Sukses

Arti Abstraksi adalah Pemisahan, Simak Penjelasannya

Abstraksi adalah serapan dari istilah bahasa Inggris abstraction.

Liputan6.com, Jakarta - Apa arti abstraksi itu? Memahami diksi abstraksi adalah berasal dari istilah bahasa Inggris “abstraction” yang diserap dalam bahasa Indonesia menjadi berakhiran -si. Dalam bahasa Indonesia, arti abstraksi adalah pemisahan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), menjelaskan arti abstraksi adalah keniskalaan, pemisahan, atau pemindahan. Sementara, Pustaka Digital Indonesia menjelaskan arti abstraksi adalah proses atau perbuatan memisahkan serta arti abstraksi adalah pengabstrakan.

Secara bahasa, arti abstraksi adalah pemisahan. Meski sebenarnya, arti abstraksi adalah bisa diartikan pula sebagai keadaan linglung. Kemudian, arti abstraksi adalah metode untuk mendapatkan kepastian hukum.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam arti abstraksi dan penjelasannya, Selasa (30/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Abstraksi adalah Pemisahan

Memahami arti abstraksi adalah bagian dari kata benda atau diksi yang berhubungan dengan pemisahan. Pustaka Digital Indonesia menjelaskan arti abstraksi adalah ada empat. Arti abstraksi adalah proses atau perbuatan memisahkan, arti abstraksi adalah pengabstrakan.

Kemudian, arti abstraksi adalah keadaan linglung, serta arti abstraksi adalah metode untuk mendapatkan kepastian hukum atau pengertian melalui penyaringan terhadap gejala atau peristiwa.

Hal yang sama dijelaskan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), arti abstraksi adalah keniskalaan, pemisahan, atau pemindahan. Dijelaskan pula bahwa arti abstraksi demikian berasal dari istilah bahasa Inggris “abstraction” yang diserap dalam bahasa Indonesia menjadi berakhiran -si.

Apa lagi yang bisa dipahami tentang arti abstraksi? Ada enam arti abstraksi adalah sebagaimana dirangkum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Arti abstaksi yang dimaksudkan adalah sebagai berikut:

1. Arti abstraksi adalah proses atau perbuatan memisahkan.

2. Arti abstraksi adalah pengabstrakan.

3. Arti abstraksi adalah keadaan linglung.

4. Arti abstraksi adalah metode untuk mendapatkan kepastian hukum atau pengertian melalui penyaringan terhadap gejala atau peristiwa.

5. Arti abstraksi adalah proses pengurangan objek ke dalam esensinya sehingga hanya elemen yang penting saja yang direpresentasikan.

6. Arti abstraksi adalah penggunaan perangkat lunak khusus untuk melindungi perangkat lunak dari ketergantungan peranti atau kompleksitas yang mendasari perangkat lunak.

Selain itu, arti abstraksi adalah dalam bahasa Indonesia juga menjadi bagian dari struktur teks anekdot. Di dalam teks anekdot, peranannya adalah sesuai pula dengan arti abstraksi. Arti abstraksi pada teks anekdot adalah menjadi pemisah dengan isi anekdotnya. Abstraksi terletak di awal teks anekdot dan berisi ringkasan atau gambaran awal sebelum inti.

3 dari 4 halaman

Diksi Indah dalam Bahasa Indonesia Lainnya

1. Arunika

Tak hanya terdengar indah, arti dari kata ini juga sama indahnya. 'Arunika' memiliki arti cahaya matahari ketika pagi dimulai, yang sepertinya sama dengan syafak, fajar shadiq, atau sunrise.

2. Buhul

Kata ini mungkin terdengar unik. Namun, ternyata 'buhul' masuk dalam kata baku dengan arti ikatan atau simpul yang biasa dilakukan pada seutas tali.

3. Candala

Meskipun 'candala' terkesan memiliki kesamaan dengan kata 'canda', tetapi maknanya jauh berbeda. 'Candala' memiliki arti rasa rendah diri.

4. Candramawa

'Candramawa' memiliki arti hitam bercampur putih yang berkaitan dengan warna bulu kucing. Kata ini bisa dijadikan inspirasi untuk memberi nama kucing yang memiliki warna bulu hitam dan putih.

5. Dirgantara

Kita cukup sering mendengar dan menemukan kata ini, terutama pada nama seseorang. Kata ini memiliki arti segala sesuatu yang ada di atas bumi, meliputi langit dalam atmosfer sampai luar angkasa.

6. Genta

Kata 'genta' biasanya ditemukan dalam buku-buku karya sastra klasik. Dalam KBBI, 'genta' memiliki arti lonceng besar yang biasanya dipasang di menara gereja.

7. Jenggala

Sekilas, pengucapan kata ini mirip dengan benggala, dari nama benggal (bengal), di India yang terkenal dengan sapinya. Namun, keduanya memiliki arti berbeda, 'jenggala' memiliki arti hutan.

8. Kenes

'Kenes' memiliki dua makna, salah satunya bermakna genit. Selain itu, 'kenes' adalah kata cakapan yang menggambarkan karakter lincah.

Lincah yang dimaksud di sini adalah sebuah karakter yang membuat seseorang senang melihatnya karena aktif secara fisik. Kata ini biasanya mengacu pada anak kecil.

9. Klandestin

Indah dan unik adalah dua kata yang cocok untuk mendeskripsikan kata ini. Menurut KBBI, ‘klandestin’ merupakan kata kerja yang memiliki makna secara rahasia, secara gela, atau secara diam-diam.

10. Lajnah

Kamu mungkin menganggap bahwa lajnah adalah kata dari bahasa asing. Padahal, kata ini berasal dari bahasa Indonesia yang memiliki arti panitia atau komisi.

11. Menjura

'Menjura' artinya membungkuk dengan menangkupkan kedua tangan. Maksudnya, sebuah posisi tubuh dengan maksud menghormat.

12. Meraki

Meraki berbeda dengan merakit. Kata 'meraki' memiliki arti melakukan sesuatu dengan cinta, kreativitas, dan sepenuh jiwa.

13. Nirmala

Jika dulu kamu suka membaca malajah Bobo, mungkin sudah tidak asing dengan kata ini. Dalam Cerita dari Negeri Dongeng, Nirmala adalah nama seorang peri cantik yang baik hati.

Ternyata kata ‘nirmala’ adalah sebuah kosakata dalam bahasa Indonesia yang berarti tanpa cacat cela, bersih, suci, tidak bernoda. Sesuai dengan karakter peri Nirmala.

4 dari 4 halaman

Istilah Indah dalam Bahasa Indonesia Selanjutnya

14. Nirwana

'Nirwana' yang berarti surga merupakan kata indah dalam bahasa Indonesia yang mungkin sudah tidak asing lagi. Arti lain dari kata ini yakni konsep Buddha tentang keadaan setelah mati yang tanpa penderitaan (sehingga tidak perlu bereinkarnasi).

15. Nuraga

Menurut KBBI, ‘nuraga’ merupakan kata arkais yang menandai bahwa kata tersebut tidak lazim. ‘nuraga’ memiliki arti simpati atau berbagi rasa.

16. Pancarona

Menurut KBBI, ‘pancarona’ termasuk salah satu kata klasik yang menandai bahwa kata tersebut digunakan dalam ragam kesusastraan Melayu Klasik. 'Pancarona' memiliki arti bermacam-macam warna atau pancawarna.

17. Rahara

Kata 'rahara' merujuk pada perempuan. Lebih tepatnya, memiliki arti gadis pada usia yang sudah selayaknya menikah.

18. Sabitah

'Sabitah' adalah bintang yang dari bumi, posisinya tampak tetap dan tidak bergerak. 'Sabitah' merupakan bintang penunjuk arah bagi nelayan.

19. Sandyakala

'Sandyakala' berarti cahaya merah saat senja. Sastrawan Sanusi Pane pernah menggunakan kata ini sebagai judul drama sejarah pada tahun 1930-an, yakni "Sandyakala Ning Madjapahit".

20. Saujana

Jika kamu pendengar setia KLa Project, pasti sudah tidak asing dengan kata ini. 'Saujana' memiliki arti sejauh mata memandang.

21. Sawala

'Sawala' memiliki arti debat. Kata ini memiliki kesan yang terdengar lebih artistik dan tradisional.

22. Suryakanta

Siapa sangka, kaca pembesar ternyata memiliki padanan kata yang indah. 'Suryakanta' adalah sebutan untuk menyebut lup atau kaca pembesar.

23. Swakarya

Kata ini mungkin pernah kamu dengar, terutama jika berhubungan dengan konten kreativitas. 'Swakarya' memang memiliki arti hasil kerja sendiri, yang dalam bahasa Inggris, setara dengan istilah 'do it yourself'.

24. Swastamita

'Swastamita' merupakan pemandangan indah saat matahari terbenam. Bisa diartikan, 'swastamita' adalah pemandangan mengagumkan saat sunset.

25. Teyan

'Teyan' memiliki makna pemungutan atau pengumpulan uang. Dengan kata lain, 'teyan' memiliki makna yang sama untuk kata sinonim seperti donasi, amal, atau sumbangan.

26. Wiyata

Kata ‘wiyata’ tercatat sebagai kata benda yang memiliki arti; pengajaran atau pelajaran.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.