Sukses

Kartu Kredit adalah Alat Pembayaran, Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Hampir semua bank menawarkan layanan kartu kreditnya.

Liputan6.com, Jakarta Kartu kredit adalah salah satu alat pembayaran yang sering digunakan. Dengan kartu kredit, seseorang bisa melakukan transaksi secara cashless. Kartu kredit adalah jenis pembayaran yang efisien dan nyaman untuk bertransaksi.

Hampir semua bank menawarkan layanan kartu kreditnya. Kartu kredit memberi nasabah akses ke jalur kredit yang dikeluarkan oleh bank, sementara kartu debit memotong uang langsung dari rekening bank. Kartu kredit adalah kartu yang berbeda dengan kartu debit.

Kartu kredit adalah kartu yang dikeluarkan oleh bank dengan syarat tertentu. Saat ini, pembuatan kartu kredit adalah langkah yang sangat mudah dilakukan. Kartu kredit adalah kartu yang bisa dibuat secara online, di bank langsung, melalui surat, atau melalui telepon.

Kartu kredit adalah alat yang penting dalam kehidupan serba digital saat ini. Berikut pengertian tentang kartu kredit, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(07/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal kartu kredit

Kartu kredit adalah kartu yang dikeluarkan oleh lembaga keuangan, biasanya bank, dan memungkinkan pemegang kartu untuk meminjam dana atau melakukan aktivitas kredit dari lembaga tersebut. Pemegang kartu setuju untuk membayar uang kembali dengan bunga sesuai ketentuan yang disetujui.

Kartu kredit memberi nasabah akses ke jalur kredit yang dikeluarkan oleh bank. Kartu kredit menawarkan perlindungan konsumen yang lebih baik terhadap penipuan dibandingkan dengan kartu debit yang terhubung ke rekening bank.

Kartu kredit memberlakukan ketentuan bahwa pemegang kartu membayar kembali uang yang dipinjam, ditambah bunga yang berlaku, serta biaya tambahan yang disepakati, baik secara penuh pada tanggal penagihan atau dari waktu ke waktu.

3 dari 6 halaman

Beda kartu kredit dan kartu debit

Biasanya ada dua jenis kartu yang disediakan bank, debit dan kredit. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Kartu kredit dan kartu debit biasanya terlihat hampir identik, dengan 16 digit nomor kartu, tanggal kedaluwarsa, dan strip magnetik dan chip.

Kartu debit memungkinkanmu membelanjakan uang dengan menarik dana yang telah disimpan di bank. Kartu kredit memungkinkan nasabah untuk meminjam uang dari penerbit kartu hingga batas tertentu untuk membeli barang atau menarik uang tunai.

4 dari 6 halaman

Kelebihan kartu kredit

Cash back

Banyak bank penyedia kartu kredit memberi cash back besar bagi penggunanya. Saat ini, konsep tersebut telah tumbuh dan matang. Sekarang, beberapa kartu sekarang menawarkan 2%, 3% atau bahkan sebanyak 6% uang kembali untuk pembelian tertentu, meskipun penawaran yang menggiurkan tersebut melibatkan batas pengeluaran triwulanan atau tahunan.

Keamanan

Membayar dengan kartu kredit memudahkan untuk menghindari kerugian akibat penipuan. Ketika kartu debit digunakan oleh pencuri, uang itu langsung hilang dari rekening. Sebaliknya, ketika kartu kredit digunakan untuk penipuan, kamu tidak akan kehilangan uang. Kamu hanya perlu memberi tahu perusahaan kartu kredit tentang penipuan tersebut dan tidak membayar transaksi yang tidak dilakukan saat perusahaan kartu kredit menyelesaikan masalah tersebut.

 

5 dari 6 halaman

Kelebihan kartu kredit

Asuransi

Sebagian besar kartu kredit secara otomatis dilengkapi dengan sejumlah perlindungan konsumen yang bahkan tidak disadari oleh orang-orang.

Bangun riwayat kredit

Penggunaan kartu kredit tercermin pada laporan kredit. Itu termasuk riwayat positif, seperti pembayaran tepat waktu dan rasio pemanfaatan kredit yang rendah, serta item negatif seperti pembayaran terlambat atau tunggakan. Informasi laporan kredit kemudian digunakan untuk menghitung nilai kredit.

Garansi dan perlindungan pembelian

Beberapa kartu kredit juga dapat memberikan jaminan atau asuransi tambahan untuk barang-barang yang dibeli yang melampaui apa yang ditawarkan pengecer atau merek. Jika barang yang dibeli dengan kartu kredit menjadi rusak setelah garansi pabrik berakhir, misalnya, ada baiknya memeriksa dengan perusahaan kartu kredit untuk melihat apakah itu akan memberikan pertanggungan.

6 dari 6 halaman

Kekurangan kartu kredit

Pengeluaran bisa menyebabkan hutang

Saat melakukan pembelian dengan kartu kredit, kamu membelanjakan uang bank, bukan uang sendiri. Uang ini harus dilunasi, dengan bunga. Setidaknya kamu diharuskan untuk melakukan pembayaran minimum yang harus dibayar setiap bulannya. Mengumpulkan saldo tinggi pada beberapa kartu dapat mempersulit pembayaran bulanan dan membebani anggaran.

Dampak skor kredit

Membayar tagihan tepat waktu dan menjaga saldo pada kartu kredit tetap rendah dapat membantu skor. Namun, penyalahgunaan kartu kredit dapat merusak riwayat kredit jika terbiasa membayar terlambat, memaksimalkan satu atau lebih kartu, menutup akun lama, atau terlalu sering mengajukan kredit baru.

Bunga dan biaya

Karena kartu kredit pada dasarnya adalah pinjaman jangka pendek, harus membayar kembali apa yang kamu belanjakan dengan bunga. Tingkat bunga dan biaya yang dibebankan perusahaan kredit digunakan untuk menghitung tingkat persentase tahunan. Semakin tinggi tingkat ini kartu, semakin banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk membawa saldo dari bulan ke bulan.

Penghasilan masa depan bisa berkurang

Penghasilan di masa depan berkurang setiap kali menggunakan kartu kredit. Ini karena kamu meminjam uang yang tidak kamu miliki. Sebagian dari pendapatan di masa depan harus digunakan untuk membayar kembali saldo kartu kredit jika ingin melindungi kredit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini