan, tagihan apa saja yang harus dibayar perbulannya. Seperti tagihan listrik, air, telepon. Juga biaya lain untuk anggaran belanja, biaya kesehatan sampai ke biaya servis kendaraan. Semua hal itu harus Anda pahami sampai sedetil mungkin.

Buat rencana finansial
Yang kedua, Anda harus merinci setiap pengeluaran dan juga pendapatan setiap bulannya. Buatlah rencana finansial secara realistis. Sisihkan juga untuk tabungan masa depan.

Mulai menabung bersama
Menabung itu hal yang sangat penting. Tabungan bisa berguna saat ada kebutuhan mendesak.

Hindari berhutang
Memiliki kartu kredit memang memudahkan Anda dalam proses pembayaran, tapi hal itu bisa membuat orang lupa diri. Semakin banyak menggesek, akan semakin besar tanggungan yang harus Anda bayar. Tanpa perencanaan matang dan komitmen, Anda bisa terlilit hutang oleh karena penggunaan kartu kredit yang tak terkontrol.

Tetapkan target
Setelah Anda menabung, Anda harus menetapkan target jangka panjangnya. Pastikan target tersebut merupakan sebuah investasi untuk masa depan yang lebih baik. Anda dapat berinvestasi lewat bermain saham, membeli emas, membeli tanah atau properti dan lainnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.