Sukses

3 Rahasia Kebahagiaan Hidup Menurut Gus Iqdam

Inilah 3 Kunci Pokok Kebahagiaan Hidup Menurut Islam yang dijelaskan oleh Gus Iqdam

Liputan6.com, Jakarta - Kebahagiaan menjadi salah satu hal yang ingin dicapai oleh manusia. Bahkan tak jarang seseorang harus mengeluarkan banyak uang dan tenaga untuk bisa merasakan kebahagiaan hidup.

Namun, hal tersebut berbeda dengan apa yang telah diajarkan oleh Agama Islam.

Dilansir dari chanel youube Chat Al-Islami, dalam salah satu ceramahnya, Gus Iqdam membagikan 3 rahasia atau kunci pokok kebahagiaan bagi manusia khsuusnya umat muslim ketahui dan amalkan.

Pendiri Majelis Ta'lim Sabilu Taubah Gus Iqdam menjelaskan, apabila seorang muslim mengamalkan 3 kunci pokok kebahagiaan tersebut, maka dijamin akan merasakan kebahagiaan dunia dan akhirat.

Lalu, apa saja 3 rahasia untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat menurut ajaran Agama Islam yang perlu umat muslim ketahui dan amalkan tersebut?

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3 Kunci Kebahagiaan

Berikut ini kunci tersebut,

1. Bersyukur

Amalan untuk meraih kebahagiaan menurut Islam yang pertama yaitu dengan bersyukur. Berdasarkan dari kitab Hutabul Mimbari As Sya'adah, amalan pertama yang harus diketahui oleh seorang muslim untuk mencapai kebahagiaan adalah dengan cara bersyukur.

Sebenarnya Allah SWT telah menentukan kadar rezeki kepada setiap hamba-Nya, sehingga semua makhluk yang ada di dunia ini pasti mendapatkan rezeki dan akan diberikan rezeki oleh Allah SWT.

Oleh karena itu, dengan semua rezeki yang telah Allah SWT berikan kepada hamba-Nya tersebut, Allah SWT mewajibkan semua makhluk ciptaan-Nya untuk selalu bersyukur.

Lantas, bagaimana sih caranya? Menurut Gus Iqdam apabila kita sadar bahwa kita sudah mendapatkan nikmat dari Allah SWT, maka setelah itu kita harus mensyukuri nikmat tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Kunci Kedua Bahagia Dunia Akhirat adalah Bersabar

Ia menambahkan bahwa, apabila kita ingin bahagia di dunia dan akhirat, sedangkan amalan yang pertama saja tidak kita amalkan, maka jangan pernah berharap untuk mendapatkan kebahagiaan.

Dalam ceramahnya tersebut, Gus Iqdam mengutip dari Kitab Hikam karangan Ibnu Abtoilah Al Sakandari bahwa, barangsiapa yang tidak mau mensyukuri nikmat, maka nikmat tersebut akan pergi darinya. Namun jika dia bersyukur, maka nikmat tersebut akan terkunci dengan dirinya.

2. Sabar

Amalan untuk meraih kebahagiaan menurut Islam yang berikutnya yaitu dengan bersabar. Sabar adalah sebuah rasa dan tindakan berserah diri terhadap ketetapan dari Allah SWT.

Menurut Gus Iqdam, Allah SWT telah memberikan ujian dan cobaan kepada setiap hambanya dan Allah mewajibkan setiap hamba-Nya untuk bersabar dalam kondisi tersebut agar menjadi salah satu hamba-Nya yang mulia.

Hal tersebut bahkan tertuang dalam sebuah hadits shahih bahwa, Pada saat Allah SWT memberikan ujian dan cobaan kepada hamba-Nya dan hamba tersebut mampu bersabar maka Allah SWT akan menjadikannya mulia.

 

4 dari 4 halaman

Kunci Berikutnya adalah Istighfar

3. Beristighfar

Amalan untuk meraih kebahagiaan menurut Islam yang terakhir yaitu dengan memperbanyak Istighfar atau memohon ampun kepada Allah SWT. Menurut Gus Iqdam, sebagai seorang manusia biasa, kita tidak akan pernah luput dari kesalahan dan dosa.

Beliau menganjurkan untuk menjadi orang yang sebanyak apapun melakukan kesalahan dan dosa, namun harus tetap senantiasa beristighfar dan memperbanyak meminta ampunan kepada Allah SWT.

Hal tersebut dikarenakan, menurut Gus Iqdam dengan beristighfar dapat menghapus dosa manusia, yang mana dosa itu dapat menyebabkan datangnya azab dari Allah SWT.

Gus Iqdam menerangkan bahwa, apabila kalian istiqomah dalam beristighfar dan memohon ampunan kepada Allah SWT, maka dosa-dosa tersebut akan lebur dan kemuliaan serta kebahagiaan akan datang dengan sendirinya.

Nah, itu dia 3 rahasia kebahagiaan hidup menurut Islam yang disampaikan Gus Iqdam, yang wajib umat muslim ketahui dan amalkan agar mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.