Sukses

6 Manfaat Memelihara Kucing dalam Islam, Ganjaran Pahala hingga Rahmat di Hari Akhir

Beberapa keutamaan yang didapatkan ketika merawat kucing, hewan kesayangan Nabi SAW.

Liputan6.com, Jakarta - Umat muslim diperintahkan untuk senantiasa menyayangi dan mencintai makhluk ciptaan Allah SWT, bukan hanya manusia melainkan juga terhadap hewan, termasuk kucing. Sebagaimana yang tertulis dalam hadis berikut:

“Barangsiapa menyayangi meskipun terhadap hewan sembelihan, niscaya Allah akan merahmatinya pada hari kiamat.” (HR. Bukhari).

Di antara banyak hewan di dunia, Rasulullah SAW sangat menyukai kucing. Suatu hari, kucing-kucing itu tidur dalam jubah yang akan dipakai Nabi untuk sholat. Tapi dia memilih memakai jubah lain agar kucingnya tidak dibangunkan. 

Kucing adalah hewan yang sangat bersih dan murni. Menurut riwayat-riwayat shahih, seseorang boleh berwudhu untuk shalat dengan air yang sama dengan air yang diminum kucing. Dengan syarat tidak ada kotoran yang terlihat pada mulut kucing.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Memelihara Kucing Menurut Islam

1. Mendapatkan pahala dari Allah SWT

Kucing adalah salah satu hewan yang disayangi Rasulullah, sehingga Allah SWT pun menyayanginya. Barangsiapa memberi makan kucing dan merawatnya dengan baik, dia melakukan perbuatan baik dan dengan demikian dia akan diberi pahala oleh Allah SWT.

2. Menumbuhkan rasa empati

Memiliki hewan peliharaan seperti kucing dapat menumbuhkan rasa empati yang tinggi. Ketika memiliki hewan peliharaan, seseorang akan mencoba untuk mengerti apa yang dirasakan hewan tersebut. Maka, ketika seseorang telah berempati terhadap hewan, tentu akan memiliki rasa empati kepada sesama.

3. Diampuni dosanya

Hal ini diceritakan dalam sebuah riwayat hadis:

“Seorang wanita pelacur melihat seekor anjing di atas sumur dan hampir mati karena kehausan. Lalu wanita itu melepas sepatunya, diikatnya dengan kerudungnya dan mengambil air dari sumur (lalu diminumkan ke anjing itu). Dengan perbuatannya itu maka dosanya diampuni.” (HR. Bukhari)

Dalam hadis tersebut dijelaskan bahwa seseorang yang memelihara hewan dengan sepenuh hati, Allah SWT akan mengampuni dosanya karena telah merawat dan mencintai hewan-hewan tersebut.

3 dari 3 halaman

Manfaat lainnya

4. Merupakan sedekah

Umat muslim sangat dianjurkan untuk memelihara, memberi makan dan juga minum pada hewan seperti kucing khususnya saat hewan tersebut sedang lapar dan haus dan menjadikan dosa apabila ditelantarkan begitu saja.

Jika kita memelihara kucing, maka sudah dijadikan sedekah bagi orang tersebut.

“Pada setiap sedekah terhadap mahluk yang memiliki hati (jantung) yang basah (hidup) akan mendapatkan pahala Seorang muslim yang menanam tanaman atau tumbuh-tumbuhan yang kemudian dimakan oleh burung-burung, Manusia, atau binatang, maka baginya sebagai sedekah” (Bukhari, Muslim).

5. Disayangi penghuni langit

Di dalam sebuah hadis yang sudah diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Orang yang penyayang maka juga akan disayangi oleh Allah. Sayangilah makhluk Allah yang ada di muka bumi, maka niscaya juga akan disayangi penghuni langit."

Untuk itu dianjurkan untuk menyayangi dan mengasihi hewan peliharaan dan dilarang untuk menyakiti ataupun menyiksanya.

6. Memberi kebaikan hingga hari kiamat

Seseorang yang memelihara kucing ataupun hewan lainnya, sebagaimana disyariatkan Allah dengan penuh iman dan meyakini akan kebaikan yang diberikan oleh Allah SWT. Maka kebaikan yang sudah diberikan kepada kucing itu seperti memberinya makan juga membersihkan kotorannya, semoga kelak akan dihitung sebagai amal kebaikan di hari kiamat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.