Sukses

3 Resep Praktis Manisan Kolang Kaling untuk Lebaran

Lebaran sudah di depan mata, berbagai persiapan dengan makanan khas lebaran. Jangan lupa sertakan juga manisan kolang kaling untuk jamuan handai tolan yang berkunjung ke rumah, berikut resep praktisnya.

Liputan6.com, Jakarta - Lebaran sudah di depan mata, berbagai persiapan dengan makanan khas lebaran. Jangan lupa sertakan juga manisan kolang kaling untuk jamuan handai tolan yang berkunjung ke rumah, berikut resep praktisnya.

Mengutip dari kanal Hot Liputan6.co, 22 Novemebr 2022, kolang kaling sendiri memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, lantaran memiliki kadar air yang tinggi bahkan mencapai 93 persen. Bukan hanya itu saja, kolang-kaling juga memiliki sejumlah kandungan baik seperti protein, karbohidrat potassium, besi, kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin C hingga gelatin.

Kolang-kaling juga memiliki tekstur yang unik, dan kerap dijadikan sebagai pelengkap es buah. Buah ini akan mudah Anda jumpai di pasar tradisional ketika bulan Ramadhan, di mana kolang-kaling diolah menjadi kolak, es campur, dan berbagai menu minuman lainnya. Manfaat buah kolang-kaling akan membantu melancarkan sistem pencernaan, juga mengatasi dehidrasi. 

Jadi jangan ragu untuk membuat manisan kolang kaling, berikut resep yang pertama dari akun @iraninara yang dibagikan di Cookpad.

Manisan Kolang Kaling Jeruk 

Bahan-bahan:

500 gr kolang kaling

500 ml air, untuk rebusan pertama

1 sachet Nutrisari Jeruk

40 gr gula pasir

400 ml air, untuk rebusan ke-dua

Langkah Pembuatan:

  1. Dalam panci, masukkan air rebusan pertama dan kolang kaling. Masak selama 5 menit, angkat dan tiriskan. Buang air rebusan pertama. Cuci kolang kaling dengan air dan tiriskan kembali.
  2. Dalam panci, masukkan nutrisari jeruk, gula, air rebusan ke-dua dan kolang kaling. Masak hingga kolang kaling matang dan air menyusut. Kolang kaling jeruk telah jadi lalu sajikan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manisan Kolang Kaling Fanta

Manisan Kolang Kaling Fanta dari akun Bunda Pasha Lenko yang diunggah di Cookpad.

Bahan-bahan:

1 kg kolang-kaling

1 botol kecil Fanta

200 gr gula pasir

2 lembar daun pandan

5 lembar daun jeruk, sobek-sobek

500 ml air mineral

sesuai selera Pewarna merah

Langkah Pembuatan:

  1. Cuci bersih kolang-kaling, tiriskan. Didihkan air. Rebus kolang-kaling ± 10 menit. Angkat. Tiriskan. Buang air rebusannya. Ini tujuannya untuk menghilangkan kotoran dan lendir pada kolang-kaling.
  2. Tiriskan kembali, Didihkan 500 ml air mineral, daun pandan, daun jeruk, dan gula pasir. Masukan kolang-kaling. Beri pewarna merah. Rebus hingga airnya tinggal sedikit.
  3. Masukan Fanta, masak sebentar. Angkat dan dinginkan di suhu ruang. Baru masukan ke kulkas. Tunggu hingga besoknya, saat fanta sudah meresap sehingga rasanya sudah seger banget. Manisan kolang-kaling siap di santap.
3 dari 3 halaman

Manisan Kolang Kaling Pandan

Manisan Kolang Kaling Pandan dari akun @endahendess

Bahan-bahan:

1 kg kolang kaling

Air cucian beras secukupnya untuk merendam kolang-kaling

1 sdm air kapur sirih (bisa skip)

200 gr gula pasir (selera)

500 ml air

2 lembar daun pandan

Sejumput garam

1 sdt pewarna hijau pandan

Langkah Pembuatan:

  1. Cuci bersih kolang kaling dari kotoran dan lendir, lalu rendam dengan air cucian beras sekitar 2-3 jam. (Tips : jika ingin hasil dengan tekstur yg keras dan kenyal bisa ditambahkan air kapur sirih dalam rendaman, jika tidak suka bisa skip). Setelah direndam cuci bersih kembali dan tiriskan.
  2. Masak air bersama gula, garam, daun pandan dan pewarna hijau hingga mendidih.
  3. Masukkan kolang kaling kedalam air rebusan tadi, aduk rata dan biarkan mendidih dan meresap manis dan warnanya hingga agak menyusut air rebusannya.
  4. Jika warna dan rasa manis sudah meresap, matikan api dan biarkan dingin, lalu pindahkan ke wadah masukkan kedalam lemari es dan siap disajikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini