Sukses

Arti NT dalam Bahasa Gaul, Ini Asal Kata dan Bagaimana Proses Terbentuknya

NT merupakan sebuah singkatan dari "Nice Try," yang artinya secara harfiah percobaan yang bagus.

Liputan6.com, Jakarta Tidak bisa dipungkiri jika interaksi di media sosial, baik itu Facebook, Twitter, Instagram, maupun TikTok, telah berkontribusi dalam perkembangan bahasa, khususnya dalam munculnya istilah-istilah baru, termasuk NT.

Sebagian besar istilah baru yang muncul belakangan ini berasal dari interaksi atau aktivitas di media sosial. Sebut saja seper ilfeel, gaje, baper, gercep, dan sebagainya. Semua istilah itu berasal dari aktivitas di media sosial.

Baru-baru ini muncul juga istilah baru di TikTok, yakni NT. NT merupakan sebuah singkatan dari "Nice Try," yang artinya secara harfiah percobaan yang bagus. Namun karena demi kemudahan dalam ragam bahasa tulis di media sosial, makan istilah tersebut disingkat menjadi NT.

Istilah baru dalam bahasa gaul seperti NT, muncul tidak lepas dari kreativitas para pengguna media sosial agar percakapan menjadi lebih sederhana. Beberapa istilah muncul sebagai singkatan, seperti NT, beberapa istilah lain muncul dalam bentuk akronim.

Lalu bagaimana istilah bahasa gaul NT digunakan? Berikut ulasan lengkapnya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (17/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Penggunaan Nice Try

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, NT merupakan singkatan dari "Nice Try," yang secara harfiah berarti percobaan yang bagus. Dalam konteks percakapan bahasa Inggris, nice try digunakan untuk memberikan apresiasi terhadap upaya atau usaha seseorang.

Namun, istilah nice try ini hanya bisa digunakan di situasi-situasi tertentu. Untuk situasi lain, kadang lebih tepat untuk menggunakan frasa nice work atau nice move. Dalam sebuah forum HiNative dijelaskan bahwa, nice try, nice work, dan nice move digunakan dalam situasi yang berbeda-beda.

Nice try adalah ungkapan yang digunakan untuk menghargai atau mengapresiasi kerja keras seseorang atas sesuatu yang telah mereka coba lakukan namun gagal.

(1) “You have at least participated in the race. Winning is not important. Nice try!”

“Kamu setidaknya telah berpartisipasi dalam perlombaan. Menang itu tidak penting. Usaha yang bagus."

Nice work adalah ungkapan yang digunakan untuk mengapresiasi atau menghargai seseorang atas usahanya dalam melakukan suatu pekerjaan yang telah selesai dilakukan.

(2) "You have set the table already! Nice work!”

"Kamu sudah selesai menata meja! Kerja bagus!"

Nice move adalah ungkapan yang digunakan ketikan seseorang berhasil melakukan upaya yang membuat orang lain merasa senang. Biasanya, nice move digunakan untuk memuji usaha yang dilakukan seseorang untuk menyenangkan lawan jenis yang disukai.

(3) “Ella looked impressed tonight. Maybe you guys can hook up later again. Nice move mate.”

“Ella tampak mengesankan malam ini. Mungkin kalian bisa berhubungan lagi nanti. Langkah yang bagus sobat.”

3 dari 6 halaman

Penggunaan NT di Media Sosial

Lalu, apakan NT yang merupakan singkatan Nice Try digunakan dengan cara yang sama dalam bahasa gaul di media sosial? Sama seperti Nice Try yang digunakan dalam percakapan bahasa Inggris, NT juga digunakan untuk memberikan apresiasi atau penghargaan atas suatu usaha atau upaya yang belum berhasil. Namun bedanya, NT tidak hanya bisa disampaikan kepada orang lain, namun juga bisa disampaikan pada diri sendiri.

Berdasarkan hasil penelusuran di media sosial Twitter, istilah NT mulai muncul ketika musim pengumuman hasil tes masuk perguruan tinggi. Beberapa orang yang tidak lolos seleksi membagikan hasil seleksi mereka dengan menambahkan caption "NT."

Maka tidak mengherankan jika banyak pengguna Twitter menggunakan istilah NT sebagai caption ketika membagikan kegagalan mereka dalam seleksi masuk perguruan tinggi. Kegagalan dalam seleksi masuk perguruan tinggi ini dianggap sebagai upaya atau usaha yang bagus. Dengan kata lain, mereka berusaha untuk mengapresiasi atau menghargai upaya yang telah mereka lakukan meski pada akhirnya mereka tidak berhasil.

4 dari 6 halaman

Pembentukan Bahasa Gaul

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, aktivitas di media sosial berkontribusi dalam munculnya istilah baru dalam bahasa gaul. Istilah-istilah dalam bahasa gaul ini muncul dengan berbagai bentuk. Duddy Zein1 dan Wagiati (2018), menjelaskan bahwa istilah dalam bahasa gaul ini muncul dalam tiga bentuk, yakni bentuk singkatan, akronim, dan reduksi.

Bahasa Gaul Singkatan

Singkatan atau abreviasi secara sederhana merupakan sebuah huruf atau sekumpulan huruf sebagai bentuk pendek dari sebuah atau beberapa kata. Selain karena faktor efisiensi, istilah dalam bahasa gaul dalam bentuk singkatan juga dipengaruhi faktor tingkat kreativitas linguistis yang cukup tinggi di kalangan kaum muda.

NT merupakan salah satu istilah dalam bahasa gaul yang berbentuk singkatan. Selain itu masih ada banyak lagi istilah dalam bentuk singkatan, antara lain sbeagai berikut:

1. TBL: Takut Banget Loh.

2. CBL: Cakep Banget Loh atau bisa Cantik Banget Loh.

3. BTW: By The Way

4. BT/Bete: Boring Total atau bosan total.

5. TBH: To Be Honest

6. AFAIK: As Far As I Know

7. NP: No Problem

8. CMIIW: Correct Me If I’m Wrong

9. FYI: For Your Information

10. LOL: Laughing Out Loud

11. OOT: Out Of Topic

5 dari 6 halaman

Bahasa Gaul Akronim

Akronim adalah kependekan yang berupa gabungan huruf atau suku kata, atau bagian lain yang ditulis dan dilafalkan sebagai kata yang wajar. Misal rudal untuk peluru kendali.

Dalam kaitannya dengan bentuk dan konsep, akronim memiliki perbedaan dengan singkatan. Singkatan merupakan gabungan huruf atau bunyi, baik pada posisi awal maupun tengah kata dari frasa atau kata yang disingkat dan tidak bersifat silabik. Sementara itu, akronim adalah gabungan huruf (bunyi), suku kata, atau campuran huruf (bunyi) dan suku kata, baik pada posisi awal, tengah, ataupun akhir yang diperlakukan sebagai kata atau dianggap sebagai kata.

Berikut adalah sejumlah contoh bahasa gaul dalam bentuk akronim:

1. Curcol: Curhat Colongan

2. Caper: Mencari Perhatian

3. Komuk: Kondisi Muka

4. Pansos: Panjat Sosial

5. Gaje: Nggak Jelas

6. Japri: Jalur Pribadi

7. Salfok: Salah Fokus.

8. Gabut: Gaji Buta

9. Baper: Bawa Perasaan

10. Mager: Malas Gerak

11. Bucin: Budak Cinta

6 dari 6 halaman

Bahasa Gaul Reduksi

Reduksi atau reduksionisme merupakan gejala penyederhanaan bentuk dari yang kompleks menjadi bentuk yang lebih sederhana. Reduksionisme ini biasanya digunakan untuk menyederhanakan kata-kata yang rumit atau dengan suku kata yang lebih dari dua suku kata. Dalam bahasa gaul, reduksionisme biasanya dilakukan dengan cara menghilangkan beberapa suku kata agar penulisan atau pengucapannya jadi lebih singkat.

Contoh kata dalam bahasa gaul hasil dari reduksionisme antara lain adalah sebagai berikut:

1. Sensi: Sensitif

2. Konsen: Konsentrasi

3. Lab: Laboratorium

4. Komen: Komentar

5. Admin/Min: Administrator/Administrasi

6. Typo: typhographical error

Selain bentuk-bentuk tersebut, bahasa gaul juga dalam bentuk kebalikan, yakni, penulisan yang sebenarnya kemudian dibalik. Contohnya, woles dari selow (plesetan dari bahasa Inggris 'Slow'), takis dari sikat, dan sebagainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.