Sukses

Macam-Macam Kopi dan Cara Membuatnya, Jangan Sampai Salah

Kopi memiliki banyak jenis dengan berbagai rasa.

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam kopi dan cara membuatnya penting diketahui bagi para penggemar kopi. Kopi bisa menjadi pengawal hari, pembuka percakapan dan pengangkat suasana hati bagi kebanyakan orang. Terlepas dari mengapa Anda minum kopi, yang paling penting adalah bagaimana rasanya, baunya, dan apakah itu membuat Anda merasa waspada dan bahagia di pagi hari.

Kopi memiliki tingkat antioksidan dan nutrisi kuat yang bermanfaat. Studi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko lebih rendah dari beberapa penyakit serius. Banyak macam-macam kopi dan cara membuatnya untuk mendapatkan manfaat kopi.

Di dunia tersebar macam-macam kopi dan cara membuatnya yang berbeda. Beberapa macam-macam kopi dan cara membuatnya sudah dikenal secara global dan menjadi minuman favorit di dunia. Tapi, tak sedikit orang yang mengetahui macam-macam kopi dan cara membuatnya. Beberapa berpikir semua kopi tak ada bedanya.

Bagi Anda penggemar kopi, tak ada salahnya mengetahui macam-macam kopi dan cara membuatnya yang paling populer. Berikut macam-macam kopi dan cara membuatnya yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (15/8/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Espresso

Espresso adalah minuman yang dihasilkan dengan mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling dengan menyemburkan air panas di bawah tekanan tinggi. Espresso berasal dari Bahasa Italia yang berarti express atau "cepat" karena dibuat untuk disajikan dengan segera kepada pelanggan.

Espresso atau short black adalah fondasi dan bagian terpenting dari setiap minuman berbasis espresso. Espresso adalah pengalaman kopi paling murni yang bisa Anda dapatkan, dan meskipun tidak untuk semua orang, ini bisa menjadi pengalaman minum yang benar-benar unik ketika Anda ingin lebih mengenal kopi.

Cara membuat espresso

Cara membuatnya espresso adalah biji kopi diletakkan di dalam mesin brewing, lalu air dialirkan dengan tekanan tinggi. Proses ini menghasilkan ekstrak kopi pekat dan pahit.

3 dari 8 halaman

Americano

Americano atau Caffè Americano adalah minuman kopi yang dibuat dengan mencampurkan satu shot espresso dengan air panas. Air panas yang digunakan dalam minuman ini adalah sebanyak 6 hingga 8 ons.

Anda bisa membuat kopi jenis ini cukup sederhana dengan menambahkan air panas ke segelas kopi espresso. Dikatakan bahwa tentara Amerika selama Perang Dunia Kedua akan membuat kopi jenis ini untuk membuat minuman mereka lebih bertahan lama.

Cara membuat americano

Americano terdiri dari satu shot espresso yang dituangkan dalam cangkir berukuran 178 mililiter yang dicampur dengan air panas hingga memenuhi gelas.

Isi cangkir dengan 2/3 gelas air panas

Campurkan 1 gelas espresso di atas air panas

4 dari 8 halaman

Ristretto

Ristretto merupakan kebalikan dari Americano. Ristretto adalah minuman kopi yang serupa dengan espresso tetapi menggunakan air yang lebih sedikit. Ristretto berasal dari Bahasa Italia yang memiliki arti "terbatas" atau "terlarang". Volume air yang keluar dari mesin penggiling kopi dibatasi tetapi waktu yang digunakan haruslah sama seperti pada espresso.

Cara membuat Ristretto

Ekstrak shot espresso standar dengan setengah jumlah air dari espresso biasa.

Lakukan brewing selama 15 detik. Anda hanya perlu men-shoot air selama 15 detik.

5 dari 8 halaman

Macchiato

Macchiato adalah minuman kopi yang dibuat dengan mencampurkan espresso dengan susu. Ada dua jenis macchiato yang biasanya disajikan, yaitu espresso macchiato dan latte macchiato. Macchiato dalam bahasa Italia memiliki arti "ditandai dengan bercak" dan dinamakan seperti itu karena espresso ditandai dengan sedikit busa yang berasal dari susu diatasnya.

Cara membuat

Espresso macchiato dibuat dengan menambahkan sedikit susu ke dalam segelas espresso. Sedangkan espresso yang ditambahkan ke dalam segelas susu, maka minuman tersebut disebut dengan latte macchiato.

6 dari 8 halaman

Latte

Latte adalah espresso atau kopi yang dicampur dengan susu dan memiliki lapisan busa yang tipis di bagian atasnya. Perbandingan antara susu dengan kopi pada caffè latte adalah 2:1. Kopi ini jauh lebih manis dibandingkan dengan espresso karena steamed milknya.

Cara membuat

Ekstrak 1 shot espresso ke gelas gelas. Siapkan steamed milk. Untuk segelas latte diperlukan sekitar 170 ml susu. Sebagai perbandingan umum, cobalah menambahkan 170 ml susu ke dalam setiap 30 ml kopi espresso. Tuangkan susu yang sudah dipanaskan ke atas espresso.

7 dari 8 halaman

Cappuccino

Cappuccino mirip dengan latte. Namun perbedaan utama antara latte dan cappuccino adalah cappuccino memiliki lebih banyak busa dan cokelat yang diletakkan di atas minuman. Cappuccino biasanya juga disajikan dalam cangkir alih-alih dalam gelas tumbler.

Cara membuat

Kapucino biasanya didefinisikan sebagai 1/3 espresso, 1/3 susu yang dipanaskan dan 1/3 susu yang dikocok hingga berbusa. Ekstrak 1 shot espresso ke dalam cangkir. Tambahkan steamed milk. Tambahkan 2-3 cm micro-foam di atas susu. Taburkan cokelat di atas kopi.

8 dari 8 halaman

Mocha

Mocha adalah campuran antara cappuccino dan cokelat panas. Mocha dibuat dengan menempatkan campuran bubuk cokelat dengan tembakan espresso dan kemudian menambahkan steamed milk dan microfoam ke dalam minuman.

Cara membuat

Ekstrak 1 shot espresso ke dalam cangkir. Tambahkan satu sendok bubuk cokelat ke dalam shot espresso dan campur. Tambahkan steamed milk. Tambahkan 2-3 cm micro-foam. Taburkan bubuk cokelat di atasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini