Sukses

5 Doa dan Dzikir Setelah Sholat Subuh Sesuai Sunnah Rasulullah

Doa setelah sholat subuh menjadi suatu anjuran yang sebaiknya dilakukan oleh umat islam.

Liputan6.com, Jakarta - Membaca doa dan dzikir setelah sholat subuh merupakan suatu amalan yang sangat dianjurkan. Hal ini sebagaimana diperintahkan oleh Allah SWT dalam QS. An-Nisa ayat 103

فَاِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلٰوةَ فَاذْكُرُوا اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِكُمْ ۚ فَاِذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ ۚ اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا 

Artinya: "Selanjutnya, apabila kamu telah menyelesaikan sholat(mu), ingatlah Allah ketika kamu berdiri, pada waktu duduk dan ketika berbaring. Kemudian, apabila kamu telah merasa aman, maka laksanakanlah sholat itu (sebagaimana biasa). Sungguh, sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman".

Berdoa dan dzikir merupakan salah satu cara untuk mendapatkan ridho Allah SWT. Tak dipungkiri, masih banyak di antara umat muslim yang memilih untuk kembali tidur setelah sholat.

Dalam dunia kesehatan padahal sudah jelas disebutkan bahwa kebiasan tidur setelah subuh bukanlah hal yang baik dan dapat berdampak buruk bagi tubuh. Tidur setelah sholat subuh juga dinilai akan menghambat rezeki.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya kita tetap terjaga dan melakukan amalan-amalan yang bernilai pahala seperti membaca doa setelah sholat subuh. Mengutip dari laman merdeka.com yang dirangkum dari berbagi sumber, berikut lima bacaan doa dan dzikir setelah sholat subuh lengkap dengan artinya.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Doa Setelah Sholat Subuh Memohon Rezeki

Melansir dari laman Rumaisho.com, berikut bacaan doa setelah sholat subuh agar diberi kemudahan rezeki. Lafal ini diucapkan setiap Nabi SAW setelah salam:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma innii asaluka 'ilmaanaafi'aa. Wa rizqontoyyibaa wa amalammutaqobbalaa

Artinya: "Ya Allah sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal, dan amal yang diterima." (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Selain itu, terdapat doa memohon rezeki di pagi hari setelah sholat subuh. Diriwayatkan oleh Abu Daud:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَصْبَحْتُ أُشْهِدُكَ وَأُشْهِدُ حَمَلَةَ عَرْشِكَ وَمَلَائِكَتَكَ وَجَمِيعَ خَلْقِكَ أَنَّكَ أَنْتَ اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُكَ وَرَسُولُكَ 

Allahumma inni ashbathu usyhiduka wa usyhidu hamalata 'arsyika wa malaikatika wa jami'a khalqika annaka antallahu la ilaha illa anta wa anna Muhammadan 'abduka wa rasuluka.

Artinya: "Ya Allah, aku telah berpagi, aku persaksikan Engkau, dan aku persaksikan kandungan 'arys-Mu, malaikat-malaikat-Mu serta seluruh makhluk-Mu bahwa Engkau adalah Allah, tiada tuhan selain-Mu dan sesungguhnya Muhammad adalah hamba-Mu dan Rasul-Mu." (Sunan Abi Dawud, Kitab Al-Adab, Bab Ma Yaqulu Idza Ashbaha, nomor 4407).

3 dari 6 halaman

Doa Mohon Rezeki yang Halal

Doa setelah sholat subuh selanjutnya perihal memohon rezeki, dari hadis berikut dikutip dari Liputan6:

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumak-finii bi halaalika 'an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika 'amman siwaak.

Artinya: "Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu." (HR. Tirmidzi).

4 dari 6 halaman

Dzikir Setelah Sholat Subuh

Amalan setelah sholat subuh yang dianjurkan kemudian ialah berdzikir. Dzikir merupakan kegiatan yang baik dan banyak manfaatnya. Selain memberikan pahala berlimpah, juga dipercaya membawa cahaya serta ketenangan, baik di dunia dan bekal di akhirat kelak. Berikut ini dzikir sebagai amalan setelah sholat subuh, riwayat hadis pada Shahih Muslim menyebut lafal tasbih berikut:

سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ

Subhānallāhi wa bi hamdih.

Artinya: "Maha Suci Allah dengan segala puji bagi-Nya."

سُبْحَانَ اللهِ العَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ

Subhānallāhil 'azhīmi wa bi hamdih.

Artinya: "Maha Suci Allah yang maha agung dengan segala puji bagi-Nya."

Lafal tasbih di atas dapat dibaca sebanyak 100 kali. Meski sebenarnya masih ada banyak lagi dzikir yang dapat dilantunkan. Baik ditunaikan walau hanya satu jenis.

Dzikir selanjutnya yang bisa mengiringi doa setelah sholat subuh, yakni:

- Astaghfirullah (3x)

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah."

- Allahumma Antassalaam wa minkassalaam. Tabaa rokta yaa dzaljalaali wal ikroom.

Artinya: "Ya Allah, Engkau Maha Sejahtera, dan dari-Mu kesejahteraan, Maha Suci Engkau wahai Rabb pemilik keagungan dan kemuliaan." (HR Muslim, Ahmad, Abu Dawud, dan Ibnu Majah)

- Laa ilaaha illallahu wahdahuu laa syariikalahu. Lahul mulku walahul hamdu, yuhyii wayumiitu. Wahuwa 'alaa kulli syai inqodiir. (10x)

Artinya: "Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar melainkan hanya Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan dan bagi-Nya pula segala pujian. Dialah yang menghidupkan (orang yang sudah mati atau memberi ruh janin yang akan dilahirkan) dan yang mematikan. Dialah Yang Maha kuasa atas segala sesuatu”. (HR Ahmad, At Tirmidzi).

Artinya: "Ya Allah, tolong aku agar selalu berdzikir kepada-Mu, bersyukur kepada-Mu, serta beribadah dengan baik kepada-Mu." (HR Abu Dawud, Ahmad)

- Subhanallah (33x)

- Alhamdulillah (33x)

- Allaahu akbar (33x)

5 dari 6 halaman

Ayat Al-Qur’an yang Dibaca Setelah Sholat Subuh

Imam Nawawi menyebutkan sejumlah ayat Al-Qur'an yang menjadi dasar anjuran doa dan dzikir di kala Subuh. Banyak yang menunjukkan anjuran agar manusia berdzikir memuji Allah saat subuh maupun senja.

- Surah Thaha ayat 130

- Surah Ghafir ayat 55

- Surah An-Nisa ayat 148

- Surah Al-An'am ayat 52

- Surah An-Nur ayat 36

- Surah As-Shad ayat 18

Sebagai tambahan, dapat membaca surah dan ayat berikut:

- Surah Al-Baqarah ayat 255, 256, dan 257

- Surah Al-Baqarah ayat 284 - 286

- Surah Al-Ikhlas

- Surah Al-Falaq

- Surah An-Naas

6 dari 6 halaman

Sayyidul Istighfar dalam Doa Setelah Sholat Subuh

Melansir dari NU online yang mengutip dari Imam Nawawi dalam Kitab Al-Azkar, ada lafal doa dan dzikir yang baik dibaca di waktu subuh berasal dari Rasulullah SAW.

Bagi yang mengamalkannya disebut orang yang beruntung, bisa mendapatkan nikmat dan anugerah Allah SWT.

Imam An-Nawawi menyebut Sayyidul Istighfar sebagai lafal yang baik dan utama dibaca setelah sholat subuh:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ. أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ. أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ. وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ. فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ 

Allâhumma anta rabbî, lâ ilâha illâ anta khalaqtanî. Wa anâ 'abduka, wa anâ 'alâ 'ahdika wa wa'dika mastatha'tu. A'ûdzu bika min syarri mâ shana'tu. Abû'u laka bini'matika 'alayya. Wa abû'u bidzanbî. Faghfirlî. Fa innahû lâ yaghfirudz dzunûba illâ anta.

Artinya: "Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.