Sukses

160 Kata-Kata Pendidikan yang Inspiratif, Bangkitkan Semangat Belajar

Kata-kata pendidikan memiliki kekuatan untuk mengubah pandangan seseorang terhadap belajar dan menciptakan semangat yang kuat dalam diri mereka.

Liputan6.com, Jakarta Kata-kata pendidikan menjadi ungkapan yang berkaitan dengan proses pembelajaran, pengetahuan, dan pengembangan diri. Kata-kata pendidikan tersebut dapat berupa motivasi, inspirasi, nasihat, atau pengajaran yang dapat mempengaruhi pikiran dan sikap seseorang terhadap belajar.

Kata-kata pendidikan memiliki kekuatan untuk mengubah pandangan seseorang terhadap belajar dan menciptakan semangat yang kuat dalam diri mereka. Dengan kata-kata yang menyemangati, individu akan merasa termotivasi untuk terus belajar meskipun menghadapi hambatan atau kesulitan. Kata-kata pendidikan juga dapat memberikan inspirasi dan panduan bagi individu dalam menentukan tujuan mereka dalam proses belajar.

Selain itu, kata-kata pendidikan juga bisa membangkitkan keinginan untuk belajar lebih, menggali pengetahuan baru, dan mengembangkan keterampilan. Sehingga, dengan membaca kata-kata pendidikan sudah memberikan semangat belajar, termotivasi, fokus, dan bersemangat dalam belajar untuk mencapai cita-cita. 

Berikut Liputan6.com ulas mengenai kata-kata pendidikan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (12/12/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Pendidikan dari Tokoh Dunia

  1. "Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang bisa Anda gunakan untuk mengubah dunia." - Nelson Mandela
  2. "Jangan pernah menyerah dalam belajar, karena pohon besar pun bermula dari biji kecil." - Anonymous
  3. "Pendidikan bukanlah persiapan untuk hidup, melainkan hidup itu sendiri." - John Dewey
  4. "Seseorang yang belajar selalu muda, sementara seseorang yang berhenti belajar sudah tua, meskipun usianya masih muda." - Henry Ford
  5. "Kesuksesan dalam pendidikan bukanlah tentang seberapa pintar Anda, melainkan seberapa keras Anda bekerja untuk meraihnya." - Unknown
  6. "Pendidikan adalah kuncinya untuk membuka pintu emas kebebasan." - George Washington Carver
  7. "Satu-satunya tempat di mana kesuksesan datang sebelum kerja adalah dalam kamus." - Vidal Sassoon
  8. "Jangan biarkan kemampuan yang Anda tidak miliki menghalangi kesuksesan Anda dengan kemampuan yang Anda miliki." - John Wooden
  9. "Pendidikan adalah investasi terbaik yang bisa Anda buat untuk masa depan Anda." - Franklin D. Roosevelt
  10. "Pendidikan bukan hanya mengisi takakura, melainkan menyalakan api." - William Butler Yeats
  11. "Sekarang bukan saatnya untuk menyerah, karena manusia yang paling mulia adalah yang mampu mempertahankan mimpi mereka." - Einsten
  12. "Jangan takut untuk belajar hal-hal baru, karena dunia selalu memberikan kesempatan yang sama untuk semua orang." - Jack Ma
  13. "Tantangan terbesar dalam hidup adalah menemukan siapa kita sebenarnya. Kuncinya adalah dengan belajar." - Anonymous
  14. "Berpikirlah seperti pelajar, tapi saudarailah seperti guru." - Unknown
  15. "Pendidikan adalah senjata yang paling kuat yang bisa digunakan untuk merubah dunia." - Nelson Mandela
  16. "Mimpi Anda adalah bendera pembangkit semangat, jangan pernah biarkan asa Anda meredup." - Anonymous
  17. "Sebuah kapal besar tidak akan bergerak jika tidak dihuni oleh air, dan plant besar tidak akan berbuah jika tidak di dalam tanah. Maka carilah ilmu sebanyak mungkin." - Anonymous
  18. "Tidak ada batasan usia untuk belajar karena orang bijak selalu ingin belajar." - Franklin D. Roosevelt
  19. "Pendidikan adalah bukan menyampaikan informasi namun berkembangkannya akal." - Albert Einstein
  20. "Pintar itu tidak cukup, itu harus diimbangi dengan karakter yang baik." - Rohkrisna
  21. "Pelajaran paling penting adalah Anda tidak pernah tahu segala sesuatu." - Rubadatta
  22. "Harap akan sesuatu adalah kekuatan yang membangkitkan energi." - Anonymous
  23. "Harus bangun ketika mereka ingin tidur." - Sebagai Motivasi dan Inspirasi
  24. "Bagaimana Anda bisa menang jika Anda belum mencoba?" - Dian Sastro
  25. "Jangan sampai kita berhenti memperbaiki diri dan makin menjadi manusia yang berbeda dari kemarinnya." - Tereza
  26. "The Surest way to succeed is to just try big and learn." - Dr John
  27. "Nothing groot ever comes from being in your comfort zone."
  28. "Pendidikan adalah biaya yang mahal, tetapi biaya tidak berpendidikan lebih mahal." - Barack Obama
  29. "Pendidikan adalah sumber kekuatan." - Plato
  30. "Pendidikan adalah pohon kehidupan." - Williams Shakespeare
  31. “Agama tidak melarang sesuatu perbuatan kalau perbuatan itu tidak merusak jiwa. Agama tidak menyuruh, kalau suruhan tidak membawa selamat dan bahagia jiwa.” – Buya Hamka
  32. “Tegakkan cita-cita lebih dahulu sebelum berusaha.” – Buya Hamka
  33. “Kecantikan yang abadi terletak pada keelokan adab dan ketinggian ilmu seseorang. Bukan terletak pada wajah dan pakaiannya.” – Buya Hamka
  34. “Membaca buku-buku yang baik berarti memberi makanan rohani yang baik.” – Buya Hamka
  35. “Hanya menumpahkan air mata itulah kepandaian yang paling penghabisan bagi seorang wanita.” – Buya Hamka
  36. “Karena apabila saya bertemu dengan engkau, maka matamu yang sebagai bintang timur itu senantiasa menghilangkan susun kataku.” – Buya Hamka
  37. “Kalau hidup sekadar hidup, babi di hutan juga hidup. Kalau bekerja sekadar bekerja, kera juga bekerja.” – Buya Hamka
  38. “Sebesar-besar atau seberat-berat urusan, jangan dihadapi dengan muka berkerut, kerut muka itu dengan sendirinya menambahkan lagi kerut pekerjaan itu.” – Buya Hamka
  39. “Seseorang yang menolak memperbarui cara-cara kerjanya yang tidak lagi menghasilkan, berlaku seperti orang yang terus memeras jerami untuk mendapatkan santan.” – Buya Hamka
  40. “Iman tanpa ilmu bagaikan lentera di tangan bayi. Namun ilmu tanpa iman, bagaikan lentera di tangan pencuri.” – Buya Hamka
3 dari 5 halaman

Kata-Kata Pendidikan dalam Bahasa Inggris dan Artinya

  1. "Education is the most powerful weapon which you can use to change the world." - Nelson Mandela (Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat digunakan untuk mengubah dunia.)
  2. "The function of education is to teach one to think intensively and to think critically." - Martin Luther King Jr. (Fungsi pendidikan adalah untuk mengajarkan seseorang untuk berpikir secara intensif dan kritis.)
  3. "Education is not preparation for life; education is life itself." - John Dewey (Pendidikan bukanlah persiapan untuk kehidupan; pendidikan adalah kehidupan itu sendiri.)
  4. "The only person who is educated is the one who has learned how to learn and change." - Carl Rogers (Hanya orang yang belajar bagaimana cara belajar dan berubah yang teredukasi.)
  5. "The beautiful thing about learning is that no one can take it away from you." - B.B. King (Hal indah tentang belajar adalah bahwa tidak ada yang bisa merampasnya darimu.)
  6. "Education is the passport to the future, for tomorrow belongs to those who prepare for it today." - Malcolm X (Pendidikan adalah paspor untuk masa depan, karena besok milik mereka yang mempersiapkannya hari ini.)
  7. "Education is the key to unlock the golden door of freedom." - George Washington Carver (Pendidikan adalah kunci untuk membuka pintu emas kebebasan.)
  8. "The roots of education are bitter, but the fruit is sweet." – Aristoteles (Akar pendidikan memang pahit, tapi buahnya manis.)
  9. "An investment in knowledge pays the best interest." - Benjamin Franklin (Investasi dalam pengetahuan memberikan bunga terbaik.)
  10. "Education is not the filling of a pail, but the lighting of a fire." - William Butler Yeats (Pendidikan bukanlah pengisian ember, tapi menyalakan api.)
  11. "The aim of education is the knowledge not of facts but of values." - William Ralph Inge (Tujuan pendidikan adalah pengetahuan bukan fakta, tetapi nilai.)
  12. "Education is our passport to the future, for tomorrow belongs to the people who prepare for it today." - Malcolm X (Pendidikan adalah paspor kita untuk masa depan, karena besok milik mereka yang mempersiapkan untuknya hari ini.)
  13. "The function of education is to teach one to think intensively and to think critically. Intelligence plus character - that is the goal of true education." - Martin Luther King Jr. (Fungsi pendidikan adalah untuk mengajarkan seseorang untuk berpikir secara intensif dan kritis. Kecerdasan ditambah karakter - itu adalah tujuan dari pendidikan yang sesungguhnya.)
  14. "Education is the most powerful weapon which you can use to change the world." - Nelson Mandela (Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat digunakan untuk mengubah dunia.)
  15. "The direction in which education starts a man will determine his future in life." – Plato (Arah di mana pendidikan memulai seseorang akan menentukan masa depannya dalam hidup.)
  16. "Education is the kindling of a flame, not the filling of a vessel." – Socrates (Pendidikan adalah menyalakan api, bukan mengisi wadah.)
  17. "Education is the key to success in life, and teachers make a lasting impact in the lives of their students." - Solomon Ortiz (Pendidikan adalah kunci kesuksesan dalam hidup, dan guru memberikan dampak yang langgeng dalam kehidupan muridnya.)
  18. "Education is not the learning of facts, but the training of the mind to think." - Albert Einstein (Pendidikan bukanlah pembelajaran fakta, tapi pelatihan pikiran untuk berpikir.)
  19. "Education is not just about going to school and getting a degree. It's about widening your knowledge and absorbing the truth about life." - Shakuntala Devi (Pendidikan bukan hanya masuk sekolah dan mendapatkan gelar. Ini tentang memperluas pengetahuan dan menyerap kebenaran tentang kehidupan.)
  20. "Education is the key to unlocking the world, a passport to freedom." - Oprah Winfrey (Pendidikan adalah kunci untuk membuka dunia, paspor untuk kebebasan.)
  21. "The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you'll go." - Dr. Seuss (Semakin banyak yang kamu baca, semakin banyak yang akan kamu tahu, semakin banyak yang kamu belajar, semakin banyak tempat yang akan kamu datangi.)
  22. "Education is not the filling of a pail, but the lighting of a fire." - William Butler Yeats (Pendidikan bukanlah mengisi ember, tapi menyalakan api.)
  23. "The whole purpose of education is to turn mirrors into windows." - Sydney J. Harris (Tujuan pendidikan adalah mengubah cermin menjadi jendela.)
  24. "The highest result of education is tolerance." - Helen Keller (Hasil tertinggi dari pendidikan adalah toleransi.)
  25. "Education is the ability to listen to almost anything without losing your temper or your self-confidence." - Robert Frost (Pendidikan adalah kemampuan untuk mendengarkan hampir segala sesuatu tanpa kehilangan kesabaran atau kepercayaan dirimu.)
  26. "The only person who is educated is the one who has learned how to learn and change." - Carl Rogers (Hanya orang yang teredukasi adalah mereka yang telah belajar bagaimana cara belajar dan berubah.)
  27. "Education is the most powerful weapon which you can use to change the world." - Nelson Mandela (Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat digunakan untuk mengubah dunia.)
  28. "Intelligence plus character - that is the goal of true education." - Martin Luther King Jr. (Kecerdasan ditambah karakter - itu adalah tujuan dari pendidikan yang sesungguhnya.)
  29. "Education is the key to success in life, and teachers make a lasting impact in the lives of their students." - Solomon Ortiz (Pendidikan adalah kunci kesuksesan dalam hidup, dan guru memberikan dampak yang langgeng dalam kehidupan muridnya.)
  30. "Education is not preparation for life; education is life itself." - John Dewey (Pendidikan bukanlah persiapan untuk kehidupan; pendidikan adalah kehidupan itu sendiri.)
  31. "Getting up in the morning is a sign that you can achieve the life's goal better than yesterday." (Bangun di pagi hari adalah tanda bahwa kamu bisa mencapai tujuan hidup lebih baik dari kemarin.)
  32. "Your future is determined by what you start today." (Masa depanmu ditentukan oleh apa yang kamu mulai hari ini.)
  33. "Do not ever give up, the beginning is always the hardest." (Jangan pernah menyerah, awal selalu menjadi [bagian] yang tersulit.)
  34. "Life would not be better because a chance, life will always be better because of the courage to take action at every chance." (Hidup tidak akan menjadi lebih baik karena sebuah kesempatan, hidup akan selalu menjadi lebih baik karena keberanian untuk mengambil tindakan di setiap kesempatan.)
  35. "When you want to give up, look at back and then see how far you have climbed to reach your goals." (Ketika kamu ingin menyerah, lihatlah kebelakang dan kemudian lihatlah sudah seberapa jauh usahamu untuk meraih tujuanmu.)
  36. "If we never try, we will never know." (Jika kita tidak pernah mencoba, maka kita tidak akan pernah tahu.)
  37. "If plan A didn't work, the alphabet still has 25 more letters." (Jika rencana A tidak berhasil, abjad masih memiliki 25 huruf lainnya.)
  38. "If the plan doesn't work, change the plan but never the goal." (Jika rencana tidak berhasil, ubah rencananya, namun jangan pernah mengubah tujuannya.)
  39. "Your biggest weakness is when you give up and your greatest power is when you try one more time." (Kelemahan terbesarmu adalah ketika kamu menyerah dan kehebatan terbesarmu adalah ketika kamu mencoba sekali lagi.)
  40. "Failures are your best teacher. Learn from them." (Kegagalan adalah guru terbaikmu. Belajarlah dari mereka.)
4 dari 5 halaman

Kata-Kata Pendidikan yang Memotivasi

  1. “Pendidikan adalah kunci kesuksesan.”
  2. “Ilmu pengetahuan adalah senjata paling ampuh.”
  3. “Belajarlah setiap hari untuk menjadi lebih baik.”
  4. “Jangan pernah takut untuk berusaha.”
  5. “Pendidikan adalah investasi untuk masa depan.”
  6. “Setiap langkah belajar adalah langkah menuju keberhasilan.”
  7. “Jangan pernah menyerah pada impianmu.”
  8. “Tantanglah dirimu untuk belajar lebih dari sebelumnya.”
  9. “Pendidikan membuka pintu kesempatan.”
  10. “Perjuanganmu dalam belajar akan bernilai.”
  11. “Keberhasilan datang bagi yang tidak pernah berhenti belajar.”
  12. “Berusahalah keras, hasilnya akan sepadan.”
  13. “Jadilah seseorang yang terus belajar dari pengalaman.”
  14. “Pendidikan mengubah takdir.”
  15. “Mimpi besar membutuhkan pendidikan yang besar pula.”
  16. “Jangan biarkan kegagalan menghilangkan semangatmu.”
  17. “Pendidikan memberi kekuatan untuk mengubah dunia.”
  18. “Jangan sia-siakan kesempatan untuk belajar.”
  19. “Pendidikan adalah anugerah yang harus dihargai.”
  20. “Jadilah pribadi yang terus haus akan pengetahuan.”
  21. “Kekuatanmu ada pada ilmu yang kau miliki.”
  22. “Harapkan yang terbaik, persiapkan yang terbaik pula.”
  23. “Semangat belajarmu adalah kuncimu.”
  24. “Jadilah seseorang yang memberikan inspirasi melalui ilmu yang kau miliki.”
  25. “Pendidikan adalah investasi tanpa batas waktu.”
  26. “Jangan pernah lelah untuk belajar.”
  27. “Setiap pengetahuan yang kau dapatkan adalah modal untuk sukses.”
  28. “Hidupmu lebih berarti dengan ilmu yang kau miliki.”
  29. “Berani mengambil resiko dalam belajar adalah tanda keberanianmu.”
  30. “Jangan biarkan kesulitan menghalangi langkah belajarmu.”
  31. “Kegigihanmu dalam belajar akan menentukan masa depanmu.”
  32. “Jangan takut untuk mengejar mimpi-mimpi besar.”
  33. “Jadilah seseorang yang selalu berkontribusi melalui ilmu yang kau punya.”
  34. “Masa depanmu ada pada apa yang kau pelajari hari ini.”
  35. “Pendidikan adalah bekal yang akan menemanimu sepanjang hidup.”
  36. “Jangan pernah meremehkan kekuatan ilmu.”
  37. “Percayalah, pendidikan membuka jalan yang lebih luas.”
  38. “Hawalah hambatanmu dengan ilmu yang kau dapatkan.”
  39. “Jadilah pribadi yang inspiratif melalui pendidikan yang kau punya.”
  40. “Jadilah teladan bagi orang lain melalui ilmu yang kau miliki.”
5 dari 5 halaman

Kata-Kata Pendidikan Islami

  1. “Ilmu adalah cahaya yang diberikan oleh Allah.”
  2. “Belajarlah dengan tekun dan ikhlas karena ilmu tidak akan datang dengan sendirinya.”
  3. “Kesabaran adalah kunci keberhasilan dalam belajar.”
  4. “Taqwa merupakan landasan utama dalam menuntut ilmu.”
  5. “Jangan malu bertanya, karena bertanya adalah awal dari ilmu.”
  6. “Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang diamalkan.”
  7. “Kegigihan dalam menuntut ilmu akan mendatangkan keberkahan.”
  8. “Rendahkanlah hatimu saat belajar, karena hanya orang yang rendah hati yang akan mendapatkan ilmu yang luas.”
  9. “Berkumpullah dengan orang yang memiliki ilmu, agar ilmu mereka dapat menginspirasi kita.”
  10. “Berbagi ilmu adalah amal yang akan terus mengalir pahalanya.”
  11. “Berusahalah menjadi orang yang cerdas dan berakhlak mulia.”
  12. “Ilmu adalah senjata yang dapat mengangkat derajat seseorang.”
  13. “Tawakkal dalam belajar, karena Allah lah yang mengatur segalanya.”
  14. “Percayalah bahwa setiap orang memiliki potensi untuk meraih ilmu.”
  15. “Jangan meremehkan ilmu yang sepele, karena setiap ilmu memiliki nilai yang berharga.”
  16. “Bacalah Al-Qur’an, karena di dalamnya terdapat segala ilmu yang bermanfaat.”
  17. “Jadilah penuntut ilmu seumur hidup, karena ilmu tidak mengenal batas usia.”
  18. “Tujuan belajar bukan hanya untuk dunia, tapi juga untuk akhirat.”
  19. “Akan selalu ada ruang untuk belajar, karena ilmu adalah luas dan tak terbatas.”
  20. “Jangan takut untuk meraih ilmu, karena dibalik ketakutan itulah tersembunyi potensi yang besar.”
  21. “Rendahkanlah dirimu saat belajar, karena ketika hati merendah, ilmu akan datang dengan mudah.”
  22. “Bersyukurlah atas kesempatan belajar, karena tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama.”
  23. “Kedisiplinan dalam belajar adalah kunci keberhasilan.”
  24. “Ingatlah bahwa ilmu yang belum dipelajari lebih luas dari ilmu yang telah dipelajari.”
  25. “Berbhakti kepada guru adalah wujud syukur terhadap ilmu yang diberikan.”
  26. “Jangan hanya belajar untuk pintar, tapi juga belajar untuk bermanfaat bagi orang lain.”
  27. “Jangan terlalu bangga dengan ilmu yang dimiliki, karena ilmu yang sebenarnya adalah yang membuat hamba merendahkan diri di hadapan Allah.”
  28. “Kesabaran dan keteguhan hati akan membawa keindahan dalam menuntut ilmu.”
  29. “Cintai ilmu karena ilmu adalah harta yang tak ternilai.”
  30. “Jadilah orang yang tekun dalam menuntut ilmu, karena kesabaran akan menghasilkan buah yang manis.”
  31. “Minta perlindungan Allah sebelum memulai belajar, karena dengan izin-Nya ilmu akan mudah dipahami.”
  32. “Tuntutlah ilmu dengan niat yang tulus, karena niat baik akan mendorong pengetahuan yang baik pula.”
  33. “Ilmu yang tidak diamalkan adalah ilmu yang sia-sia.”
  34. “Jadilah orang yang rendah hati dalam menuntut ilmu, karena rendah hati akan membuka jalan menuju keberkahan ilmu.”
  35. “Tidak ada usia yang terlalu tua untuk belajar, karena setiap hari adalah kesempatan untuk menambah ilmu.”
  36. “Jangan terlalu bangga dengan ilmu yang dimiliki, karena pada akhirnya semua ilmu akan kembali kepada Allah.”
  37. “Cintailah ilmu seperti mencintai diri sendiri, karena ilmu akan menjaga dan memuliakan dirimu.”
  38. “Tanamkan sikap rendah hati dalam menuntut ilmu, karena hanya orang yang rendah hati yang akan dicurahkan ilmu yang luas.”
  39. “Jadilah penuntut ilmu yang tekun dan gigih, karena kesungguhan akan menghasilkan kebaikan yang melimpah.”
  40. “Jadilah pemimpin yang adil dan bijaksana, karena ilmu tanpa keadilan akan menjadi musibah bagi diri sendiri dan orang lain.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.