Sukses

Cara Membuat Boneka dari Kain Flanel yang Mudah, Jadi Kegiatan Seru di Rumah

Cara membuat boneka dari kain flanel tidak begitu sulit.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat boneka dari kain flanel bisa menjadi kegiatan seru di rumah. Boneka merupakan mainan yang paling disukai anak khususnya anak perempuan. Boneka juga dapat mengasah imajinasi anak. Secara tidak langsung boneka dapat melatih emosi anak.

Boneka memiliki ragam bentuk dan ukuran. Bagi kamu yang ingin memberi boneka pada anak, kamu dapat membuatnya sendiri. Kain flanel merupakan bahan yang cocok untuk membuat boneka sendiri. Apalagi, kreasi yang dihasilkan kain flanel tak terbatas.

Cara membuat boneka dari kain flanel tidak begitu sulit. Kamu hanya memerlukan alat dan bahan sederhana yang mudah ditemui. Kamu bisa membuat boneka ini bersama-sama keluarga agar kegiatan di rumah semakin seru.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (14/2/2022) tentang cara membuat boneka dari kain flanel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Membuat Boneka dari Kain Flanel (Boneka Beruang)

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Cara membuat boneka dari kain flanel yang paling utama adalah menyiapkan alat dan bahan.

- Kain Flanel berbagai warna. Gunakan warna coklat muda untuk badan beruang, cokelat tua untuk mata dan hidung. Untuk baju, siapkan aneka warna kain flanel atau juga dapat menggunakan kain flanel bermotif.

- 4 buah kancing (ukuran 3/4 inci)

- Benang sulam

- Kapas,dacorn atau isian untuk beruang

- Gunting

- Jarum jahit

- Jarum pentul atau klip

- Kertas (untuk membuat pola)

2. Buat Pola

Cara membuat boneka dari kain flanel selanjutnya adalah membuat pola. Pola ini berupa badan beruang dan pakaian, kamu bisa menggunakan pola yang sudah ada seperti pada gambar di atas dengan mencetaknya. Pola ini dirancang oleh Mollie Johanson dari Hellobee.

Print pola beruang tersebut lalu potong 2 lembar kain flanel cokelat muda mengikuti pola badan beruang. Potong juga mata dan hidung dengan flanel cokelat tua. Kemudian potong kain aneka warna lainnya sesuai dengan pola pakaian beruang yang ada.

3 dari 7 halaman

Cara Membuat Boneka dari Kain Flanel (Boneka Beruang)

3. Tempel Mata, Hidung, dan Kancing

Setelah kain flanel terpotong sesuai dengan pola, cara membuat boneka dari kain flanel selanjutnya yaitu menempel mata dan hidung beruang pada selembar potongan badan beruang (nantinya akan jadi bagian depan). Kamu dapat menjahit mata beruang dengan benang sulam di bagian kepala beruang.

Jangan lupa untuk membuat mulut beruang dengan teknik Jahit sederhana menggunakan benang. Kemudian, tempel keempat kancing ke potongan beruang yang sama dengan mata dan hidung tadi. Jahit 2 kancing masing-masing di sisi atas lengan, dan 2 lagi di sisi atas kaki.

4. Jahit dan Isi Badan Boneka

Setelah sisi depan beruang siap, mulailah menjahit kedua potongan badan beruang. Gunakan jarum pentul atau jepitan untuk menahan kedua potongan beruang agar lebih mudah dijahit. Jahit 2 lembar potongan badan beruang dibagian pinggirnya. Sisakan sedikit lubang untuk tempat mengisi isian boneka.

Isi badan boneka dengan isian yang telah disiapkan tadi. Gunakan potongan-potongan kecil kapas atau dacorn untuk mengisi boneka dari kaki sampai kepala, jangan lupa untuk mengisi bagian telinga. Tidak perlu terlalu padat namun pastikan juga si beruang tidak terlalu lemah. Jahit lubang agar menutup sempurna. Dengan begitu beruang siap diberi pakaian.

4 dari 7 halaman

Cara Membuat Boneka dari Kain Flanel (Boneka Beruang)

5. Buat Pakaian Boneka

Cara membuat boneka dari kain flanel berikutnya adalah membuat pakaian beruang. Gunakan pola yang ada untuk memotong pakaian. Lipat flanel menjadi dua untuk memotong celah lubang kancing. Periksa setiap lubang kancing agar pas dengan lubang yang ada. Kamu mungkin perlu memperbesar sedikit lubang tergantung pada ukuran kancing yang Anda gunakan.

Pakaian bisa sesederhana bentuk dasar pola dengan lubang kancing. Atau kamu dapat menambahkan hiasan tambahan. Di sinilah anak juga bisa terlibat. Biarkan mereka memilih warna atau hiasan untuk ditambahkan. Anda bahkan bisa membiarkan mereka menghiasi pakaian dengan menempelkan potongan flanel atau melukis dengan cat kain.

Setelah pakaian beruang jadi, pasangkan pakaian tersebut dengan kancing yang ada. Pakaian dapat dilepas dan diganti dengan pakaian lain. Kamu dan anak juga dapat terus berkreasi dengan pakaian-pakaian yang ada. Kamu juga dapat membuat jubah di belakang dan ubah beruang menjadi pahlawan super.

5 dari 7 halaman

Cara Membuat Boneka dari Kain Flanel (Boneka Unicorn)

1. Siapkan Alat dan Bahan

Bahan-bahan ini mudah ditemukan, mungkin kamu sudah mempunyainya di rumah. Alat dan bahan tersebut antara lain adalah:

- Kain flanel aneka warna. Gunakan warna putih untuk badan unicorn dan warna pelangi untuk ekor dan surai. Untuk tanduk bisa gunakan warna kuning.

- Jarum dan benang

- Spidol hitam atau pena gel

- Stabilo pink

- Pola dan kertas

- Gunting

 

2. Membuat Pola

Cara membuat boneka dari kain flanel berikutnya adalah membuat pola. Setelah bahan dan alat siap, buatlah pola pada sebuah kertas. Cetak pola di atas dan gunting agar menjadi beberapa pola yang membentuk unicorn. Pilih potongan-potongan kain flanel, kemudian gunakan pola yang ada untuk membentuk bagian-bagian unicorn. Jiplak pola dengan spidol atau pena gel, dan guntinglah setiap potongan dengan rapi.

6 dari 7 halaman

3. Mulai Merakit

Selanjutnya rakit bagian-bagian unicorn. Kamu bisa mulai dengan bagian ekornya. Bagian putih besar adalah pangkal ekor dan 3 bagian kecil lainnya adalah 3 bagian ekor dengan warna berbeda. Tempatkan 3 bagian ekor secara terpisah di pangkal ekor. Potongan-potongan semua harus cocok pada tempatnya. Setelah itu ambil salah satu potongan tubuh yang akan menjadi sisi belakang tubuh, 5 potongan bulat yang akan menjadi rambut untuk surai dan tanduk.

Tempatkan tanduk dan potongan rambut di atas potongan tubuh seperti yang ditunjukkan pada ilustrasi, dimulai dengan tanduk di dahi, dan potongan surai sedikit tumpang tindih di belakangnya. Pastikan ada cukup banyak tumpang tindih antara potongan-potongan kecil dan potongan tubuh besar dimana kamu akan dapat menjahit atau menempelkannya nanti. Setelah itu beralih pada dengan bagian tubuh lainnya yang menjadi bagian depan tubuh unicorn, 2 bagian telinga dan bagian mulut setengah lingkaran.

Buat celah kecil di bagian bawah potongan telinga luar. Tindih sisi celah dan jahit bersama-sama. Ini akan membuat telinga sedikit melengkung.Tempatkan bagian luar telinga pada potongan tubuh seperti yang ditunjukkan pada gambar, dan tempatkan bagian dalam telinga di atasnya. Potongan bentuk setengah lingkaran harus cocok dengan area kepala atau hidung di sisi depan unicorn.

7 dari 7 halaman

Cara Membuat Boneka dari Kain Flanel (Boneka Unicorn)

Mulai Menjahit

Cara membuat boneka dari kain flanel selanjutnya yaitu mulai menjahit potongan. Kamu juga dapat menggunakan lem kain untuk menempelkan bagian-bagian yang disiapkan pada langkah sebelumnya. Jika kamu lebih suka menjahit seperti yang ditunjukkan dalam contoh, kamu dapat menggunakan tusukan sederhana di semua bagian untuk menyatukannya. Kamu juga perlu menjahit detail hidung dan mata di bagian tubuh depan gunakan teknik tusuk feston.

Untuk membuat mata unicorn kamu dapat menggambarkan mata terlebih dahulu lalu mulai membentuknya dengan jahitan sederhana. Selanjutnya, letakkan bagian depan tubuh di atas bagian belakang tubuh, pastikan semua bagian cocok dengan rapi. Mulailah menyatukan potongan-potongan dari sisi depan tubuh dengan menjahit di sepanjang sisi. Buat jahitan yang rata agar terlihat rapi. Sisakan sedikit lubang untuk tempat mengisi isian boneka.

 

Masukkan Isian

Ambil sisa dari kain flanel yang ada dan potong menjadi potongan-potongan kecil. Isi tubuh unicorn dengan sisa flanel tersebut hingga penuh dan empuk. Kamu juga bisa menggunakan kapas atau dacorn sebagai isian dari boneka ini.

Kemudian tutup dengan jahitan yang sama dan kunci jahitan. Setelah menjahit ujung yang tertutup, gunakan stabilo merah muda untuk memberikan efek perona pipi unicorn. Cara membuat boneka dari kain flanel telah selesai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.