Sukses

3 Cara Membatalkan Pesanan di Lazada yang Mudah, Kenali Ketentuannya

Cara membatalkan pesanan di Lazada tidak sulit, namun kamu perlu memperhatikan beberapa persyaratannya.

Liputan6.com, Jakarta Cara membatalkan pesanan di Lazada mungkin belum dipahami oleh sebagian orang. Pasalnya tak jarang setelah melakukan konfirmasi pembelian pada sebuah barang, kamu berubah pikiran. Pilihan pembatalan pesanan tentunya menjadi pilihan.

Hal ini menjadi salah satu keuntungan saat membeli barang secara online. Kebijakan pembatalan ini juga disediakan oleh Lazada. Ada beberapa ketentuan yang perlu dipenuhi agar kamu bisa membatalkan sebuah pesanan.

Cara membatalkan pesanan di Lazada tidak sulit, namun kamu perlu memperhatikan beberapa persyaratannya. Hal ini sudah tertulis dalam kebijakan pembatalan pesanan di pusat bantuan Lazada.

Berikut Liputan6.com rangkum dari laman resmi Lazada, Minggu (8/10/2023) tentang cara membatalkan pesanan di Lazada.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membatalkan Pesanan di Lazada

Cara membatalkan pesanan di Lazada perlu kamu pahami syarat-syaratnya. Dalam hal ini, cara membatalkan pesanan di Lazada bisa dilakukan dengan mudah, yaitu dengan menakan tombol “Batal” apabila pilihan tersebut masih tersedia.

Selain itu, cara membatalkan pesanan di Lazada juga dapat dilakukan dalam kurun waktu kurang dari 1 jam terhitung sejak pesanan tersebut dibayarkan (non-COD), atau kurang dari 1 jam sejak pesanan COD dibuat.

Sementara itu, cara membatalkan pesanan di Lazada yang diajukan pada saat status pesanan “Dikemas” dan sudah melewati 1 jam, akan membutuhkan persetujuan penjual.

Cara membatalkan pesanan di Lazada tidak dapat dilakukan apabila produk yang kamu pesan merupakan koleksi LazGlobal atau Produk Digital, pesanan sudah diproses oleh gudang, atau pesanan sudah dalam proses pengiriman.

Langkah-Langkah Membatalkan Pesanan di Lazada

Cara membatalkan pesanan di Lazada bisa dilakukan pada aplikasi bila pesanan belum masuk pengiriman. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Klik Akun.
  2. Pilih Pesanan Saya, kemudian pilih pesanan yang ingin dibatalkan.
  3. Kemudian klik Batal pada item yang ingin dibatalkan.
3 dari 4 halaman

Ketentuan Pembatalan Pesanan di Lazada

Setelah mengetahui cara membatalkan pesanan di Lazada, kamu juga perlu memahami ketentuannya. Ada beberapa ketentuan yang harus kamu perhatikan, antara lain:

  1. Kamu tidak dapat membatalkan sebagian dari pesanan jika pesanan kamu memiliki lebih dari satu produk dan menggunakan voucher gratis ongkir. Pembatalan hanya dapat dilakukan untuk semua produk dalam pesanan tersebut
  2. Pembatalan sebagian juga tidak dapat dilakukan jika pesanan kamu terdiri dari beberapa produk dan dibuat di Toko Retail seperti LazMall Daily, LazMall Flagship, Lazada Retail store, dan lain-lain. Kamu juga harus membatalkan semua produk dalam pesanan tersebut.
  3. Voucher, diskon atau promosi lainnya yang digunakan pada pesanan yang dibatalkan tidak dapat diaktifkan atau digunakan kembali. Untuk pesanan yang dibatalkan menggunakan Store Credit, silakan hubungi layanan konsumen Lazada.
  4. Pesanan yang telah kamu batalkan, tidak dapat diproses kembali.
  5. Harga produk yang berlaku adalah harga yang tertera pada saat kamu melakukan pemesanan dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.
4 dari 4 halaman

Informasi Lainnya Tentang Pembatalan Pesanan

1. Tidak ada biaya pada saat kamu membatalkan pesanan

Kamu tidak dikenakan biaya apapun untuk pembatalan pesanan. Sementara itu, khusus untuk produk Pre-Order, apabila sebelumnya kamu telah membayarkan deposit sebagai uang muka dan tidak melakukan pelunasan hingga waktu yang ditentukan maka pesanan akan dibatalkan secara otomatis oleh sistem dan uang deposit akan hangus.

Namun, apabila kamu sudah melakukan pelunasan tetapi Produk Pre-Order dibatalkan oleh Lazada atau Seller, maka pengembalian dana beserta deposit yang sudah dibayarkan akan dikembalikan semua.

2. Cara membatalkan pesanan di Lazada COD

Kamu dapat melakukan pembatalan dengan metode pembayaran COD melalui aplikasi apabila pesanan belum diproses oleh gudang atau masuk proses pengiriman.  Cara membatalkan pesanan di Lazada ini tentunya bisa dilakukan sesuai ketentuan.

Apabila sudah diserahterimakan dan sedang dalam proses pengiriman kurir, maka kamu dapat menerima dan melakukan pembayaran terlebih dahulu. Setelah itu, kamu dapat melakukan pengembalian barang melalui Aplikasi Lazada.

3. Pesanan yang telah masuk proses pengiriman tidak dapat dibatalkan

Perlu diketahui bahwa pesanan yang telah masuk proses pengiriman tidak dapat dibatalkan dengan alasan apapun. Jika kamu tetap ingin melakukan pembatalan, mohon untuk menerima paket terlebih dahulu dan ajukan pengembalian barang melalui aplikasi Lazada.

Sebelum melakukan pengembalian barang, kamu bisa lihat kembali syarat dan ketentuan pengembalian barang di Lazada, bahwa paket harus dalam kondisi utuh (belum pernah dibuka sama sekali). Pengembalian dana akan diproses jika produk sudah diterima serta lolos pengecekan oleh tim gudang Lazada atau penjual.

4. Waktu pengajuan pembatalan direspon penjual

Penjual harus memberikan respon dalam waktu 1x24 jam setelah permohonan pembatalan diterima oleh sistem. Penjual dapat menerima dan menolak permohonan sesuai dengan alasan yang kamu pilih.

Apabila penjual tidak merespon dalam 1x24 jam, maka pesanan kamu akan otomatis dibatalkan oleh sistem dan untuk proses pengembalian dana akan terproses sesuai dengan metode pembayaran yang kamu pilih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.