Sukses

Doa Masuk Rumah Anak TK dan Adabnya, Ajarkan Sunnah Sejak Dini

Mengajarkan doa masuk rumah anak TK sama dengan mengajarinya belajar bertawakal hanya kepada Allah SWT.

Liputan6.com, Jakarta - Mengenalkan doa masuk rumah untuk TK, penting bagi mereka agar bisa dihafalkan dan diamalkan. Ketika berhasil menghafal dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, anak-anak TK belajar untuk bergantung dan meminta pertolongan kepada Allah dalam setiap langkah yang mereka ambil.

Selain menghafal doa masuk rumah, penting bagi anak-anak TK untuk memahami dan mengamalkan adab-adab yang sesuai juga. Salah satu adab masuk rumah yang perlu diikuti adalah mengetuk pintu dengan lembut dan sopan, memberi tanda kepada penghuni rumah bahwa ada tamu yang datang, serta mengucapkan salam sebagaimana sunnah Rasulullah SAW.

Maka dengan mengajarkan adab masuk rumah, anak-anak TK akan terbiasa untuk menghormati dan menjaga etika saat memasuki rumah sendiri maupun rumah orang lain. Pada intinya, mengajarkan doa masuk rumah anak TK sama dengan mengajarinya belajar untuk bertawakal hanya kepada Allah SWT.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang doa masuk rumah anak TK dan adabnya, Selasa (6/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doanya

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلِجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ باسْمِ اللَّهِ وَلجْنا، وباسْمِ اللَّهِ خَرَجْنا، وَعَلى اللَّهِ رَبِّنا تَوَكَّلْنا

Allahumma inni as'aluka khayr al-mauliji wa khayr al-makhraji bi ismillhi walajnaa wa bismillahi kharajna wa 'ala Allahi Rabbanaa tawakkalnaa

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan tempat masuk dan kebaikan tempat keluar. Dengan menyebut asma Allah kami masuk, dan dengan menyebut asma Allah pula kami keluar, dan hanya kepada Rabb kami bertawakal." (HR. Abu Dawud)

 

Doa masuk rumah untuk anak TK pertama, "Allahumma inni as'aluka khayr al-mauliji wa khayr al-makhraji bi ismillhi walajnaa wa bismillahi kharajna wa 'ala Allahi Rabbanaa tawakkalnaa," sangat penting untuk dihafal dan dipahami oleh anak-anak TK. Doa ini mengajarkan mereka untuk memohon kepada Allah agar diberikan kebaikan saat masuk rumah. Ini cara belajar untuk bertawakal hanya kepada Allah.

Rasulullah SAW bersabda, ketika anak-anak memasuki rumah, selain membaca doa masuk rumah juga baiknya diajarkan untuk mengucapkan salam. Hal ini merupakan sunnah yang dianjurkan dan memberikan berkah kepada mereka dan anggota keluarga di rumah. Jika demikian, anak-anak belajar untuk memberikan keberkahan kepada diri sendiri dan keluarga serta memahami pentingnya sikap saling menyapa dengan penuh kebaikan.

Dalam buku berjudul Induk Doa dan Zikir oleh Kasimun, Muslim yang akan memasuki rumah alangkah baiknya membaca doa masuk rumah, dzikir, serta salam. Rasulullah pernah bersabda: "Hai anakku, apabila kamu memasuki (rumah) keluargamu, maka ucapkanlah salam, niscaya salam itu menjadi berkah atas dirimu dan atas anggota keluarga rumah tanggamu." (HR. Tirmidzi)

 

السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ

Assalamu 'alaina wa 'ala 'ibadillahis shalihin.

Artinya: "Semoga Allah melimpahkan sejahtera-Nya atas kami dan atas hamba-hamba-Nya yang saleh."

 

Doa masuk rumah anak TK yang wajib dihafalkan kedua, "Assalamu 'alaina wa 'ala 'ibadillahis shalihin," sebagaimana dijelaskan dalam kitab berjudul Al-Adzkar oleh Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi. Doa ini berarti memohon agar Allah melimpahkan sejahtera-Nya kepada mereka dan kepada hamba-hamba-Nya yang saleh. Banyak sumber menyebut, ini doa masuk rumah kosong yang maknanya mengharapkan keberkahan dan kebaikan dalam rumah yang mereka masuki.

“Apabila kamu memasuki rumah-rumah itu, hendaklah kamu memberi salam (kepada penghuninya, yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri dengan salam yang penuh berkah dan baik dari sisi Allah.” (Al-Qur'an surat an-Nur ayat 61)

Menurut buku berjudul Doa Ajaran Ilahi oleh Anis Masykhur dan Jejen Musfah, doa adalah cara untuk berkomunikasi dengan Allah dan mengajukan permohonan kepada-Nya. Anak-anak TK perlu memahami doa merupakan ibadah yang melibatkan penyerahan segala hal kepada Allah untuk mencari solusi atas masalah.

3 dari 3 halaman

Adabnya

Anak TK wajib tahu adab masuk rumah, selain membaca doa masuk rumah anak TK. Adab yang perlu diamalkan ketika memasuki rumah sendiri atau orang lain, dijelaskan dalam buku berjudul Buku Pintar 50 Adab Islam oleh Afriani.

  1. Pertama, penting untuk mengetuk pintu dengan lembut terlebih dahulu, sehingga penghuni rumah tidak merasa terganggu atau takut. Jika ada bel, disarankan untuk menekan bel dengan wajar tanpa berlebihan. Hal ini dilakukan untuk menghindari membuat penghuni rumah menjadi khawatir atau terganggu oleh suara yang keras.
  2. Selanjutnya, saat memasuki rumah, disunnahkan untuk mendahulukan kaki kanan, mengikuti contoh yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Namun, terdapat pengecualian jika seseorang masuk dalam keadaan yang buruk atau ada alasan khusus yang mengharuskannya menggunakan kaki kiri terlebih dahulu.
  3. Selain itu, saat memasuki rumah, disarankan untuk berdzikir untuk menjaga rumah dan penghuninya dari gangguan setan. Rasulullah SAW bersabda, "Jika seseorang masuk ke dalam rumahnya dan ia menyebut nama Allah, maka setan berkata: tidak ada tempat bermalam bagi kalian dan tidak ada makanan di sini. Sementara jika ia masuk tanpa mengucapkan nama Allah, maka setan berkata (kepada teman-temannya): kalian telah mendapatkan tempat bermalam..." (HR Muslim). Dengan mengucapkan nama Allah saat memasuki rumah, kita dapat melindungi diri dan penghuni rumah dari pengaruh buruk setan.
  4. Terakhir, sangat penting untuk mengucapkan salam kepada penghuni rumah. Hal ini tidak hanya untuk menyebarkan kasih sayang dan kebaikan di rumah tersebut, tetapi juga untuk memperkuat hubungan keakraban dengan penghuni rumah. Salam merupakan ungkapan saling menyapa yang dapat membawa kedamaian dan keharmonisan dalam pertemuan antar sesama Muslim.

Maka, dengan mengikuti adab-adab masuk rumah tersebut, seorang Muslim khususnya anak TK dapat memasuki rumah dengan tata krama yang baik, menghormati penghuni rumah, dan menjaga hubungan yang harmonis dengan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.