Sukses

12 Wisata Malam Bandung, dari Keriuhan Kota sampai Kuliner

Ada banyak yang bisa dilakukan di Bandung.

Liputan6.com, Jakarta Wisata malam Bandung bisa jadi destinasi seru di Kota Kembang. Bandung merupakan tujuan wisata bagi masyarakat dari berbagai daerah. Jejak sejarah dan keindahan alam Priangan, membuat Bandung jadi sorotan pariwisata. 

Ada banyak yang bisa dilakukan di Bandung, salah satunya mengunjungi wisata malam Bandung. Di wisata malam Bandung kamu bisa menikmati suasana kota Bandung yang syahdu. Tak ketinggalan, beragam kuliner bisa dinikmati di wisata malam Bandung.

Mulai dari menikmati hiruk pikuk kota hingga mengamati gemerlap kota dari ketinggian, wisata malam Bandung tak boleh dilewatkan begitu saja. Wisata malam Bandung bisa masuk ke daftar destinasi di Bandung. Berikut 12 Wisata malam Bandung, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(16/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Wisata malam Bandung

Alun-alun Bandung

Alun-alun Bandung bisa menjadi tujuan wisata malam Bandung. Saat ini Alun-alun Bandung telah mengalami renovasi yang membuatnya lebih ramah akan pengunjung. Wisatawan dapat menikmati malam di alun-alun Bandung ditemani dengan kuliner yang dapat dibeli di sekitar alun-alun.

Jalan Braga

Jalan Braga dikenal juga sebagai Paris van Java. Di sisi kanan kiri Jalan Braga terdapat kompleks bangunan yang masih mempertahankan ciri arsitektur lama pada masa Hindia Belanda dengan kesan kemegahannya. Lokasi ini bisa dinikmati di malam hari.

3 dari 8 halaman

Wisata malam Bandung

Jalan Asia Afrika

Tak jauh dari Jalan Braga, kamu bisa menuju ke Jalan Asia Afrika yang juga masih memiliki suasana tempo dulu. Jalan Asia Afrika termasuk jalan bersejarah di mana terdapat Gedung Merdeka yang digunakan sebagai tempat Konferensi Asia–Afrika pada 18 April-24 April 1955.

Caringin Telu

Wisata malam Bandung selanjutnya adalah Caringin Telu yang berada di wilayah Cimenyan, Bandung. Caringin Tilu dalam bahasa Sunda berarti beringin tiga. Sesuai namanaya, di tempat ini terdapat tiga pohon beringin yang bediri kokoh. Konon, tiga beringin ini ditanam langsung oleh Presiden RI pertama, Soekarno. Caringin Telu menawarkan panorama malam yang indah Kota Bandung dari ketinggian. Soal akomodasi tak perlu khawatir, di sini sudah banyak tersedia penginapan dan restoran yang siap memanjakan malam Anda di Bandung.

4 dari 8 halaman

Wisata malam Bandung

Gedung Sate

Gedung Sate merupakan ikon wisata Bandung. Taman di sekeliling Gedung Sate adalah lokasi favorit untuk wisatawan berfoto dan menikmati kota Bandung. Di sini kamu bisa menyaksikan kemegahan Gedung Sate lengkap dengan hiruk pikuk kota Bandung. Di malam hari, kamu bisa menikmati suasana jantung kota Bandung dengan kuliner kaki lima di sekitarnya.

Teras Cikapundung BBWS

Teras Cikapundung BBWS merupakan taman kota yang cocok jadi wisata malam Bandung. Di sini terdapat lanskap taman yang ramai dengan perahu, air mancur, patung, dan pertunjukan menarik lainnya. Taman ini dulunya merupakan aliran sungai yang membelah kota Bandung.

5 dari 8 halaman

Wisata malam Bandung

Puncak Bintang

Puncak Bintang terletak di ketinggian 1442 meter diatas permukaan laut. Di sini kamu bisa menikmati area hutan pinus yang menjulang tinggi dan panorama pegunungan yang sejuk dan asri. Tempat ini juga sangat cocok untuk menikmati sunset di sore hari dengan panorama pegunungan dan gemerlap lampu kota Bandung yang indah.

Puncak Ciumbuleuit

Puncak Ciumbuleuit atau yang juga dikenal dengan Punclut merupakan salah satu wisata malam Bandung yang patut dikunjungi saat berada di Bandung. Tak jauh dari pusat kota, kamu dapat menyaksikan indahnya Kota Bandung dari ketinggian. Tempat ini juga gratis untuk dikunjungi dan selalu indah baik siang atau malam hari.

6 dari 8 halaman

Wisata malam Bandung

Dago Dreampark

Dago Dreampark merupakan salah satu destinasi wisata malam Bandung yang menjadi kebanggaan warga Kabupaten Bandung. Dago Dreampark berlokasi di Jalan Dago Giri Km 22, Mekarwangi, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung. Wisata malam Bandung ini buka hingga pukul 10 malam. Pastinya Dago Dreampark cocok bagi kamu yang gemar berswafoto.

Dago Tea House

Dago Tea House terletak di kawasan Dago pada ketinggian 600 meter dari permukaan laut. Wisata malam Bandung satu ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Dulunya tempat ini digunakan sebagai tempat untuk minum teh yang juga dikenal sebagai Dago Thee Huis. Kini tempat ini juga diubah menjadi Taman Budaya Provinsi Jawa Barat. Di taman budaya ini, sering digelar berbagai pentas kesenian dan budaya Sunda.

7 dari 8 halaman

Wisata malam Bandung

Hutan Menyala Tahura

Hutan menyala berada di kawasan Kompleks Tahura Djuanda, Bandung. Di wisata malam Bandung ini, pengunjung bisa menyaksikan nyala lampu LED di berbagai sudut hutan yang senyap. Terdapat pula video mapping yang membuat hutan bernuansa penuh warna di malam hari.

Ronde Alkateri

Wisata malam Bandung tak lengkap jika tak mengunjungi kuliner malamnya. Wedang Ronde Alkateri ini bisa disambangi di Jalan Alkateri Bandung saat malam hari. Lokasinya berada di dekat alun-alun Kota Bandung, cocok bagi wisatawan yang bersantai menikmati indahnya kota Bandung. Ronde ini bahkan menjadi ronde paling legendaris di Bandung dengan banyak penggemar.

8 dari 8 halaman

Wisata malam Bandung

Nasi Kalong

Sesuai namanya, rumah makan ini buka dari jam 19.00 sampai jam 03.00 dini hari. Nasi kalong merupakan nasi berwarna hitam yang terbuat dari nasi merah dan dimasak dengan campuran kluwek. Nasi kemudian ditambahkan bumbu rempah yang memperkaya cita rasa. Nasinya yang gurih dan enak ini bahkan tetap nikmat meski disantap tanpa lauk. Nasi Kalong ini bertempat di Jalan RE Martadinata (Riau) No 102 Bandung, Jawa Barat.

Perkedel Bondon

Wisata malam Bandung selanjutnya adalah Perkedel Bondon. Perkedel Bondon mejadi kuliner malam legendaris di Bandung. Konon resep perkedel ini merupakan resep turun-temurun yang sangat dirahasikan. Menurut bahasa Sunda, bondon berarti wanita malam. Perkedel ini hanya hadir pada malam hari ini diibaratkan seperti kupu-kupu malam yang hanya keluar saat matahari telah tenggelam.

Keunikan lain dari perkedel ini adalah adonan perkedel kentang masih digoreng menggunakan tungku tradisional yang memberinya cita rasa khas. Perkedel Bondon berlokasi di Jalan Kebun Jati No.42, Kebun Jeruk, Bandung. Satu perkedel sekarang dihargai seribu rupiah.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.