Sukses

Sidang Isbat Penentuan Idul Adha 1440 H Digelar Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta - Hari raya idhul adha akan diperkirakan jatuh pada 11 Agustus 2019. Namun, untuk memastikannya, Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat penetapan awal bulan Zulhijah 1440 Hijriah pada hari ini, Kamis (1/8/2019) yang bertepatan dengan 29 Zulqa'dah 1440 Hijriah.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Kemenag, sidang isbat dijadwalkan akan dipimpin Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin karena Menteri Agama, Lukman Hakim Saiffuddin sedang menjalankan tugas sebagai Amirul Hajj di Arab Saudi.

Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah, Amin mengatakan Sidang akan dilaksanakan di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama RI Jalan MH Thamrin Nomor 6, Jakarta.

Melalui mekanisme sidang isbat tersebut diharapkan Kemenag dapat menetapkan waktu Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1440 Hijriah.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Wujud Kebersamaan

Beberapa lembaga dan tokoh bersangkutan juga akan hadir pada sidang isbat yang telah dijadwalkan hari ini seperti MUI, Komisi VIII DPR, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

"Sidang isbat wujud kebersamaan Kemenag dengan Ormas Islam dan instansi terkait dalam menetapkan awal bulan qamariyah, terutama Ramadan, Syawal, dan Zulhijah," ungkap Amin.

 

 (Nabila Bilqis)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS