Sukses

Sering Mengantuk Saat Bekerja? Baca Doa Ini

Doa agar tidak mudah mengantuk, terlebih saat bekerja

Liputan6.com, Jakarta - Rasa kantuk merupakan hal wajar yang dialami manusia. Rasa kantuk bisa datang kapan saja, termasuk saat bekerja atau melakukan aktivitas lainnya.  

Meskipun mengantuk merupakan suatu bawaan yang alamiah, namun demikian, ada juga orang-orang yang sangat mudah mengantuk. Padahal masih banyak tugas atau aktivitas yang perlu hal yang perlu dituntaskan, tentu hal ini akan menjadi problem tersendiri. 

Seseorang bisa saja mengantuk sebab kekurangan tidur. Namun, ternyata ada faktor lain yang menjadi faktor penyebabnya. Mengutip dari laman Health Liputan6.com,ada beberapa faktor lain yang dapat membuat seseorang mengantuk.

Di antara faktor tersebut seperti tidak berolahraga sebelum bekerja, tidak minum air dan zat besi dengan cukup, tidak sarapan, dan kondisi tempat kerja yang berantakan.

Alhasil, berbagai macam cara dilakukan misalnya dengan meneguk secangkir kopi untuk menghilangkan rasa kantuk, namun ternyata tetap tidak mempan. Lantas, apa yang harus dilakukan?

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Agar Tidak Mudah Mengantuk

Mengutip dari laman NU Online, KH Achmad Chalwani dalam bukunya Risalah Doa & Shalawat menjelaskan ijazah dari Al-‘Arif Billah KH Nahrowi Dalhar (1870-1959) Watucongol, Muntilan, Magelang, tentang doa penangkal rasa kantuk. 

Doa itu merupakan penggalan Al-Qur’an Surat al-Baqarah ayat 255 atau yang lebih populer disebut ayat kursi. 

لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ 

Lā ta’khudzuḥū sinatuw walā naūm

Artinya: “Allah tidak mengantuk dan tidak tidur.” (Achmad Chalwani, Risalah Doa & Shalawat, [Purworejo, KESAPP: 2021] edisi VIII, halaman 33). 

Adapun cara membacanya sebagaimana dijelaskan dalam buku, ayat tersebut dibaca sebanyak 7 kali setelah shalat fardhu atau shalat maktubah.  

Demikian doa agar tidak mudah mengantuk sebagaimana disampaikan tokoh NU yaitu KH Al-‘Arif Billah KH Nahrowi Dalhar Watucongol Magelang. Semoga bermanfaat untuk kita semua dalam menjalankan aktivitas kesehariannya. Aamin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.