Sukses

5 Kisah Persahabatan Manusia dengan Ular Piton, Ada yang Jalin Ikatan Sejak Bayi

Liputan6.com, Jakarta Ular menjadi salah satu hewan buas yang gigitannya bisa mematikan. Tak hanya gigitan, lilitan dari ular juga berbahaya bagi manusia. Meski begitu, bukan mustahil bisa menjalin suatu ikatan persahabatan antara manusia dengan ular. Beberapa kisah sudah membuktikan bahwa manusia bisa bersahabat dengan ular.

Momen persahabatan manusia dan ular pun sukses bikin geger media sosial. Banyak yang terheran-heran dengan proses jalin ikatan dengan ular. Ya, proses membuat ular seperti piton jinak bukanlah hal yang mudah. Perlu adanya sebuah ikatan kepercayaan agar ular piton bisa merasa nyaman sehingga tidak merasa terancam saat di dekat manusia.

Kebiasaan yang sudah dipupuk sejak kecil menjadi salah satu cara ampuh menumbuhkan rasa persahabatan antara manusia dan ular. Seperti beberapa kisah persahabatan manusia dan ular yang sudah terjalin bahkan saat masih bayi. Tumbuh bersama ular pun membuat orang-orang ini sudah menganggap ular sebagai sahabat mereka.

Berikut beberapa kisah persahabatan manusia dengan ular Piton seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (7/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Bianca asal Kebumen yang bersahabat dengan ular piton bernama Rambo

Bianca, gadis asal Kebumen, Jawa Tengah memiliki sahabat berupa ular piton raksasa bernama Rambo. Rambo memiliki bobot nyaris 300 kilogram.

Bianca tidak merasa takut dan sudah terbiasa memegang kepala ular yang memiliki panjang delapan meter ini. Bianca menceritakan bahwa persahabatannya dengan Rambo tak sengaja yang bermula dari melihat pemelihara ular piton di Pejagoan, Kebumen.

"Pertamanya geli-geli bagaimana gitu lihat ular piton. Tapi lama-lama sudah biasa," ucapnya, saat ditemui di kediaman Munding Aji (30), pemelihara ular piton raksasa, Rabu, 24 Januari 2018.

3 dari 6 halaman

2. Kisah Syahrini dan Selvi yang populer di Kebumen

Masih tentang peliharaan Bianca anak Kebumen yakni ular piton raksasa yang viral di desa. Nyatanya ular piton tersebut sudah membuat masyarakat di sana terbiasa dan tidak takut. Alhasil ada persahabatan unik lain antara anak-anak kecil di RT 01 RW 2, Desa Pejagoan, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah dengan dua ekor ular.

Dua ular piton selain Rambo cukup populer di desa Pejagoan bernama Syahrini dan Selvi. Keduanya selalu jadi primadona bagi anak-anak kecil di sana. Menurut pengakuan bocah di sana, mereka tidak takut dengan Syahrini dan Selvi.

"Enggak takut, tapi berat,” kata salah satu anak, Arif Hidayat.

4 dari 6 halaman

3. Gadis bernama Chalwa bersahabat dengan ular piton sejak 2012

Gadis bernama Chalwa berhasil bikin geger media sosial. Ya, ia kerap unggah momen kebersamaan bersama ular piton yang seolah-olah terlihat seperti sahabat. Piton yang berukuran raksasa sudah dipeliharanya sejak tahun 2012.

Chalwa berujar bahwa si ular belum begitu besar ukurannya 10 tahun lalu. Namun perlahan tapi pasti, binatang peliharaannya itu kini menjadi ular piton dengan ukurannya sangat besar.

Tak hanya satu, Chalwa juga sering mengajak bermain ular piton lainnya. Persahabatannya dengan piton ini sukses bikin warganet terheran-heran karena terlihat santai saat interaksi tanpa rasa takut,

5 dari 6 halaman

4. Carlo bersahabat dengan ular piton sejak kecil

Selama 18 tahun terakhir, pria bernama Carlo sudah memiliki kebiasaan unik yakni bersahabatan dengan ular Piton. Pria yang tinggal di Filipina itu sudah dikenalkan dengan ular piton sedari usianya 1 tahun.

Sejak kecil Carlo sudah menjadi ikatan dengan ular piton bernama Lucky. Ia sudah menganggap Lucky sebagai saudaranya karena terus bersama selama 18 tahun terakhir.

"Kami seperti saudara," kata Carlo seperti Liputan6.com rangkum dari The Dodo.

6 dari 6 halaman

5. Persahabatan Emi dan Cher, ular piton sepanjang 16 kaki

Persahabatan antara manusia dan ular juga terlihat dari Emi dan Cher, piton sepanjang 16 kaki. Emi diperkenalkan dengan Cher saat berusia dua tahun. Anak yang berasal dari kota Surrey, Inggris ini diperkenalkan oleh sang ayah dengan piton saat Cher kecil.

Siapa sangka, Emi dan Cher kini malah seperti membentuk sebuah ikatan. Sang ayah pun kerap mengabadikan momen suka cita Emi saat bersama Cher yang kini sudah tumbuh sepanjang 16 kaki di akun Instagram @sonny_cher_retics.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS