Sukses

Doa Masuk Rumah dan Artinya, Amalan Sunnah Rasulullah SAW

Membaca doa masuk rumah dan artinya, merupakan sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Liputan6.com, Jakarta - Membaca doa masuk rumah dan artinya, merupakan sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Ini termasuk membaca doa keluar rumah. Membaca keduanya, mengingatkan seorang muslim untuk selalu mengawali dan mengakhiri aktivitas dengan menyebut nama Allah serta menggantungkan harapan hanya kepada-Nya.

Melalui doa, seorang hamba menyampaikan keinginannya kepada Allah, berharap untuk mendapatkan manfaat dan berkah, serta menolak segala bentuk kerugian atau petaka yang mungkin timbul dari perbuatan yang dilakukan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang muslim untuk berdoa dengan menggunakan kata-kata yang tepat dan sesuai dengan permohonan yang diajukan. Seperti halnya membaca doa masuk rumah dan doa keluar rumah sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang doa masuk rumah dan artinya, lengkap doa keluar rumah, Rabu (24/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Doa Pertama

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلِجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ باسْمِ اللَّهِ وَلجْنا، وباسْمِ اللَّهِ خَرَجْنا، وَعَلى اللَّهِ رَبِّنا تَوَكَّلْنا

Allahumma inni as'aluka khayr al-mauliji wa khayr al-makhraji bi ismillhi walajnaa wa bismillahi kharajna wa 'ala Allahi Rabbanaa tawakkalnaa

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan tempat masuk dan kebaikan tempat keluar. Dengan menyebut asma Allah kami masuk, dan dengan menyebut asma Allah pula kami keluar, dan hanya kepada Rabb kami bertawakal.” (HR. Abu Dawud)

Bacaan doa masuk rumah dan artinya tersebut dikutip dari Induk Doa dan Zikir oleh Kasimun. Dijelaskan bahwa muslim yang akan memasuki rumah alangkah baiknya membaca doa masuk rumah dan artinya, zikir, serta salam.

Rasulullah pernah bersabda kepadaku: "Hai anakku, apabila kamu memasuki (rumah) keluargamu, maka ucapkanlah salam, niscaya salam itu menjadi berkah atas dirimu dan atas anggota keluarga rumah tanggamu." (HR. Tirmidzi)

Dalam buku berjudul Doa Ajaran Ilahi oleh Anis Masykhur dan Jejen Musfah, dijelaskan bahwa doa merupakan suatu cara untuk berkomunikasi dengan Allah SWT dan mengajukan permohonan kepada-Nya. Doa juga memiliki makna sebagai ibadah karena melibatkan penyerahan segala hal kepada Allah untuk mencari pemecahan masalah.

Melalui doa, seorang hamba menyampaikan keinginannya kepada Allah, berharap untuk mendapatkan manfaat dan berkah, serta menolak segala bentuk kerugian atau petaka yang mungkin timbul dari perbuatan yang dilakukan. Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang muslim untuk berdoa dengan menggunakan kata-kata yang tepat dan sesuai dengan permohonan yang diajukan.

3 dari 4 halaman

Doa Kedua

السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ

Assalamu 'alaina wa 'ala 'ibadillahis shalihin.

Artinya: “Semoga Allah melimpahkan sejahtera-Nya atas kami dan atas hamba-hamba-Nya yang saleh.”

Bacaan doa masuk rumah dan artinya tersebut dikutip dari dalam kitab berjudul Al-Adzkar oleh Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi.

Setiap muslim yang akan masuk rumah kosong, tidak berpenghuni atau tidak pernah ditempati sebelumnya, maka dianjurkan untuk membaca doa masuk rumah dan artinya ini.

Membaca doa masuk rumah dan artinya, merupakan sunnah yang biasa diamalkan oleh Rasulullah SAW setiap saat. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surat an-Nur ayat 61 sebagai berikut:

فَاِذَا دَخَلْتُمْ بُيُوْتًا فَسَلِّمُوْا عَلٰٓى اَنْفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِّنْ عِنْدِ اللّٰهِ مُبٰرَكَةً طَيِّبَةً

fa iżā dakhaltum buyụtan fa sallimụ 'alā anfusikum taḥiyyatam min 'indillāhi mubārakatan ṭayyibah

Artinya: “Apabila kamu memasuki rumah-rumah itu, hendaklah kamu memberi salam (kepada penghuninya, yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri dengan salam yang penuh berkah dan baik dari sisi Allah.”

4 dari 4 halaman

Doa Keluar Rumah

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Bismillahi tawakkaltu alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah

"Dengan nama Allah (aku keluar). Aku bertawakal (berserah diri) kepada Allah, tiada daya upaya melainkan dengan izin Allah." (HR. Tirmidzi)

Kasimun menjelaskan membaca doa masuk rumah dan artinya sama pentingnya dengan membaca doa keluar rumah. Membaca doa keluar rumah juga amalan sunnah Rasulullah SAW yang bisa amalkan setiap saat.

Dalam buku berjudul Syarah Riyadhus Shalihin oleh Syaikh Muhammad Al-Utsaimin, mengungkapkan Ummu Salamah menceritakan tentang kebiasaan Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam ketika meninggalkan rumah atau keluar rumah. Rasulullah selalu membaca doa keluar rumah bismillahi tawakkaltu.

Ummu Salamah berkata, “Sesungguhnya Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam jika keluar dari rumahnya, beliau selalu berdoa: Bismillahi tawakkaltu alallah. Allahuma inni a’uudzu bika an adhilla au udhalla wa azilla au uzalla au adzlima aus adzlama au ajhala au yujhala ‘alayya."

Artinya: Dengan menyebut nama Allah saya bertawakal kepada-Nya, saya berlindung diri kepada-Mu dari sesuatu yang menyesatkan dan disesatkan, dari sesuau yang menggelincirkan atau digelincirkan, dari sesuatu yang menganiaya atau teraniaya, atau dari sesuatu yang membodohkan atau diperbodohkan.” (HR. Abu Daud adan At-Tirmidzi)

Doa keluar rumah ini mengandung pengakuan manusia bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam perjalanan, baik itu hal-hal yang diinginkan maupun yang tidak diinginkan, semuanya adalah atas kehendak Allah SWT.

Dalam doa bismillahi tawakkaltu, manusia mengakui bahwa hanya Allah SWT yang memiliki kekuatan dan kemampuan untuk memudahkan atau mempersulit perjalanannya, serta mampu melindunginya dari segala bentuk bahaya yang mungkin terjadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.