Sukses

20 Tempat Wisata di Solo yang Baru dan Terkenal, Jangan Dilewatkan

Tempat wisata di Solo ini wajib banget dikunjungi, tak cuma ada budaya dan eksotisme sejarah. Wisata alam dan berbagai wahana menariknya wajib dijajal.

Liputan6.com, Jakarta Hendak bertamasya ke kota Solo, wajib banget tahu tempat wisata di Solo yang baru dan terkenal. Tak hanya kaya budaya dan eksotisme sejarah loh, di sini. Pokoknya jangan sampai dilewatkan.

Di kota Solo ada tempat dengan berbagai wahana menarik sampai panorama alam indah ala pegunungan. Meliputi taman kota, air terjun, danau, dan telaga.

Tempat wisata di Solo yang baru dan terkenal ada pabrik gula De Tjolomadoe, Waduk Cengklik Park, dan Mojosemi Forest Park. Untuk yang khas alam memang tak dekat dengan kota, tetapi masih bisa dijangkau dengan mudah dari kota Solo.

Berikut Liputan6.com ulas tempat wisata di Solo yang baru dan terkenal dari berbagai sumber, Minggu (28/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Solo yang Baru dan Terkenal

Pabrik Gula De Tjolomadoe

Pabrik gula Colomadu beralih fungsi menjadi tempat wisata dengan nama baru De Tjolomadoe. Kawasan tempat wisata di Solo yang baru dan terkenal ini dipercantik dengan keberadaan coffee shop, stan kerajinan batik, serta stan busana musim. Tak hanya itu, di sana terdapat pula concert hall yang dilengkapi dengan restoran dan cafe.

Berbagai event diadakan secara meriah di tempat itu seperti bazar, talk show, dan kegiatan wisata buat anak-anak SD. Karena itulah, keberadaan pabrik itu memancing masyarakat umum untuk berkunjung. Mereka begitu menikmati suasana bekas pabrik itu dan mengabadikannya dengan kamera.

Tempat wisata di solo yang baru dan terkenal seperti De Tjolomadoe menyediakan berbagai spot Instagramable. Menurut Direktur Sinergi Colomadu, Wahyono Hidayat, semua tempat di De Tjolomadoe sangat unik dan bisa dijadikan latar untuk berfoto.

Waduk Cengklik Park

Memasuki pintu gerbang, pengunjung t tempat wisata di solo yang baru dan terkenal ini akan langsung disambut dengan gazebo yang memiliki tampilan mirip bangunan rumah adat Nusantara. Ada kampung sakura, taman sakura dan bangunan semacam pagoda. Keberadaannya membuat pengunjung seakan berada di negeri sakura.

Tempat wisata di solo yang baru dan terkenal ini menawarkan sejumlah wahana dan tempat-tempat menarik untuk berfoto. Di dekat kampung sakura, ada ruang terbuka dengan latar bangunan keajaiban dunia.

Ada candi Borobudur, patung Liberty, menara Eiffel, rumah iglo, Menara Pisa dan sebagainya. Tempat wisata di solo yang baru dan terkenal ini pun ada kolam renang, ada pusat kuliner serta sejumlah wahana permainan.

Tumurun Private Museum

Museum yang satu ini menjadi incaran para pecinta seni yang berkunjung ke Solo. Tempat wisata di solo yang baru dan terkenal ini milik pribadi, didirikan oleh Iwan Kurniawan Lukminto sebagai wujud penghormatan kepada mendiang sang ayah yang adalah kolektor karya seni.

Museum ini terdapat koleksi karya seni kontemporer dan modern, dengan daya tarik masing-masing. Tempat wisata di solo yang baru dan terkenal ini, cocok untuk Anda yang ingin berswafoto dan menikmati karya seni dari sisi yang lain.

Untuk mengunjungi tempat wisata di solo yang baru dan terkenal ini tidak dikenai biaya masuk, namun Anda harus reservasi terlebih dahulu lewat website resmi. Untuk jumlah pengunjung atau reservasi dalam satu hari dibatasi. Untuk itu, jika tertarik ke museum ini sebaiknya reservasi dari jauh-jauh hari.

Mojosemi Forest Park

Mojosemi Forest Park merupakan tempat wisata di solo yang baru dan terkenal. Lokasinya ada di Magetan, masih dekat dengan kota Solo. Kawasan wisata alam yang penuh dengan hutan pinus ini berada di Jalan Raya Tembus Magetan Jatim - Karanganyar Jateng, masuk Desa Mojosemi, kecamatan Plaosan.

Tempat wisata di sekitar Solo ini berada di ketinggian 1.389 MDPL di gunung Lawu. Pengunjung bisa bermain dan berfoto di area satwa dinosaurus raksasa di antara pohon hutan Pinus yang rindang.

Dinosaurus tempat wisata di Solo yang baru dan terkenal ini bisa bergerak saat didekati oleh pengunjung. Tak cuma itu, pengunjung bisa bermain game untuk berburu dinosaurus sekaligus burung-burung raksasa di sana.

3 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Solo yang Baru dan Terkenal

Keraton Surakarta Hadiningrat

Tempat wisata di Solo yang baru dan terkenal ialah Keraton Surakarta Hadiningrat yang merupakan tempat bersejarah yang menyimpan berbagai budaya kerajaan yang masih berjalan hingga sekarang.

Ada beberapa peraturan yang harus Anda taati ketika berkunjung kesini, dan semua itu harus ditaati karena lingkungan keraton sangat dijaga. Anda dapat berkunjung di hari Senin hingga Kamis pada pukul 09.00 hingga 14.00.

Kampung Wisata Batik Kauman

Kampung Wisata Batik Kauman merupakan tempat wisata di solo yang baru dan terkenal. Terletak di pusat Kota Solo, kampung ini merupakan tempat untuk Anda dapat belajar batik.

Tentunya semua batik di Kampung Batik Kauman ini dibuat dengan tangan sendiri alias homemade. Tak heran jika harga satu baju batik di sini sangat fantastis. Pelanggan dari tempat sini pun kebanyakan berasal dari luar negeri yang sudah jatuh hati melihat keindahan batik buatan Kampung Wisata Batik Kauman ini.

Masjid Agung Surakarta

Masjid Agung Surakarta yang dikenal dengan nama Keraton Solo ini memiliki sejarah panjang tentang peradaban islam pertama di kota Solo. Tempat wisata di solo yang baru dan terkenal ini berada di sekitar alun-alun utara.

Dikenal terus mengalami renovasi bertahap agar bisa digunakan layaknya masjid pada umumnya. Masjid Agung Surakarta dilengkapi dengan berbagai fasilitas dengan fungsi yang berbeda-beda. Disini juga terdapat poliklinik, perpustakaan dan serambi yang dihadirkan oleh pemilik atau pengurus masjid.

4 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Solo yang Baru dan Terkenal

Kebun Binatang Jurug

Kebun Binatang Taru Jurug merupakan tempat wisata di solo yang baru dan terkenal. Lokasi wisata yang didirikan pada tahun 1870 ini ada di Jalan Ir. Sutami No. 40, jebres, Surakarta, Jawa Tengah.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba beberapa fasilitas yang ditawarkan seperti kereta mini, taman bermain, hingga pertunjukan seni yang biasanya disajikan bagi pengunjung.

Pandawa Water World

Tempat wisata di Solo yang baru dan terkenal ini sudah menjadi langganan warga Solo. Sebab, Pandawa Water World Solo Baru ini menyajikan konsep cerita pewayangan dengan gaya permainan yang menarik.

Beberapa tokoh pewayangan yang dipamerkan yakni tokoh Pandawa yang meliputi Arjuna, Puntadewa, Werkudara, Nakula, Sadewa, Drupadi, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, tempat wisata di Solo yang baru dan terkenal ini juga tambah mengasyikkan dengan adanya wahana wave pool, sight tower, slides, warm spa, aerated spa, dan masih banyak lagi.

Sondokoro

Berlokasi tidak jauh dari kota Solo, membuat destinasi wisata ini kian banyak didatangi oleh wisatawan yang ingin memanjakan mata.

Menurut sejarahnya, tempat wisata di Solo yang baru dan terkenal ini pada awalnya merupakan sebuah pabrik gula, yang kemudian dialihfungsikan sebagai objek wisata.

Berbagai fasilitas yang dapat dicoba antara lain yaitu kolam renang dengan berbagai ukuran, terapi ikan, pijat refleksi hingga flying fox.

5 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Solo yang Baru dan Terkenal

Museum Sangiran

Tempat wisata di Solo yang baru dan terkenal selanjutnya adalah Museum Manusia Purba Sangiran. Tempat wisata ini persis berada di kota Solo. Objek wisata sejarah-edukasi arkeologi ini masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO.

Museum seluas 56 hektar ini tak hanya dijadikan sebagai tempat wisata, melainkan juga dijadikan sebagai pusat penelitian oleh arkeolog dari dalam dan luar negeri yang ingin mengetahui kehidupan manusia pada zaman prasejarah.

Memang, museum ini banyak koleksinya mulai dari fosil manusia purba hingga fosil binatang purba yang cukup beragam.

Tugu Lilin

Jika kamu hanya ingin menghabiskan waktu untuk bersantai di sudut kota Solo, Tugu Lilin menjadi pilihan yang tepat. Suasana sekitar yang sejuk dan menyegarkan mata akan membuat siapa saja yang mengunjunginya akan senang.

Selain menikmati area sekitar taman dengan nuansa sejuk, di sini kamu juga bisa mempelajari sejarah sembari mengingat jasa-jasa perjuangan zaman dahulu. Selain untuk bersantai, Tugu Lilin juga cocok dijadikan wadah untuk berswafoto. Sembari bersantai, kamu bisa menikmati aneka makanan atau jajanan yang dijual.

Pasar Triwindu Solo

Buat kamu pecinta aneka barang antik, mengunjungi Pasar Trwindu Solo adalah jawaban yang tepat. Tempat wisata di Solo yang baru dan terkenal ini, kamu akan menemukan berbagai macam koleksi barang-barang lawas yang antik dengan nilai seni tinggi. Mulai dari kain batik kuno, lukisan, uang dan koin kuno, ornamen wayang, onderdil otomotif langka, dan lain sebagainya.

Buat kamu yang ingin memiliki salah satu barang antik tersebut, perlu teliti dan jeli dalam memilihnya. Selain membayarnya dengan uang tunai, kamu juga bisa menukarkan barang antik milikmu juga alias barter.

6 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Solo yang Baru dan Terkenal

Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur berada di kabupaten Wonogiri atau sekitar 44 km dari pusat Kota Solo. Tempat wisata di Solo yang baru dan terkenal ini mulai dibangun pada akhir tahun 1976-1981. Fungsi utama waduk ini adalah sebagai pengendali banjir dari Sungai Bengawan Solo.

Untuk masuk ke area wisata ini kamu cukup menyiapkan uang Rp 10 ribu untuk hari Senin-Sabtu dan Rp 12 ribu khusus di hari Minggu.

Tempat wisata di Solo yang baru dan terkenal ini pun dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi menarik. Tersedia speedboad untuk mengelilingi waduk seluas 8.800 Hektar ini. Terdapat pula beragam objek rekreasi seperti kebun binatang mini, naik gajah, hingga menikmati olahan ikan air tawar hasil tangkapan nelayan.

Jumog

Air Terjun Jumog berada di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso. Untuk mencapai tempat wisata di Solo yang baru dan terkenal ini pengunjung harus menuruni 116 anak tangga dan berjalan sekitar 100 meter untuk menemukan air terjun.

Namun, semua akan terbayar dengan pesona air terjun yang indah dan rimbunan pepohonan hijau disekitarnya. Kamu cukup menyiapkan uang Rp 5 ribu untuk masuk ke area ini.

Parang Ijo

Masih berada di kawasan Ngargoyoso. Kamu bisa menemukan surga tersembunyi di air terjun Parang Ijo yang menjadi tempat wisata di Solo yang baru dan terkenal.

Air terjun Parang Ijo mengalir pada dinding tebing-tebing yang sangat hijau. Airnya yang jernih dan segar mampu memberi relaksasi tersendiri. Tiket masuk lokasi ini Rp 5 ribu di hari biasa dan Rp 7.500 di hari libur.

7 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Solo yang Baru dan Terkenal

Bukit Sekipan

Bukit Sekipan atau yang dikenal dengan Bumi Perkemahan Sekipan merupakan area perkemahan yang terletak di Desa Kalisoro Kecamatan Tawangmangu Karanganyar. Objek wisata ini bisa ditempuh dengan jarak 42 km dari pusat Solo atau sekitar 1 jam perjalanan.

Untuk dapat masuk ke tempat wisata di Solo yang baru dan terkenal ini, cukup membayar Rp 7.500 per orang. Jika ingin berkemah, dikenakan tarif Rp 10.000 per malamnya.

Area ini berada pada ketinggian 1.100 meter dari permukaan laut. Selain sebagai tempat berkemah, Sekipan juga menjadi ajang penelitian jenis tanaman hutan dan edukasi alam. Bagi kamu yang tak ingin berkemah, kamu bisa menikmati kesejukan esejukan pohon pinus yang menjulang tinggi dan suasana pegunungan yang menenangkan. Terdapat pula miniatur rumah rumbia yang instagramable.

Balekambang

Di tengah Kota Solo kamu bisa menemukan wisata alam yang sejuk dan hijau berupa taman kota. Taman seluas 9,8 Ha ini sudah berdiri sejak 1921 oleh KGPAA Mangkunegara VII. Tempat wisata di Solo yang baru dan terkenal ini dibangun sebagai tanda cinta Mangkunegara pada kedua anaknya Partini dan Partinah.

Taman Balekambang Solo menjadi paru-paru kota yang dimiliki Solo. Taman ini dibuka untuk umum mulai pukul 07.00 sampai 18.00 WIB. Di sini pengunjung bisa bersantai di bawah rimbunan pohon, rumput hijau, dan udara yang masih segar.

Kolam di Taman Air Partini juga memiliki fasilitas perahu yang bisa dimanfaatkan untuk mengelilingi kolam. Terdapat pula sekawanan rusa yang dilepas bebas di area ini. Untuk masuk ke dalam taman, kamu cukup membayar parkir kendaraan saja, lho.

Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu merupakan salah satu tempat wisata di Solo yang baru dan terkenal. Grojogan Sewu berarti air terjun seribu. Kata sewu atau seribu berasal dari seribu pecak, atau satuan jarak yang digunakan saat itu yang merupakan tinggi air terjun.

Satu pecak sama dengan satu telapak kaki orang dewasa. Hutan Wisata Grojogan Sewu memiliki luas 20 Ha. Kawasan hutan ini banyak ditumbuhi berbagai jenis pohon hutan dan dihuni oleh sekelompok kera jinak. Beberapa fasilitas dari hutan wisata ini adalah Flying Fox, kolam renang, tempat istirahat, kios makanan, kios buah-buahan dan cinderamata, mushola dan MCK.

Untuk masuk ke tempat wisata di Solo yang baru dan terkenal, Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang. Lokasinya masih dekat kota Solo, yakni kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Telaga Madirda

Telaga Madirda merupakan tempat wisata di Solo yang baru dan terkenal, lokasinya di Karanganyar. Benar saja, di sini Anda akan disuguhkan dengan keindahan alamnya yang hanya dapat ditemui di kabupaten ini.

Wisata Karanganyar yang satu ini letaknya berada di Ngargoyoso, Karanganyar. Akses untuk menuju ke lokasi ini hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak kecil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.