Sukses

4 Syarat Kerja Agar Bernilai Ibadah, Insya Allah Rezeki Dijamin Berkah

Bekerja dalam Islam merupakan usaha yang dilakukan dengan serius dengan cara mengerahkan semua tenaga dan pikiran. Tujuan bekerja dalam Islam tidak hanya semata-mata untuk mendapatkan uang, tetapi menjadi salah satu bentuk atau cara menjalankan perintah Allah SWT

Liputan6.com, Jakarta - Allah SWT memerintahkan umat-Nya untuk senantiasa melakukan amal ibadah sebagai bekal kehidupan di akhirat kelak. Di satu sisi, manusia juga dituntut bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam kehidupannya di dunia.

Bekerja merupakan salah satu amal saleh yang menjadi kewajiban setiap umat Islam. Tentunya, Islam menganjurkan dan mewajibkan manusia untuk bekerja dan mencari rezeki yang halal dan baik.

Bekerja dalam Islam merupakan usaha yang dilakukan dengan serius dengan cara mengerahkan semua tenaga dan pikiran. Tujuan bekerja dalam Islam tidak hanya semata-mata untuk mendapatkan uang, tetapi menjadi salah satu bentuk atau cara menjalankan perintah Allah SWT. 

Mengutip dari laman NU online sejatinya ibadah bukan terpaku pada amaliah seperti sholat, puasa, zakat, haji dan lain-lainnya. Akan tetapi, aktivitas bekerja juga bisa dinilai sebagai ibadah dan menjadi ladang pahala apabila memenuhi empat syarat berikut. 

 

Saksikan Video Piliha Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4 Syarat Agar Aktivitas Kerja Dinilai Ibadah

1. Niatkan untuk ibadah

Seseorang yang meniatkan segala aktivitasnya untuk ibadah termasuk saat dalam bekerja, maka hasilnya akan menjadi berkah, sehingga bukan hanya akan mendapatkan uang, tapi orang tersebut juga akan mendapatkan keridhaan dan pahala dari Allah SWT. 

2. Gunakan cara yang baik

Setelah memantapkan niat bekerja untuk ibadah, selanjutnya adalah cara bagaimana melakukan pekerjaan tersebut. Gunakanlah cara yang baik agar niat melakukan aktivitas pekerjaan sebagai ibadah tidak ternodai karena melakukan pekerjaan dengan cara-cara yang tidak baik. 

3. Jangan tinggalkan ibadah wajib

Dalam melakukan aktivitas pekerjaan seseorang juga dituntut untuk menunaikan kewajiban melaksanakan ibadah yang wajib seperti sholat. Sehingga jika waktu sholat datang berhentilah sejenak untuk menunaikan kewajiban, melaksanakan sholat lima waktu.

Inilah kemudian yang menjadi kunci agar aktivitas pekerjaan bisa dinilai sebagai ibadah dan ladang amal pahala karena sesungguhnya Allah yang Maha Pemberi Rezeki.

4. Mencari rezeki untuk bekal ibadah

Menunaikan ibadah merupakan tujuan daripada diciptakannya manusia di muka bumi ini. Maka segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan dunia adalah bertujuan untuk melaksanakan ibadah, termasuk bekerja yang dimaksudkan agar dapat membekali diri untuk beribadah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.