Sukses

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Dalam Waktu 3 Hari Setelah Terbakar Matahari

Cara memutihkan wajah secara alami perlu diketahui oleh masyarakat Indonesia yang sinar matahari melimpah

Liputan6.com, Jakarta Memiliki wajah bersih dan cerah memang menjadi dambaan banyak orang. Kadang, sinar matahari yang  sangat kuat membuat wajah tampak kusam dan gelap. Cara memutihkan wajah secara alami dalam waktu 3 hari setelah terbakar matahari harus diketahui oleh orang-orang yang tinggal di negara dengan sinar matahari melimpah seperti Indonesia. 

Cara memutihkan wajah secara alami dalam waktu 3 hari dapat mengembalikan warna kulit seperti semula dengan membantu mempercepat proses regenerasi pada kulit. Cara ini sebenarnya tidak akan mengubah tone kulit wajah menjadi lebih putih, namun menjadi lebih cerah dan sehat. Prosedur dan produk pemutihan kulit sudah dilarang oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM. Saat ini produk perawatan wajah jarang yang mencantumkan label pemutih dan lebih banyak menggunakan label pencerah. 

Kalaupun masih ada yang mengklaim bahwa sebuah produk mamilikimkhasian memutihkan kulit, maka perlu dicek apakah produk tersebut sudah lulus sertifikasi BPOM. Berikut cara memutihkan wajah secara alami dalam waktu 3 hari setelah terbakar matahari yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (22/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Dalam Waktu 3 Hari

1. Dinginkan Kulit dengan Gel Lidah Buaya

Hal pertama pada cara memutihkan wajah secara alami dalam waktu 3 hari setelah terbakar matahari adalah dengan mendinginkannya. Lidah buaya menjadi bahan yang ampuh untuk mendinginkan kulit wajah yang terbakar matahari. Oleskan gel lidah buaya ke wajah, lalu biarkan selama 10 menit dan bilas hingga bersih.

2. Membersihkan Wajah Secara Rutin

Setelah kulit terasa dingin, cara memutihkan wajah secara alami dalam waktu 3 hari selanjutnya adalah membersihkan wajah secara rutin dua kali sehari. Tumpukan kotoran dan sel kulit mati dapat membuat kulit terlihat kusam. Membersihkan kulit di pagi dan malam hari sebelum tidur juga dapat membantu regenerasi kulit baru sehingga kulit tampak lebih cerah dan sehat.

3. Eksfoliasi

Selain membersihkan wajah, melakukan eksfoliasi sekali atau dua kali dalam seminggu juga membantu proses regenerasi kulit. Eksfoliasi akan mengikis sel kulit mati di lapisan kulit terluar yang menyebabkan kulit kusam. Selain itu rutin melakukan eksfoliasi akan membuat kulit wajah menjadi lebih halus.

4. Mengoleskan Toner 

Setelah dibersihkan dan dieksfoliasi, cara memutihkan wajah secara alami dalam waktu 3 hari selanjutnya adalah mengembalikan kelembaban kulit dengan toner. Mengaplikasikan toner dengan kapas juga dapat membantu mengangkat sisa kotoran yang masih tertinggal di wajah. Toner juga dapat digunakan untuk menutrisi kulit dari luar. Pilih toner dengan kandungan vitamin A, C, E, niacinamide, kolagen, dan nutrisi lain yang dapat membantu mencerahkan kulit.

3 dari 4 halaman

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Dalam Waktu 3 Hari

5. Mengoleskan Pelembab Wajah

Setelah benar-benar bersih, kelembaban kulit perlu di kunci dengan pelembab khusus wajah. Pelembab juga dapat digunakan untuk memberikan nutrisi pada kulit. Pilih produk pelembab yang diperkaya zat antioksidan, niacinamide, dan gliseroll yang dapat mencerahkan sekaligus melembabkan kulit wajah. 

6. Pakai Sunscreen

Salah satu penyebab kulit kusam karena terbakar matahari adalah perlindungan yang kurang. Pada cara memutihkan wajah secara alami dalam waktu 3 hari, penting untuk mengaplikasikan sunscreen untuk melindungi kulit agar tidak terbakar lagi. Aplikasikan sunscreen yang mengandung minimal SPF 30 setiap pagi sebelum mulai beraktifitas.

7. Konsumsi Makanan Mengandung Vitamin C

Vitamin C merupakan jenis nutrisi yang membantu mencerahkan kulit dengan menekan produksi melanin. Selain itu, vitamin C juga membantu meningkatkan produksi kolagen yang membantu proses regenerasi kulit menjaga kulit tetap kenyal. Vitamin C dapat diperoleh dari tomat, jeruk, lemon, strawberry dan buah-buahan bercita rasa asam lainnya.

Beberapa orang menggunakan makanan dengan kandungan vitamin C sebagai masker. Sebenarnya ini tidak dibenarkan karena mengoleskan buah seperti lemon dan tomat langsung ke kulit justru dapat menyebabkan iritasi pada kulit wajah.

8. Konsumsi Makanan Mengandung Vitamin E

Vitamin E merupakan jenis nutrisi yang banyak ditambahkan pada produk perawatan kulit. Vitamin E adalah antioksidan yang sudah terbukti memiliki peran yang baik bagi kesehatan kulit.

Vitamin E berperan sebagai agen anti radang yang mendukung fungsi sel, sistem kekebalan tubuh, serta kesehatan kulit. Oleh sebab itu, jenis vitamin larut lemak ini dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan membuat kulit terlihat lebih muda dan cerah.

4 dari 4 halaman

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Dalam Waktu 3 Hari

9. Konsumsi Makanan Mengandung Vitamin A

Vitamin A tidak hanya baik untuk memelihara kesehatan mata. Mengkonsumsi vitamin satu ini dapat membantu cara mencerahkan wajah secara alami. Memenuhi kebutuhan vitamin A untuk kulit akan memberikan berbagai manfaat, mulai dari menghaluskan kulit, memperbaiki kerusakan pada sel-sel kulit, mencerahkan kulit, mengurangi garis halus dan kerutan, serta mencegah risiko timbulnya jerawat.

10. Konsumsi Makanan Mengandung Kolagen

Tubuh manusia secara alami dapat memproduksi kolagen sendiri. Seiring bertambahnya usia produksi kolagen akan semakin berkurang. Untuk menjaga kesehatan dan mencerahkan kulit, anda dapat mengkonsumsi kolagen tambahan dari berbagai makanan seperti kaldu daging, ceker, atau suplemen kolagen yang banyak dijumpai di pasaran. 

11. Tidur Cukup

cara memutihkan wajah secara alami dalam waktu 3 hari selanjutnya adalah dengan memiliki waktu tidur yang cukup. Pada saat tidur terjadi proses regenerasi sel-sel tubuh yang rusak, termasuk selkulit wajah. Memiliki waktu tidur yang cukup dapat membantu cara memutihkan wajah secara alami dalam waktu 3 hari berjalan lebih cepat.

12. Minum Air Putih Cukup

Mencukupi kebutuhan air dalam tubuh juga dapat membantu proses regenerasi pada kulit wajah. Seseorang membutuhkan setidaknya asupan 2 liter air per hari. Mencukupi kebutuhan air ini akan membantu memperbaiki tekstur wajah yang rusak karena terbakar matahari. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.