Sukses

Pengertian Ras Adalah Penggolongan Manusia dari Ciri Tubuh, Simak Penjelasan Ahli

Ras adalah konsep dasar pengelompokan manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Memahami pengertian ras adalah penting sebagai dasar mempelajari lebih jauh konsep keturunan manusia. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian ras adalah golongan bangsa berdasarkan ciri-ciri fisik atau rumpun bangsa.

Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, ciri-ciri fisik atau tubuh yang dimaksud dalam pengertian ras adalah berupa warna kulit, bentuk rambut, bentuk bibir, bentuk lipatan mata, berat badan, indeks kepala, hingga bentuk badan yang dimiliki setiap individu hingga bisa dikelompokkan.

Mayoritas ahli dalam bidang ini mengungkap pengertian ras adalah merujuk pada individu dengan ciri fisik atau biologisnya. Meski begitu, sebenarnya pengertian ras adalah bagian dari dasar keturunan manusia yang ditentukan dari ilmu sosiologi dan biologi.

Dalam jurnal penelitian Antropologi Sapiens (2020) oleh Profesor antropologi biologi di Hampshire College di Massachusetts, diungkap ras itu nyata, tetapi bukan genetik. Agar lebih memahami pengertian ras, simak penjelasan lengkapnya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang ras dan pengertian ras menurut para ahli, Selasa (26/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengertian Ras Adalah Penggolongan Manusia dari Ciri Tubuh

Memahami pengertian ras adalah menentukan dasar keturunan manusia secara sosiologi dan biologi. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian ras adalah golongan bangsa berdasarkan ciri-ciri fisik atau rumpun bangsa.

Dalam buku berjudul Sosiologi 2 untuk SMA dan MA Kelas XI yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), mengutip dari Horton dan Hunt pengertian ras adalah suatu kelompok manusia yang agak berbeda dengan kelompok-kelompok lainnya, selain dari segi ciri-ciri bawaan.

Pengertian ras adalah hal-hal yang bisa dilihat daripada ciri khas diri seseorang. Konsep ras ini disetujui pula oleh ahli Koentjaraningrat, bahwa pengertian ras adalah penggolongan manusia atau individu dari ciri tubuh yang ditunjukkannya.

Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, ciri-ciri fisik yang dimaksud dalam pengertian ras adalah berupa warna kulit, bentuk rambut, bentuk bibir, bentuk lipatan mata, berat badan, indeks kepala, hingga bentuk badan yang dimiliki setiap individu hingga bisa dikelompokkan.

Di Indonesia, ada empat kelompok ras asli yang perlu diketahui. Mulai dari kelompok ras Negroid, kelompok ras Melayu Mongoloid (Proto Melayu dan Deutro Melayu), ras Weddoid, dan ras Papua Melanezoid.

Meski mayoritas ahli mengatakan pengertian ras adalah berhubungan dengan ciri-ciri fisik atau biologis individu, pada penelitian lain klasifikasi ras sebenarnya tidak bisa didasarkan pada keadaan biologisnya.

Melansir dari ThoughtCo, kelompok-kelompok ras hanya memiliki perbedaan yang relatif kecil dalam morfologi dan genetika. Semua manusia, dijelaskan termasuk dalam spesies yang sama. Akan tetapi, variasi genetik yang kecil memicu penampilan fisik yang bervariasi.

Maka, berasal dari variasi genetik yang kecil itulah yang memunculkan pengelompokkan ras atau konsep ras. Dalam jurnal penelitian Antropologi Sapiens (2020) oleh Profesor antropologi biologi di Hampshire College di Massachusetts, diungkap ras itu nyata, tetapi bukan genetik.

Para ilmuwan mengungkap pengertian ras adalah bagian dari intervensi budaya. Terutama pengertian ras adalah segala yang bisa mencerminkan sikap dan keyakinan tertentu, yang diterapkan pada populasi yang berbeda oleh masyarakat.

3 dari 3 halaman

Pengertian Ras Menurut Para Ahli

Apabila sudah memahami tentang pengertian ras secara umum, kemudian ketahui penjelasan pengertian ras menurut para ahli. Ini pengertian ras menurut para ahli yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Pengertian Ras Menurut Chainur Arrasjid (1972)

Pengertian ras adalah segolongan manusia yang memiliki persamaan sifat-sifat lahir tertentu yang dilanjutkan kepada keturunannya.

2. Pengertian Ras Menurut Gill dan Gilbert

Pengertian ras adalah pengertian biologis yang menjelaskan sekumpulan orang yang dapat dibedakan menurut karakteristik fisik yang dihasilkan melalui proses reproduksi.

3. Pengertian Ras Menurut Kohlbrugge

Pengertian ras adalah manusia yang memiliki kesamaan ciri-ciri jasmani karena diturunkan, sedangkan sifat-sifat kerohaniannya diabaikan.

4. Pengertian Ras Menurut Grosse

Pengertian ras adalah golongan manusia yang merupakan satu kesatuan karena kesamaan sifat jasmani dan rohani yang diturunkan sehingga dapa dibedakan dengan kesatuan lain.

5. Pengertian Ras Menurut Koentjaraningrat

Pengertian ras adalah golongan manusia yang menunjukkan berbagai ciri tubuh yang tertentu dengan frekuensi yang besar.

6. Pengertian Ras Menurut Stephen K. Sanderson

Pengertian ras adalah suatu kelompok atau kategori orang-orang yang mengidentifikasi diri mereka sendiri dan diidentifikasikan oleh orang-orang lain, sebagai perbedaan sosial yang dilandasi oleh ciri-ciri fisik atau biologis.

7. Pengertian Ras Menurut Alex Thio

Pengertian ras adalah sekelompok orang yang dianggap oleh masyarakat mempunyai ciri-ciri biologis yang berbeda.

8. Pengertian Ras Menurut Dunn dan Dobshansky

Pengertian ras adalah persamaan gen/kateogri individu secara turun-temurun mempunyai ciri-ciri fisik dan biologis tertentu, ras mempunyai pengertian sercara biologis dan fisik tidak termasuk sifat-sifat budanyanya.

9. Pengertian Ras Menurut Haldane

Pengertian ras adalah suatu kelompok yang berbagai kesamaan satu set karakter tertentu fisik bawaan dan asal geografis dalam area tertentu itu.

10. Pengertian Ras Menurut Horton dan Hunt

Pengertian ras adalah suatu kelompok manusia yang agak berbeda dengan kelompok-kelompok lainnya dalam segi ciri-ciri fisik bawaan. Di samping itu banyak juga ditentukan oleh pengertian yang digunakan oleh masyarakat.

11. Pengertian Ras Menurut Bruce J. Cohen

Pengertian ras adalah kategori individu yang secara turun temurun mempunyai ciri-ciri fisik dan biologis tertentu yang sama.

12. Pengertian Ras Menurut Webster’s New Collegiate Dictionary

Pengertian ras adalah suatu bentuk kelompok manusia yang dianggap mempunyai kesamaan secara turun temurun dan kesamaan tersebut dapat untuk mengenali tipe manusia lain.

13. Pengertian Ras Menurut Academic American Encylclopedia 1980

Pengertian ras adalah suatu kajian teori yang digunakan untuk menyatakan suatu persamaan, dari warna kulit, rupa, bentuk, warna rambut, perilaku, dan tingkat intelektual. Pengertian tersebut tentu saja mengakibatkan bahwa manusia menganggap segala kondisi kaum mereka adalah lebih sempurna dibandingkan dengan kaum lain.

14. Pengertian Ras Menurut Banton (1967)

Pengertian ras adalah suatu tandan peran, perbedaan fisik yang dijakdikan dasar untuk menetapkan peran yang berbeda-beda, pengertian ras ini menyangkut aspek biologis “ciri fisik, warna kulit, bentuk tubuh, dan lain-lain” dan aspek sosial berkaitan peran dan kebiasaan yang dilakukan.

15. Pengertian Ras Menurut Daljoeni

Pengertian ras adalah persamaan kategori tertentu yang ditandai karakteristik fisik. Sehingga terjadi  pengelompokan dalam karakteristik biologis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.