Sukses

12 Ciri-Ciri Orang Hamil Muda dan Cara Menghitung Usia Kehamilan

Ciri-ciri Orang Hamil muda perlu dikenali agar kamu bisa mempersiapkan diri.

Liputan6.com, Jakarta Ciri-ciri orang hamil muda perlu dikenali agar kamu bisa mempersiapkan diri. Biasanya, kehamilan akan menimbulkan gejala yang khas, seperti mual atau telat haid. Namun, terkadang gejala kehamilan ini bisa salah dikenali sebagai gejala kelelahan atau kondisi kesehatan lainnya. 

Oleh sebab itu, banyak orang yang terkadang keliru mengenali apakah ia sedang hamil atau tidak. Ciri-ciri orang hamil bisa berlangsung tanpa diketahui, bahkan bisa terjadi sebelum telat haid. Oleh karena itu, kamu perlu memeriksakan diri ke dokter atau melakukan tes kehamilan.

Ciri-ciri orang hamil muda dapat dilihat dari perubahan fisik dan psikologis. Ibu hamil tentunya harus melakukan persiapan yang matang dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat dan menjauhi kebiasaan yang dapat berakibat buruk pada kondisi kehamilan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (19/10/2020) tentang ciri-ciri orang hamil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Orang Hamil

Kelelahan

Ciri-ciri orang hamil yang pertama adalah mengalami kelelahan. Kelelahan sering terjadi selama bulan-bulan pertama kehamilan. Ini karena perubahan hormon. Ditambah lagi kadar gula darah dan tekanan darah akan lebih rendah pada masa ini. Empat bulan pertama kehamilan dapat membuat ibu merasa lamban dan mengantuk.

Sering Buang Air Kecil

Sering harus ke kamar mandi untuk buang air kecil mungkin merupakan ciri-ciri hamil muda sebelum telat haid. Ini dimulai dua minggu setelah pembuahan. Pada masa ini ginjal mulai bersiap untuk menyaring limbah ekstra dalam darah dari bayi yang dikandung. Rahim yang mulai tumbuh juga mulai mendorong kandung kemih dan kadar progesteron meningkat.

Morning Sickness

Morning sickness merupakan ciri-ciri hamil yang cukup khas. Mual terutama mual di pagi hari biasanya dimulai antara minggu keempat dan keenam kehamilan. Mual atau morning sickness bagi banyak wanita adalah tanda-tanda hamil yang paling awal.

Morning sickness memengaruhi sekitar 80 persen dari semua wanita hamil. Morning sickness juga dapat menyerang kapan saja di siang atau malam hari. Mual dan muntah seringkali dimulai satu bulan setelah hamil.

3 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Orang Hamil

Perubahan Mood

Hormon akan mudah tiba-tiba berubah ketika hamil. Ini dapat mempermainkan emosi wanita. Wanita akan merasa luar biasa emosional. Wanita mungkin juga mengalami perubahan suasana hati. Ini sangat umum selama awal kehamilan.

Kram Perut

Kram perut adalah ciri-ciri hamil muda yang mudah dikenali. Kram perut menandakan adanya proses implantasi embrio. Kemunculannya bisa bersamaan dengan bercak darah dari vagina.

Kram perut karena hamil muda biasanya tidak sakit, hanya seperti dicubit dan cepat. Kram akan terasa sangat sakit ketika ovulasi dan bisa segera mereda. Sementara ketika implantasi hanya akan terpusat pada satu titik.

Muncul Flek

Ciri-ciri orang hamil selanjutnya adalah mengalami pendarahan implantasi. Ini merupakan flek atau pendarahan ringan yang terjadi sekitar 10 hingga 14 hari setelah pembuahan.Flek kehamilan normal dikenal sebagai leukorea, tipis, bening, atau putih susu, dan berbau ringan.

Volume keluarnya flek akan meningkat sepanjang kehamilan untuk mengurangi risiko infeksi vagina dan rahim. Selama trimester pertama, organ intim juga dapat mengeluarkan lendir yang lengket, putih, atau kuning. Ini karena peningkatan hormon dan aliran darah vagina.

4 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Orang Hamil

Sensitifitas pada Bau

Saat hamil, kamu mungkin menjadi lebih sensitif terhadap bau tertentu dan indera perasa mungkin berubah. Sensitivitas terhadap bau juga bisa dirasakan. Indra penciuman akan lebih tajam karena meningkatnya kadar estrogen. Bebauan tertentu dapat memicu mual dan muntah.

Heartburn

Hormon mengubah segalanya selama kehamilan. Ini termasuk katup antara perut dan kerongkongan. Daerah ini menjadi rileks selama kehamilan, yang dapat menyebabkan asam lambung bocor ke kerongkongan dan menyebabkan mulas.

Ciri-ciri orang hamil satu ini membuat wanita kerap mual dan mengeluarkan kembali isi perutnya. Cobalah untuk menghindari minuman bersoda, buah jeruk, dan makanan pedas.

Suhu Tubuh Meningkat

Ketika pertama kali bangun di pagi hari setelah ovulasi, suhu tubuh akan sedikit meningkat. Jika suhu tubuh yang dikenal sebagai suhu tubuh basal ini tetap meningkat selama lebih dari dua minggu, hal tersebut merupakan ciri-ciri orang hamil.

5 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Orang Hamil

Areola Lebih Gelap

Perubahan juga terlihat pada areola (area di sekitar puting susu) yang menjadi lebih gelap. Ciri-ciri orang hamil ini merupakan tanda khas dan tidak dapat dialami saat PMS. Perubahan ini dapat terjadi sedini satu atau dua minggu setelah pembuahan dan seringkali merupakan tanda pertama kehamilan.

Payudara seringkali merupakan bagian tubuh pertama yang mendapatkan pesan ketika sperma bertemu sel telur. Salah satu perubahan paling awal yang bisa diperhatikan selama kehamilan adalah payudara yang lebih sensitif.

Payudara bisa terasa nyeri saat disentuh, lebih penuh atau lebih berat dari biasanya. Perubahan ini mungkin tidak terasa jauh berbeda dari tanda PMS. Pada PMS perubahan hanya bertahan setelah menstruasi berlalu.

Hidung Tersumbat dan Mimisan

Meningkatnya kadar hormon dalam tubuh saat hamil juga dapat menyebabkan hidung lebih mudah bengkak, kering, dan berdarah. Hal ini bisa membuat wanita hamil lebih rentan mengalami hidung tersumbat dan mimisan.

Pusing

Wanita yang sedang hamil sering kali akan mudah merasa pusing. Hal ini bisa disebabkan oleh menurunnya tekanan darah pada awal kehamilan yang normal terjadi. Ciri-ciri orang hamil ini baisanya sudah dapat dirasakan ketika usia kehamilan baru mencapai sekitar 6 minggu.

6 dari 6 halaman

Cara Menghitung Usia Kehamilan

Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT)

Hari Pertama Haid Terakhir atau HPHT merupakan hari pertama siklus menstruasi. Di hari ini wanita akan mengalami menstruasi hari pertamanya. Dalam kehamilan, HPHT adalah hari pertama haid pada bulan terakhir sebelum wanita tidak haid lagi dan dinyatakan hamil. Dengan HPHT usia kehamilan dapat diketahui dalam hitungan minggu.

HPHT sangat berkaitan dengan HPL atau Hari Perkiraan Lahir. Dari HPHT, dokter bisa menghitung akan perkiraan bayi akan lahir. Menghitung usia kehamilan dari HPHT menjadi standar bagi banyak dokter kandungan.

Cara menghitung usia kehamilan menurut HPHT

Banyak orang salah mengira jika usia kehamilan dimulai ketika pasangan melakukan hubungan suami istri yang dianggap sebagai waktu pembuahan. Padahal, dokter akan menghitung usia kehamilan sesuai dengan hari pertama wanita mengalami hari pertama haid terakhir.

HPHT memang dianggap sebagai hari pertama usia kehamilan. Untuk mengetahui berapa usia kehamilan, cukup mengingat kembali kapan hari pertama haid terakhir.

Misalnya, HPHT terjadi pada 14 November, maka jika sekarang tanggal 5 Oktober, kehamilan saat ini berada pada usia 3 minggu.

Cara menghitung usia kehamilan dengan USG

Cara menghitung usia kehamilan menurut HPHT bisa kurang akurat, karena itu ada cara lain untuk mengetahui usia kehamilan. Bagi kamu yang tidak ingat kapan HPHT atau memiliki siklus haid tidak teratur, cara menghitung usia kehamilan bisa dilakukan dengan USG.

USG atau ultrasonografi merupakan solusi untuk mengetahui berapa usia kehamilan yang cukup akurat. Dengan USG, dokter akan mengukur janin untuk memperkirakan usia janin. Pemeriksaan USG pertama dapat dilakukan pada awal masa kehamilan, untuk mengetahui kondisi awal janin.

Biasanya janin akan terlihat di USG pada usia kehamilan 5-10 minggu. USG kemudian bisa dilakukan secara berkala pada tiap trisemester.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.