Sukses

Belasan Tahun Bekerja, Ini Cara Mengubah Karir Anda

Liputan6.com, Jakarta Mengabdi pada perusahaan selama bertahun-tahun tentu akan membuat karir Anda menjadi statis dan tidak berkembang. Anda telah terlalu lama bekerja untuk posisi yang sama, dan terlalu lama berada di zona nyaman. Hal ini karena pemikiran bahwa Anda sudah terlambat untuk memperbaiki karir, dan akhirnya mengikuti alurnya bertahun-tahun. Anda juga mencemaskan tentang ketersediaan pekerjaan di luar sana setelah Anda melepaskan pekerjaan lama Anda. Pemikiran ini akhirnya membuat Anda tidak bergerak dan diam di tempat dalam urusan karir.

Menurut Lolly Daskal, pelatih kepemimpinan yang dilansir dari Fastcompany, Kamis (2/7/2015) mengatakan, Anda belum terlambat jika ingin mengubah karir, Anda bahkan beruntung telah menemukan keinginan untuk mendapatkan yang lebih baik saat ini. Lolly juga memberikan beberapa cara untuk menentukan langkah baru dalam perjalanan karir Anda, setelah belasan tahun mengabdi pada pekerjaan yang sama, berikut ulasannya.

1. Tahu Realitas

Hal dasar untuk memulai langkah ini adalah Anda terlebih dahulu harus sadar akan realitas Anda, mencari pekerjaan di usia akhir 30an. Anda harus memulai sosialisasi kembali dan harus mampu menjalani transisi ke perusahaan baru.

2. Mempertimbangkan Situasi Keuangan

Lihatlah pendapatan Anda, tabungan Anda, dan pengeluaran Anda perbulannya. Dan lihatlah kesempatan untuk pindah ke tempat yang menawarkan Anda pendapatan yang lebih baik. Jika tidak Anda harus bertahan hingga tawaran yang terbaik datang.

3. Buat Daftar Hal yang Anda Sukai

Sebelum Anda mengambil langkah besar untuk maju, Anda harus instrospeksi diri, kenali diri Anda lebih dalam. Apa yang Anda inginkan, Apa yang menjadi tujuan hidup Anda, dan Apa kekurangan dan kelebihan Anda, serta apa yang dapat Anda berikan kepada orang di sekitar.

4. Memanfaatkan Pengalaman

Pengalaman merupakan salah satu kelebihan yang Anda miliki sehingga Anda dapat memanfaatkannya. Pengalaman adalah satu hal yang tidak bisa dibeli atau belajar dari buku teks kuliah. Pertimbangkan semua pengalaman Anda bagaimana hal itu dapat memberikan keuntungan dalam langkah baru Anda ini.

5. Mengumpulkan Informasi

Kumpulkan daftar prestasi, kompetensi, nilai-nilai, dan hasrat, serta menemukan karir yang sesuai dengan gambaran pribadi Anda. Selain itu Anda dapat berselancar di dunia maya untuk melihat peluang kerja. Buat daftar semua jenis pilihan pekerjaan. Buat dalam bentuk daftar setiap pekerjaan yang membutuhkan skill yang Anda miliki. Tidak hanya melalui media, Anda juga dapat mengumpulkan informasi dari teman-teman Anda, yang menawarkan lowongan kerja di kantornya. (Mit/Ibo)

Loading