Sukses

Pria 70 Tahun Ini Sudah Donor Darah 356 Kali Sejak Tahun 1988, Tetap Bugar

Liputan6.com, Jakarta Donor darah menjadi upaya seseorang untuk memberikan sejumlah darahnya dengan cara ditranfusikan kepada orang lain. Sayangnya, masih banyak orang yang takut donor darah dengan berbagai alasan. Padahal, banyak manfaat yang bisa didapat bagi pendonor. Misalnya saja sebagai kegiatan amal.

Donor darah merupakan amalan mulia, terutama bagi mereka yang sehat. Setiap paket darah yang disumbangkan sangat berarti karena dapat digunakan untuk menyelamatkan nyawa orang lain. Selain itu, kegiatan itu juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Setelah donor darah, tubuh jadi lebih fit karena produksi darah diperbaharui.

Melansir World of Buzz, Selasa (6/12/2022), menurut situs National Security Council, batas usia yang ditetapkan bagi individu yang ingin mendonor darah adalah maksimal 70 tahun. Sementara itu, masyarakat dapat mulai mendonorkan darahnya sejak usia 17 tahun, dengan seizin wali.

Dari banyaknya orang yang senang dan rutin menjadi pendonor, ada seorang veteran yang telah mendonorkan darah lebih banyak daripada jumlah usia hidupnya. Ia merupakan seorang warga Malaysia berusia 70 tahun. Pria tersebut telah mendonorkan darah untuk yang ke-356 kalinya dan akan menjadi yang terakhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Sudah jadi pendonor sejak tahun 1988

Dalam sebuah unggahan Facebook oleh Pusat Darah Nasional, mereka menulis, "Hari ini adalah donor darah ke-356 dan terakhir untuk Bapak Lum Kien Seng dengan Pusat Darah Nasional."

"Para pegawai National Blood Center sangat senang merayakan hari bersejarah ini bersama dia yang menginjak usia 70 tahun," tambah mereka, seperti dikutip Liputan6.com dari World of Buzz, Selasa (6/12/2022).

Dijelaskan bahwa Lum mulai mendonor darah secara konsisten sejak tahun 1988 dan menjadi pendonor apheresis sejak tahun 2000 hingga saat ini. Untuk itu, ia selalu memperhatikan kesehatannya agar memenuhi syarat dan tetap sehat untuk mendonorkan darahnya.

3 dari 3 halaman

Donor darah terakhir di ulang tahun ke-70

Para pegawai National Blood Center menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya dan jutaan terima kasih kepada Lum atas pengorbanannya dalam menjalankan tanggung jawab sosial ini tanpa mengharapkan imbalan apapun.

Staf Pusat Darah Nasional berharap donor darah terakhir dan perayaan ulang tahun ke-70 ini menjadi kenangan indah bagi Lum dan menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk tetap sehat dan menjadi PAHLAWAN DARAH hingga masa keemasan.

"Terima kasih MR LUM KIEN SENG. Semoga kalian diberikan kesehatan dan selalu bahagia atas segala kebaikan yang telah kalian lakukan," tutup mereka.

Unggahan tersebut menjadi viral dan banyak orang Malaysia yang mengisi kolom komentar untuk memuji Lum atas dedikasinya mendonor darah selama bertahun-tahun. Dalam foto yang diunggah, Lum terlihat tetap bugar dan fit saat merayakan ulang tahunnya yang ke-70.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS