Sukses

Tak Hanya Tahajud, Berikut Jenis Sholat Malam Tanpa Tidur yang Boleh Dikerjakan

Sholat malam bukan hanya tahajud, ini jenis sholat malam tanpa tidur yang boleh dikerjakan.

Liputan6.com, Jakarta - Sholat sunnah pada malam hari merupakan suatu amalan yang sangat dianjurkan bagi umat muslim. Selain memperoleh pahala, sholat malam juga menjadi sarana bagi kita untuk berkomunikasi dengan Allah melalui doa yang dipanjatkan. 

Dengan sholat malam, kita juga dapat memohon ampunan, perlindungan, serta keberkahan hidup dari Allah SWT. Salah satu jenis sholat malam yang banyak dilakukan adalah sholat tahajud.

Biasanya sholat tahajud ini dilakukan pada sepertiga malam, yaitu dengan melaksanakan dua rakaat sholat atau tidak terbatas dan ditutup dengan sholat witir. Sebagai amalan sholat malam, sholat tahajud harus didahului dengan tidur kemudian bangun untuk mengerjakan sholat.

Mengenai hukum tidur terlebih dahulu baru melaksanakan sholat malam memang sudah banyak dijelaskan. Namun demikian, ternyata tidak semua sholat malam harus dilakukan setelah tidur. 

Dalam hal ini, terdapat beberapa jenis sholat malam tanpa tidur yang perlu diketahui. Berikut ulasannya merangkum dari laman merdeka.com.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Memahami Sholat Malam

Sebelum mengetahui beberapa jenis sholat malam tanpa tidur, perlu dipahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan sholat malam. Sholat malam adalah sholat sunnah yang dilakukan di malam hari, yaitu dimulai dari selesai waktu pelaksanaan sholat Isya hingga menjelang waktu subuh, baik dilakukan sebelum maupun sesudah tidur. Sholat malam ini terdiri dari sholat ba’diyah isya’, witir, sholat sunnah mutlak, dan sholat tahajud termasuk di dalamnya.

Melakukan sholat malam pun telah dianjurkan oleh Rasulullah. Bukan hanya itu, dalam Al Quran Allah juga memberi keistimewaan bagi umat muslim yang melaksanakan sholat di malam hari untuk memohon dan memanjatkan doa. Hal ini pun dijelaskan dalam sebuah riwayat, di mana Rasulullah bersabda :

“Tuhan kita, Allah tabaraka wa ta’ala ‘turun’ setiap malam ke langit dunia di saat sepertiga malam akhir. Kemudian Allah berfirman, ‘Barang siapa berdoa kepada-Ku, akan Aku kabulkan. Barangsiapa meminta kepada-Ku, akan Aku kasih. Barangsiapa meminta ampun kepada-Ku, akan Aku beri ampunan.”

3 dari 5 halaman

Jenis Sholat Malam Tanpa Tidur

Setelah mengetahui pengertian dari sholat malam, berikutnya terdapat beberapa jenis sholat malam tanpa tidur yang perlu diketahui. Seperti disebutkan, salah satu jenis sholat malam tanpa tidur yang sering dilakukan adalah sholat tarawih dan sholat witir di bulan Ramadhan.

Selain itu, sholat hajat dan sholat mutlaq (sholat sunnah yang tidak mempunyai sebab dan tidak terikat dengan waktu) termasuk sholat malam yang dapat dilakukan tanpa tidur. Dengan begitu, dapat dipahami bahwa sholat tarawih, sholat witir, sholat hajat, dan sholat mutlak ini adalah jenis sholat malam yang dapat dilaksanakan tanpa tidur terlebih dahulu.

Hal ini tidak lain karena tidak terdapat hukum atau dalil yang menyebutkan bahwa beberapa sholat malam tersebut harus dilakukan dengan syarat tidur terlebih dahulu seperti sholat tahajud. Oleh karena itu, kita dapat menunaikan sholat mala mini dalam rentang waktu setelah waktu isya hingga menjelang waktu subuh tanpa harus tidur.

4 dari 5 halaman

Perbedaan Sholat Malam dengan Sholat Tahajud

Setelah mengetahui beberapa jenis sholat malam tanpa tidur, berikutnya yang tak kalah penting untuk dipahami adalah apa perbedaan sholat malam dengan sholat tahajud. Dalam hal ini, sholat malam dipahami sebagai sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari sebelum maupun sesudah tidur, dimana sholat tahajud termasuk salah satu jenisnya. Namun dalam pelaksanaan sholat tahajud terdapat kriteria khusus, yaitu siapa saja yang ingin mengerjakan maka harus tidur terlebih dahulu.

Dikatakan, bahwa sholat tahajud ini lebih khusus daripada sholat malam. Sholat tahajud sudah pasti sholat malam, namun sholat malam belum tentu sholat tahajud. Dikatakan pula, bahwa beberapa sholat sunnah yang dilakukan di malam hari seperti yang disebutkan di atas, dengan sendirinya menjadi sholat tahajud ketika dilakukan setelah tidur.

Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa sholat tahajud merupakan bagian dari sholat malam. Terdapat ketentuan khusus dari pada sholat malam lainnya, yaitu harus dilakukan setelah tidur. Sholat tahajud ini dapat dilakukan dengan rakaat yang tidak terbatas dan biasanya diakhiri dengan sholat witir.

5 dari 5 halaman

Keistimewaan Sholat Malam

Setelah mengetahui beberapa jenis sholat malam tanpa tidur, berikutnya terdapat berbagai keistimewaan yang bisa didapatkan bagi siapa saja yang mengerjakan sholat malam. Mengerjakan sholat malam, bisa menjadi salah satu amalan baik yang dapat meningkatkan pahala. Bukan hanya itu, Allah pun menyukai hambanya yang memanfaatkan waktu malamnya untuk mengingat Allah dan memohon kepadanya. Berikut beberapa keistimewaan sholat malam yang perlu diketahui.

  • Sholat malam merupakan sholat paling utama setelah sholat lima waktu
  • Sholat malam mempunyai keutamaan yang lebih tinggi dibandingkan sholat yang dilakukan di siang hari. Seperti keutamaan sedekah yang dilakukan secara rahasia dibandingkan sedekah yang diketahui secara terang-terangan. Di mana dikatakan selisih di antara keduanya adalah 70 kali lipat
  • Sholat malam merupakan ibadah yang menjadi ciri khas dari orang-orang yang shalih. 

Allah bangga terhadap hambanya yang melakukan sholat tahajud kepada para malaikat. Allah akan mengabulkan semua doa kebaikan yang dipanjatkan pada sholat malam. Dengan mengetahui beberapa keistimewaan sholat malam tersebut, dapat dipahami bahwa sholat malam merupakan salah satu amalan baik yang disukai oleh Allah.

Ini juga bisa menjadi sarana bagi umat muslim untuk mendekatkan diri pada Allah dan meningkatkan iman dengan lebih baik. Bukan hanya itu, hal ini dapat menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memohon hajat apapun agar dapat dikabulkan oleh Allah SWT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.