Sukses

26 Wisata di Cirebon Terbaru yang Lagi Hits, Wajib Banget Dikunjungi

Wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits menyuguhkan panorama alam megah, bersejarah, dan pastinya instagramable.

Liputan6.com, Jakarta Wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits menyuguhkan panorama alam megah, bersejarah, dan pastinya instagramable. Kota Cirebon merupakan pusat penyebaran agama Islam oleh para sunan di masa lampau. Tak heran wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits religinya memukau.

Panorama alam wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits lengkap dari gua, pantai, danau, bukit, gunung, telaga, hingga pantai. Wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits purbakala pun ada hutan kera yang wajib banget dikunjungi wisatawan saat baru pertama kali datang ke kota Cirebon.

Untuk belajar budaya, wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits seperti kampung batik Trusmi jangan dilewatkan. Wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits ini menyediakan fasilitas workshop membatik bagi para pengunjung. Tidak sabar berkunjung?

Berikut Liputan6.com ulas wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits dari berbagai sumber, Rabu (30/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wisata di Cirebon Terbaru yang Lagi Hits

1. Batu Lawang

Batu Lawang merupakan kawasan taman wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits. Wisata ini menyuguhkan pengunjung pesona tebing berbatu yang memesona. Batu-batu yang berada di taman ini terbentuk dengan sendirinya oleh alam dan tersusun menjadi spot foto yang sangat menarik.

Legenda mengatakan bahwa wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits ini merupakan pintu gerbang menuju dimensi lain, Walaupun peneliti mengatakan bahwa batu tersebut terbentuk oleh patahan, sehingga menyerupai gerbang yang sangat besar. Selain berjalan-jalan, Anda dapat menikmati berbagai aktivitas menarik seperti bermain ATV hingga wahana flying fox.

2. Telaga Nilam

Telaga Nilam merupakan wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits, berada di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Jawa Barat. Wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits ini memiliki suasana yang sejuk serta memberikan pemandangan yang indah. Di wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits juga menyediakan fasilitas gazebo untuk tempat beristirahat.

3. Wisata Banyu Panas Palimanan

Buka mulai pukul 08.00 – 18.00 pemandian air panas wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits ini tidak boleh kamu lewatkan bila berkunjung ke Kota Cirebon. Wisata Cirebon ini terletak di Gunung Kromong tepatnya Jalan raya Palimanan, tiket masuknya juga masih terjangkau.

Selain menyajikan air panas yang membuat pengunjung betah, tempat wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits ini pun juga dibekali pemandangan alam berupa pepohonan dan batuan kapur yang memanjakan mata. Menurut beberapa keterangan, sumber air panas di sini dipercaya selalu berpindah tempat.

4. Setu Sedong

Setu Sedong merupakan wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits dengan bendungan atau waduk yang bertempat di Desa Sedong Lor, Kecamatan Sedong, Cirebon. Wisata Cirebon yang satu ini terdapat wahana yang dapat dinaiki bersama keluarga untuk mengitari bendungan.

Waduk yang terletak di Desa Sedong ini memiliki banyak pepohonan yang asri. Di tempat wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits ini, pemandangan bendungan dan alam di sekitarnya akan semakin bagus menjelang matahari terbenam.

5. Masjid Merah

Masjid ini dibangun oleh Sunan Gunung Jati, dan sangat tersohor di masyarakat. Konon katanya, wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits masjid ini merupakan tempat yang digunakan untuk mengesahkan para wali. bangunannya unik dan arsitektur yang digunakan ialah gabungan dari bangunan Hindu dan Jawa.

Masjid ini dibangun pada tahun 1480, dengan disangga oleh 17 tiang dimana 16 diantaranya berbentuk silinder dan hanya satu yang berbentuk kotak. Ruang yang dimiliki oleh masjid ini ialah ruang utama dan serambi. Di mana pintu masuk ruang utama dibuat pendek dengan tujuan mengajarkan umat untuk tunduk kepada Sang Pencipta.

3 dari 6 halaman

Wisata di Cirebon Terbaru yang Lagi Hits

6. Masjid Raya At-Taqwa

Masjid ini merupakan wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits sebagai salah satu masjid kuno yang berada di Kota Cirebon. Masjid yang memiliki nama asli Tajug Agung ini didirikan pada tahun 1918 dan telah mengalami pemugaran pada tahun 1963.

Gedung wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits berupa masjid ini bertemakan arsitektur tropis dengan atap jurai yang dilengkapi dengan empat menara kecil setinggi 65 meter. Pengunjung juga dapat berjalan-jalan mengelilingi area luar masjid yang ditanami oleh pohon kurma. Di kedua sisi masjid ini juga terdapat kolam air mancur yang menambah keindahan dari masjid ini.

7. Gedung BAT

Gedung kolonial selalu menjadi pesona kota tua yang menarik. Salah satunya ialah gedung BAT. Gedung wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits ini merupakan bekas pabrik rokok Brittish American Tobacco yang dibangun pada tahun 1924 dan sejak 2010, gedung ini resmi menutup produksi rokoknya.

Gedung wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits ini memiliki luas satu hektar dengan ruangan-ruangan bekas produksi yang telah dikosongkan. Gedung yang memiliki luas satu hektar ini telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh pemerintah Kota Cirebon. Tentunya pengunjung dapat berjalan-jalan mengelilingi ruang yang ada di gedung ini, ataupun hanya sekedar foto-foto.

8. Pantai Baro Gebang

Pantai yang beralamat di Gebang Mekar, Cirebon ini selalu dipadati oleh para wisatawan lokal. Para pedagang pun banyak yang berjualan di tepi pantai wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits ini. Jadi apabila lapar ataupun berniat mencari oleh-oleh pengunjung dapat mengunjungi stan mereka yang buka hingga sore.

9. Wanawisata Ciwaringin

Perpaduan keindahan dari wisata hutan kayu putih dengan panorama gunung menghadirkan pemandangan yang sangat memukau. Pasalnya, tempat wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits yang satu ini juga menghadirkan aroma minyak kayu putih yang sangat tenang berasal dari daun tanaman kayu putih.

Wanawisata Ciwaringin yang menjadi wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits ini terletak di Desa Ciwaringin yang berjarak 27 km dari Kota Cirebon. Wisata Cirebon dengan pemandangan gunung, hutan dan sungai ini sangat asyik untuk dinikmati bersama keluarga maupun teman.

10. Pantai Kejawanan

Pantai Kejawanan merupakan wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits, terletak di kelurahan Pegambiran, kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Harga tiket masuk wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits pun sangat murah yaitu Rp2000,-/orang. Pantai ini memiliki banyak perahu motor yang siap mengantar pengunjung berkeliling dengan tarif Rp5.000,-/orang.

4 dari 6 halaman

Wisata di Cirebon Terbaru yang Lagi Hits

11. Bukit Gronggong

Bukit Gronggong yang menjadi wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits ini berlokasi di Patapan, Beber, Cirebon, Jawa Barat. Bukit ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Saat sore hari pengunjung wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits bisa menyaksikan sunset yang indah. Saat malam hari pengunjung dapat melihat keindahan lampu-lampu kota Cirebon dari atas Bukit Gronggong ini.

12. Setu Patok

Wisata Cirebon ini merupakan danau terbesar yang ada di Kota Cirebon. Setu Patok yang menjadi wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits sering dikunjungi di sore hari, karena menurut para wisatawan lokal danau ini memiliki pemandangan sunset yang sangat bagus untuk berfoto.

Danau yang menjadi wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits ini terletak di Desa Setu Patok, Kecamatan Mundu yang jaraknya sekitar 30 menit dari pusat Kota Cirebon. Di wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits ini, para pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan seperti berpikinik di tepi danau atau bahkan memancing sepuasnya.

13. Vihara Dewi Welas Asih

Identik dengan wisata religi muslim, Kota Cirebon ternyata memiliki Vihara yang berumur 500 tahun. Vihara yang menjadi wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits ini masih berdiri tegak hingga saat ini dengan nama Vihara Dewi Welas Asih.

Bangunan ini telah diresmikan sebagai salah satu cagar budaya di Indonesia. Pengunjung wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits dapat mengunjungi vihara ini untuk melihat bangunan dan artefak yang ada ataupun melihat latihan barongsai yang berada di studio belakang vihara.

14. Balai Kota Cirebon

Gedung wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits ini didirikan pada tahun 1924 oleh Jeskoot, dibantu dengan dua orang arsitek, yaitu H.P Handl dan C.F.H. Koll. Bangunan ini berbentuk seperti anjugan kapal dengan puncak yang dihiasi dengan empat ekor udang sebagai lambang Kota Cirebon.

Bangunan wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits seluas 1,5 hektar ini telah menjadi saksi pemerintahan sejak tahun 1906 hingga saat ini. Karena umur dan sejarahnya yang panjang, Balai Kota Cirebon telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya pada tahun 2001.

15. Desa Cikalahang

Desa wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits ini terletak di kaki gunung Ceremai, Desa Cikalahang, kecamatan Dukupuntang, Cirebon, Jawa Barat. Desa wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits ini mempunyai kolam pemancingan ikan dan di dalamnya terdapat beragam jenis ikan air tawar yang bisa pengunjung pancing. Pengunjung wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits juga bisa membawa pulang ikan hasil pancingannya dengan harga yang telah ditentukan.

5 dari 6 halaman

Wisata di Cirebon Terbaru yang Lagi Hits

16. Cirebon Waterland Taman Ade Irma Suryani

Setelah sempat terabaikan, Taman Ade Irma Suryani (TAIS) berubah menjadi taman air bernama Cirebon Waterland. Tempat wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits ini buka sejak pukul 07.00 hingga 21.00 dengan harga tiket sekitar Rp. 50.000 hingga Rp. 60.000. Tak sekadar kolam renang, Anda juga akan menemukan banyak spot kece di wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits, seperti pondok ikonik dan restoran bergaya kapal laut. Cirebon Waterland berlokasi di Jalan Yos Sudarso Nomor 1, Desa Lemahwungkuk.

17. Taman Sari Goa Sunyarangi

Tempat wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits selanjutnya adalah situs cagar alam seluas 15 hektare di kawasan Sunyaragi, Kesambi. Dulunya kompleks candi ini digunakan untuk tempat beristirahat dan bermeditasi para sultan Cirebon. Makanya gak heran kalau banyak terowongan penguhubung bawah tanah dan saluran air.

Selain tempat wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits, pada waktu tertentu tempat ini digunakan sebagai lokasi pergelaran kebudayaan. Masuk ke Taman Sari Goa Sunyaragi hanya dipatok biaya sekitar Rp. 10.000. Ada juga layanan tour guide  seharga Rp. 40.000 – Rp. 50.000 saja.

18. Hutan Kera Plangon

Kawasan hutan seluas 48 hektare ini merupakan salah satu wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits purbakala. Selain dipenuhi monyet atau kera, Anda bisa mengunjungi makam Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksan.

Itulah alasan utama kenapa tempat wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits ini selalu ramai dikunjungi para peziarah setiap 2 Syawal. Hutan Plangon berlokasi di Desa Babakan, Kecamatan Sumber, sekitar 45 menit dari pusat kota. Biaya masuk ke sini sekitar Rp. 3.000 per orang.

19. Telaga Remis

Tempat wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits ada Telaga Remis. Berlokasi di Desa Kaduela, Kuningan, Telaga Remis menawarkan keindahan alam yang sejuk, indah, dan asri. Tak heran kalau tempat wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits ini begitu ramai dan populer didatangi fotografer. Harga tiket cuma Rp.10.000.

20. Klenteng Hok Keng Tong

Tempat wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits satu ini menghadirkan keindahan yang bisa Anda nikmati. Menariknya lagi, klenteng yang terletak di Desa Weru Kidul ini bahkan termasuk klenteng tertua di Kota Cirebon. Pasalnya, bangunan wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits satu ini sudah dibangun pada tahun 1389 oleh sekelompok orang Tionghoa yang mendarat di Pulau Jawa.

Bangunan klenteng yang dihadirkan dengan ciri khas yang unik di wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits ini menjadi salah satu tempat yang sangat diminati untuk berfoto. Bahkan, Anda juga bisa mengetahui berbagai sejarah tentang pembangunan klenteng ini. Menariknya lagi, bangunan yang satu ini juga masih digunakan sebagai tempat peribadatan dan sangat ramai saat perayaan imlek.

6 dari 6 halaman

Wisata di Cirebon Terbaru yang Lagi Hits

21. Kampung Batik Trusmi

Di tempat wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits ini,  pengunjung bisa membeli beragam jenis batik dengan beragam motif yang cantik. Kampung Batik Trusmi berada di Desa Weru Lor, kecamatan Weru, Cirebon. Harga kain-kain batik di tempat ini juga cukup terjangkau.

Di tempat wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits ini juga menyediakan fasilitas workshop membatik bagi para pengunjung. Jadi pengunjung bisa belajar membatik di tempat ini. Dahulu, salah satu murid Sunan Gunung Jati yang bernama Ki Gede Trusmi mengajari para warga di kampung ini untuk membatik.

22. Makam Sunan Gunungjati

Makam Sunan Gunung Jati bahkan menjadi bagian dari sejarah wali songo yang sering dikunjungi oleh masyarakat. Tempat wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits religi yang satu ini juga memiliki keindahan berupa perpaduan bangunan arsitektur Arab, Jawa dan Cina.

Wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits religi yang satu ini sangat ramai dipenuhi oleh pengunjung dari berbagai daerah. Mulai dari penduduk Jawa setempat hingga etnis Tionghoa.

23. Wisata Kura-Kura Belawa

Kura-Kura Belawa merupakan wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits, berada di Belawa, Lemahabang, Cirebon, Jawa Barat. Anda bisa berwisata sambil belajar tentang satwa lebih tepatnya tentang Kura Kura. Kura Kura Belawa ini hidup di air tawar pegunungan dan usianya bisa mencapai 150 tahun.

Berkunjung ke tempat wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits ini Anda akan di berikan pengalaman liburan yang seru dan menyenangkan. Anda juga di ajak untuk mencintai satwa dan alam. Pemandangan alam di sekitar Destinasi Wisata di Cirebon ini juga sangat indah dan asri.

24. Keraton Kacirebonan

Keraton kecirebonan ini merupakan salah satu tempat wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits sejarah yang didirikan oleh Sultan Cirebon 1 pada tahun 1800an. Di keraton ini juga terdapat banyak benda benda bersejarah yang unik dan menarik. Mulai dari benda pusaka contohnya keris, peralatan perang, koleksi wayang kulit, gamelan dan lain-lain.

Bangunan keraton wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits ini memiliki desain artistik yang di padukan dengan gaya Belanda, tradisional, dan juga Cina. Spot wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits ini sangat bagus apabila Anda jadikan sebagai objek berfoto. Tempat ini adalah tempat yang bersejarah yang identik dengan unsur kebudayaan.

25. Keraton Kasepuhan

Ini destinasi wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits yang wajib dikunjungi saat Anda berada di Cirebon. Bukan tanpa sebab, keraton kesultanan pertama di Cirebon yang dibangun Pangeran Mas Mochammad Arifin II pada 1529 ini menyimpan banyak cerita sejarah.

Di lokasi wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits ini, tiap orang bisa menyaksikan beragam benda peninggalan dan benda-benda pusaka milik sultan. Yang menarik, keraton ini punya sebuah Kereta Singa yang hanya dikeluarkan untuk dimandikan tiap 1 Syawal.

Bagi Anda penggila arsitektur masa lampau, tempat wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits ini sangat cocok bagi Anda untuk menghabiskan masa libur Lebaran. Tarif: Rp. 20.000,- (umum), Rp. 15.000,- (pelajar), Rp. 70.000,- (wisatawan asing), Rp. 40.000,- (pelajar asing)

26. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid ini merupakan salah satu wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits khusus untuk beribadah tertua di Cirebon. Masyarakat setempat percaya, di halamam masjid ini terdapat sumber air yang diyakini punya sumber air yang sama dengan sumur zam-zam di Mekah.

Air wisata di Cirebon terbaru yang lagi hits ini diyakini mampu menyembuhkan berbagai penyakit jika diminum dan dipakai untuk membasuh wajah. Uniknya, pintu masuk masjid ini sangat rendah, sehingga orang yang ingin masuk perlu menundukkan kepalanya.Untuk tarif masuknya hanya dibandrol senilai Rp. 5.000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini